Seperti diketahui, sejak akhir tahun 2020 – dunia kembali dikejutkan dengan mutasi baru virus corona. Varian baru ini juga dikenal sebagai B117, yang ditemukan pertama kali di Inggris. Terkait mutasi tersebut – ada banyak gejala baru yang ditimbulkan, salah satunya menyerang bagian mulut pasien.

Disebut juga sebagai covid tongue – ini menjadi salah satu gejala baru yang kerap menyerang pasien di Inggris. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Profesor Tim Spektor, seorang ahli epidemiologi genetik dari King’s College London – dikatakan bahwa banyak laporan permasalahan terkait mulut penderita Covid-19.

Lebih lanjut mengenai covid tongue, berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Apa Itu Covid Tongue?

Credit Image - healthshots.com

Covid tongue merupakan kondisi di mana terjadinya perubahan karakteristik pada lidah pasien. Perubahan yang terjadi pun bermacam-macam – mulai dari perubahan warna, bentuk, kondisi permukaan lidah, dan perubahan rasa nyeri pada pasien.

Saat ini, masih belum banyak data dan penelitian mengenai covid tongue – namun, dari satu laporan di China diketahui munculnya covid tongue memiliki karakteristik yang berbeda pada pasien Covid-19 dengan gejala ringan, sedang, dan berat.

 

Covid Tongue: Gejala yang Perlu Diperhatikan

Dilansir dari CNN Indonesia – ditemukan gejala covid tongue yang diawali dengan gejala corona secara umum, seperti batuk, demam, sakit kepala, dan kelelahan. Namun, dalam perkembangan kondisi pasien – ditemukan perubahan pada lidah pasien.

Adapun perubahan yang dialami pasien dapat berupa – warna lidah berubah, adanya pembesaran pada lidah atau membengkak, ruam pada kulit lidah, ada rasa bergerigi dan menyakitkan, serta lidah menjadi warna putih pucat atau kuning.

Meski covid tongue masih belum masuk ke dalam daftar gejala Covid-19 oleh CDC maupun WHO – tetapi, masyarakat mesti harus waspada. Mengingat, adanya kemungkinan perkembangan gejala lain dari mutasi virus ini.

 

Lalu, Apa Bedanya Dengan Sariawan Biasa?

Credit Image - sehatq.com

Maraknya laporan gejala covid tongue yang mirip dengan sariawan – Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia, Prof. Dr Zubairi pun menjelaskan bahwa keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Ketika pasien mengalami covid tongue, biasanya dibarengi dengan gejala serius seperti panas tinggi, batuk kering, diare, kehilangan penciuman, dan konjungtivitis – gejala Covid-19 yang menyerang bagian mata. Sementara, sariawan pada umumnya dapat disebabkan oleh berbagai hal – seperti tergigit saat makan maupun kekurangan vitamin C.

Walaupun masih jarang dialami, gejala covid tongue mesti harus diwaspadai. Jika kamu mengalami kondisi ini – segera konsultrasikan dengan dokter untuk mendapat perawatan yang tepat. penderita covid tongue harus diobati sesuai standar pengobatan Covid-19.

 

 

Featured Image - businessinsider.com

Source - cnnindonesia.com