Selama pandemi, masker merupakan benda esensial – yang wajib digunakan ketika bepergian ke luar rumah. Meski di awal masyarakat cukup merasa asing saat harus terus mengenakan masker, tapi kini sudah terbiasa – memakai masker sebagai pelindung diri.

Bahkan, tidak jarang orang yang hanya memakai satu masker saja – tetapi, dua masker wajah sekaligus untuk makin meminimalisir penyebaran Covid-19. Memang, terbilang cukup masuk akal – jika memakai dua masker lebih efektif.

Namun, haruskah memakai dua masker terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari? Dilansir dari Pop Mama, berikut ini informasi lengkapnya.

 

Masker Ganda: Haruskah Digunakan?

Credit Image - dream.co.id

Memakai masker di masa pandemi Covid-19, termasuk salah satu upaya untuk mengurangi laju penyebarannya. Tapi, apakah perlu menggunakan masker dua sekaligus? Melapisi masker agar lebih ketat, diklaim dapat meningkatkan perlindungan secara signifikan. Ini berlaku bagi pengguna masker ganda, maupun orang lain.

 

Bisakah Menyebabkan Sulit Bernapas?

Menggunakan dua masker sekaligus – terbilang hal yang wajar. Terutama, bagi masyarakat yang seringkali melakukan kontak dengan banyak orang, seperti kasir toko, pekerja pelayanan publik, maupun supir kendaraan umum.

Tapi, tidak perlu khawatir – selama digunakan pada seseorang yang tidak memiliki keterbatasan pernapasan, masker ganda aman. Namun, jika kesulitan bernapas – sebaiknya hindari menggunakan dua masker sekaligus, atau bisa jadi belum menemukan masker yang sesuai.

Kamu bisa mencoba memakai masker KN95 yang memiliki bentuk paruh, sehingga ada ruang di sekitar mulut dan hidung. Selain itu, masker tersebut juga dapat bekerja secara efektif dan baik – dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

Bagaimana Cara Gunakan Masker Ganda?

Credit Image - kompas.com

Setiap orang pasti akan lebih sering menyentuh masker bagian paling luar. Ini berisiko terkontaminasi virus, terlebih jika sering berada di tempat yang ramai orang. Masker tersebut bisa saja membawa partikel virus ke lapisan di dalamnya.

Jadi, sebaiknya lapisi masker – yang secara signifikan dapat meningkatkan perlindungan terhadap Covid-19. Selain itu, pastikan dua masker yang akan digunakan sudah dibersihkan secara teratur, terutama jika memakai masker kain.

 

Maksimalkan Perlindungan Diri Terhadap Covid-19

Selain menggunakan masker, baik satu maupun ganda – beragam upaya lainnya juga perlu turut diterapkan untuk menghindari penyebaran virus corona. Bagaimana caranya? Pastikan kamu rutin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan kurangi bepergian – kecuali karena hal penting.

Lalu, jaga terus kesehatan tubuh – dengan menerapkan pola hidup sehat. Ini bisa dioptimalkan dengan rutin mengonsumsi suplemen, terutama vitamin C. Kamu direkomendasikan minum Enervon-C setiap hari yang dapat bantu tingkatkan imun tubuh.

Enervon-C mengandung 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagi kamu yang ingin perlindungan ekstra – dapat konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung 1000 mg Vitamin C, serta dapat memberikan rasa segar!

Jadi, apakah kamu sudah sering menggunakan masker ganda selama bepergian ke luar rumah? Pastikan pula kamu menerapkan prokes dan jaga kesehatan selama pandemi ya.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com