Berubahnya cuaca secara tiba- tiba seringkali dianggap sebagai masa- masa rawan penyakit. Ketika cuaca sedang ekstrim, daya tahan tubuh seseorang seringkali menurun dan penyakit sering menyerang, terutama flu dan pilek.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan kesehatan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Berikut beberapa ramuan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh:

1. Jus hijau alias green juice

Credit: Hipwee

Jus hijau ini tidak hanya mengandung banyak vitamin dan dapat menguatkan kekebalan tubuh, tetapi memiliki rasa yang nikmat. Salah satu bahan untuk membuat jus ini adalah, bayam yang disebut sebagai ‘superfood’ karena mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan betakaroten serta antioksidan yang membantu tubuh melawan infeksi dan virus.

Selain itu, ada jeruk yang juga kaya akan vitamin C dan penting untuk melawan flu serta demam. Serta seledri yang mengandung antioksidan dan bermanfaat untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap aktif.

Cara membuat jus hijau adalah dengan memblender 2 cup bayam, 2 butir jeruk, 2 batang seledri, dan satu ruas jahe sepanjang 2 cm yang dikupas dan diparut.

2. Air jeruk lemon

Credit: Topmedia

Lemon sangat kaya akan kandungan vitamin C, yang menjadikannya penguat sistem kekebalan tubuh. Cara membuat air jeruk lemon yaitu dengan memasukkan air perasan atau sari buah dari 1/2 buah jeruk lemon ke dalam secangkir air hangat dan kemudian siap untuk diminum.

Dan sebaiknya, segera minum air jeruk lemon ini setelah disiapkan. Karena, kandungan vitamin C dalam lemon tidak stabil dan dapat berkurang jika terlalu lama didiamkan.

3. Wedang jahe dan kunyit

Credit: Hipwee

Kunyit memiliki komponen aktif yang disebut Curcuminoids. Komponen ini berkerja seperti anti virus dan dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sementara, jahe memiliki karakteristik anti-bakteri dan anti-virus yang sangat kuat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kamu bisa membuat minuman hangat dengan perpaduan jahe dan kunyit. Caranya membuatnya yaitu:

  • Rebus air hingga mendidih dan tambahkan kunyit dan jahe.
  • Diamkan selama 5-10 menit.
  • Tambahkan madu atau lemon secukupnya sebagai penambah rasa.
  • Minum dan nikmati selagi hangat.

4. Madu dan bawang putih

Credit: IDNTimes

Madu memiliki manfaat sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. Sementara, bawang putih mengandung senyawa yang meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk melawan beberapa jenis virus.

Ketika membuat ramuan ini, sebaiknya kamu menggeprek bawang putih dibanding mengirisnya. Karena, selama  proses penggeprekan, komponen utama bawang putih yang disebut alliin, berubah menjadi bentuk aktifnya.

Untuk membuat ramuan ini kamu hanya perlu memasukkan bawang putih ke dalam toples kaca dan tuangkan madu. Dan kamu bisa mengonsumsi satu sendok teh madu dengan sepotong bawang putih sekali sehari.

 

Featured Image - Food Detik