Hingga kini, pandemi Covid-19 masih terus berlangsung. Tak jarang, kondisi ini menjadi pemicu timbulnya stres bagi sebagian besar orang. Wah, ini mesti segera di atasi, lho. Sebab, stres dapat menurunkan imunitas tubuh – yang juga punya peran penting dalam menghindari terjadinya infeksi.

Lalu, bagaimana cara mengurangi stres selama pandemi? Bisa diatasi dengan memperoleh tidur yang berkualitas!

 

 

 

Terlepas dari menjaga kesehatan fisik, kamu pun diminta untuk menjaga kesehatan mental. Dalam soal stres, kamu bisa mengatasinya dengan menjalani kebiasaan tidur baik – maka waktu istirahat yang berkualitas pun bisa diperoleh.

Tapi, perlu kamu ketahui nih – menjaga daya tahan tubuh tak hanya melalui mengurangi stres dan punya waktu tidur yang baik ya. Tetapi, kamu juga mesti memenuhi kebutuhan vitamin, baik dari makanan bergizi maupun rutin minum suplemen.

Kalau soal konsumsi suplemen, kamu direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari! Kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat dalam Enervon-C bisa bantu jaga daya tahan tubuh kamu biar nggak gampang sakit!

Nah, kamu bisa minum Enervon-C dalam bentuk tablet dengan kandungan Vitamin C 500 mg, maupun Enervon-C Effervescent – yang ini punya kandungan Vitamin C 1000 mg ya!

Kembali ke soal tidur untuk mengurangi rasa stres selama pandemi – bisa dimulai dengan menjalani pola tidur sehat. Bagaimana caranya?

Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Stres Bisa Diatasi Dengan Tidur, Begini Cara Tingkatkan Kualitasnya / Credit: fajarpendidikan.co.id

Tetap Tenang

Pertama, kamu mesti membiasakan tubuh dan otak untuk tetap tenang. Jadi, cobalah bersantai setidaknya satu jam sebelum waktu tidur ya. Kamu bisa berhenti baca berita, jauhkan diri dari gadget, mandi air hangat, baca buku, hingga mendengarkan musik.

 

Perhatikan Makanan dan Minuman

Ini juga wajib kamu perhatikan, terlebih buat kamu yang suka mengonsumsi minuman berkafein! Coba hindari kebiasaan ini ya. Sebab, minuman berkafein bisa membuatmu lebih sulit tidur, bahkan kamu jadi cenderung terbangun di malam hari.

 

Suhu Kamar

Biar tidur makin nyenyak dan nyaman, pastikan suhu kamar tidur cukup dingin. Lalu, pastikan pula tempat tidur dan batal kamu sudah nyaman! Hindari menonton televisi atau bekerja di kamar – hal ini bisa melatih otakmu bahwa kamar merupakan tempat untuk tidur saja.

 

Redupkan Cahaya

Stres Bisa Diatasi Dengan Tidur, Begini Cara Tingkatkan Kualitasnya / Credit: idntimes.com

Hilangkan semua cahaya yang terang, termasuk dari gadget ya – cahaya biru dari ponsel maupun laptop dapat mengganggu kualitas tidur kamu, lho.

Tapi, bagaimana kalau tak bisa memperoleh kondisi cahaya yang redup? Kamu bisa menggunakan penutup mata dan tirai untuk menjaga cahaya ruangan tetap gelap! Lalu, di siang hari cobalah untuk mendapatkan paparan cahaya alami yang baik untuk mengatur siklus tidur.

 

Olahraga

Agar tubuh mudah merasa ngantuk, cobalah untuk rutin berolahraga. Tapi, hindari berolahraga terlalu berat di malam hari ya – karena ini dapat membuat kamu makin sulit tidur!

Tak hanya baik untuk menjaga pola tidur, tetapi olahraga juga dapat bantu meredakan stres, lho.

 

 

 

Nah, kamu sekarang sudah tahu ya cara mengatasi stres dengan menerapkan pola tidur yang baik? Yuk, mulai sekarang coba terapkan sejumlah tips di atas ya!

 

Featured Image - pikiran-rakyat.com

Source - cnnindonesia.com