Bagi kebanyakan orang, masker mulut adalah barang wajib yang harus selalu dibawa saat keluar rumah meski tidak sedang terkena flu atau batuk. Alasannya tidak lain adalah karena polusi udara. Tingkat polusi di beberapa wilayah bahkan sudah sangat parah hingga tergolong  berbahaya bagi kesehatan penduduknya.

Masker memang merupakan salah satu metode perlindungan yang baik dari polusi udara. Tetapi, mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B kompleks juga tidak kalah penting dalam menjaga tubuh dari polusi udara.

Kenapa polusi udara berbahaya bagi kesehatan?

Credit: Liputan6

Dampak pencemaran udara terhadap kesehatan telah lama menjadi kekhawatiran banyak orang di dunia. Paparan berlanjut terhadap polusi udara dapat meningkatkan risiko terjangkit penyakit pernapasan akut, gangguan mental, stroke, hingga Alzheimer.

Yang sudah diketahui pasti oleh para ilmuwan adalah partikel PM2.5 merupakan jenis polusi yang paling berbahaya bagi kesehatan. PM (Particular Matter) itu sendiri adalah jenis polusi udara yang terdiri dari banyak partikel berbeda ukuran — dari yang super kecil hampir tidak kasat mata hingga serbuk sari yang dapat dilihat dengan mata telanjang. PM2.5 adalah kelompok partikel polusi udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 milimeter.

Suplemen vitamin B kompleks memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh polusi udara

Credit: DokterSehat

Sebuah penelitian melaporan bahwa suplemen vitamin B kompleks dapat bermanfaat sebagai perlindungan diri terhadap risiko kerusakan jangka Panjang akibat polusi udara. Suplemen B kompleks telah lama diketahui dapat membantu mengobati atau mencegah masalah kesehatan tertentu, termasuk depresi, kelelahan, penyakit jantung, mengurangi stress, hingga merangsang sistem kekebalan tubuh.

Seperti yang telah dijelaskan, paparan polusi udara jangka panjang dapat menyebabkan perubahan epigenetic pada sel tubuh yang dapat merusak kesehatan.

Dalam penelitian ini, peneliti mengamati 10 relawan yang awalnya sengaja dikondisikan dalam udara bersih dan diberi vitamin plasebo untuk memeriksa reaksi awal tubuh mereka. Kemudian partisipan diminta untuk mengonsumsi plasebo lain selama empat minggu sebelum diberikan paparan udara kotor di wilayah yang paling tercemar polusi udara.

Udara kotor kemudian dihirup langsung oleh relawan lewat masker oksigen. Kemudian, percobaan ini diulang dengan pola yang sama, namun masing-masing orang diberikan suplemen vitamin B kompleks setiap hari selama empat minggu percobaan.

Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa konsumsi vitamin B kompleks dapat mengurangi kerusakan akibat polusi udara 28-76 persen.

Agar kesehatanmu semakin terjaga, konsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B kompleks untuk membantu jaga daya tahan tubuhmu biar nggak gampang sakit dan melindungi tubuhmu dari efek buruk polusi udara.

 

Featured Image - Kompas Lifestyle