Vitamin merupakan asupan yang dibutuhkan tubuh – terutama selama berpuasa. Nutrisi tersebut memiliki peran penting dalam menjalankan seluruh fungsi tubuh, termasuk mengoptimalkan metabolisme.

Selain itu, asupan vitamin yang cukup akan membantu menjaga daya tahan tubuh, serta mencegah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini sangatlah penting – mengingat, puasa kali ini masih dijalani di tengah pandemi Covid-19.

Mengenai mengonsumsi vitamin ketika berpuasa, sebagian orang mungkin masih bingung – kapan waktu tepat konsumsinya? Apalagi, kalau vitamin dalam bentuk suplemen maupun multivitamin. Harus diminum saat sahur atau berbuka ya?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Vitamin: Nutrisi Penting Selama Berpuasa

Credit Image - sunwarrior.com

Bukan tanpa alasan lho, selama berpuasa kamu diwajibkan rutin mengonsumsi vitamin – hal ini bertujuan untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang terhenti, karena tak bisa makan dan minum sementara waktu.

Tak hanya itu, rutin memenuhi kebutuhan vitamin selama berpuasa – dapat membuat tubuh tetap berenergi, serta menjaga sistem kekebalan tubuh tetap optimal. Sehingga, kamu tidak mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk Covid-19 yang masih mewabah.

Untukmu yang mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen maupun multivitamin, ada baiknya mengetahui aturan dan kapan harus meminumnya ya – apalagi, selama puasa, agar penyerapan semakin maksimal.

 

Vitamin Larut Lemak, Baik Diminum Usai Berbuka

Credit Image - honestdocs.id

Perlu diketahui, saat ini ada dua jenis vitamin umum – yaitu, yang larut dalam lemak dan larut dalam air. Nah, untuk vitamin yang berjenis larut dalam lemak, sebaiknya dikonsumsi setelah kamu berbuka puasa ya.

Adapun jenis vitamin yang larut dalam lemak dan sebaiknya dikonsumsi di malam hari, seperti Vitamin A, Vitamin K, Vitamin D, dan Vitamin E. Sejumlah jenis nutrisi ini dapat terserap tubuh secara maksimal – ketika diminum bersamaan dengan makanan.

Vitamin yang larut lemak akan dilarutkan ke dalam tubuh menggunakan lemak – yang berasal dari makanan. Kemudian, kandungan vitamin tersebut dibawa ke aliran darah, kemudian menjalankan perannya masing-masing.

 

Bagaimana Dengan Jenis Vitamin Larut Air?

Credit Image - loperonline.com

Untuk jenis vitamin larut air – seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks, dan Asam Folat, sebaiknya dikonsumsi ketika waktu sahur. Minimal kamu dapat minum 30 menit sebelum makan – atau satu jam sesudah makan sahur. Sebab, penyerapan terbaik vitamin larut air, yaitu ketika kondisi perut masih kosong.

Vitamin larut air biasanya mudah dicerna tubuh bersama minuman dan makanan yang kerap dikonsumsi sehari-hari. Nah, nantinya berbagai zat penting – akan diserap oleh tubuh, kemudian sisa-sisa yang sudah tidak diperlukan dikeluarkan melalui urin dalam beberapa waktu.

Untuk vitamin jenis ini memang sangat disarankan dikonsumsi sewaktu sahur – dengan demikian, ibadah berpuasa dapat lebih lancar. Apalagi, kalau kamu minum Vitamin B Kompleks yang berperan menjaga energi tubuh, jadi tak gampang lemas seharian, kan?

 

Minum Vitamin Selama Berpuasa, Apa Suplemen yang Direkomendasikan?

Credit Image - alodokter.com

Setelah mengetahui jenis vitamin – beserta waktu tepat untuk mengonsumsinya selama berpuasa, masih bingung suplemen seperti apa yang baiknya dikonsumsi? Tenang, ada rekomendasi yang tepat nih untukmu!

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C – yang dapat dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Multivitamin ini mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, terutama bagi yang sudah sering beraktivitas di luar rumah.

Lalu, bagaimana kalau punya aktivitas padat? Kamu direkomendasikan minum Enervon Active – yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc.

Sejumlah kandungan vitamin dalam Enervon Active tersebut dapat membantu pertahankan imunitas tubuh, sekaligus menjaga stamina agar tidak mudah lelah mesti beraktivitas seharian!

 

 

Wah, sudah cukup jelas ya ulasan mengenai waktu tepat konsumsi vitamin selama berpuasa. Jadi, apakah di bulan puasa ini kamu sudah rutin minum vitamin – untuk penuhi kebutuhan nutrisi dan menjaga kesehatan?

 

Featured Image - nutraingredients-asia.com