Memiliki karyawan dengan etos kerja yang baik tentu menjadi impian setiap perusahaan. Sebab, dengan sikap tersebut – hasil kerja pun lebih maksimal. Bahkan, etos kerja juga dapat membuat para pekerja semakin aktif dan produktif, lho. Jadi, tak ada lagi kata malas!

Pada dasarnya etos kerja merupakan pandangan tentang bagaimana seseorang melakukan suatu kegiatan – yang memiliki tujuan untuk mendapatkan suatu hasil, atau mencapai kesuksesan. Untuk itu, selain dari karyawan sendiri – meningkatkan etos kerja juga perlu ditunjang oleh pihak perusahaan.

Lalu, apa saja yang perlu diterapkan agar etos kerja dapat semakin meningkat – sehingga diri pun makin produktif? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

Pihak Perusahaan Perlu Motivasi Karyawan

Credit Image - hashmicro.com

Di zaman berkembang seperti sekarang ini, memang banyak perusahaan yang memiliki peraturan jam kerja lebih fleksibel. Jadi, bukan hal yang aneh – kalau karyawan diperbolehkan datang lebih siang. Hal ini juga wajar saja kok, tapi ada baiknya perusahaan menentukan waktu kerja yang teratur.

Bukan tanpa alasan – memiliki waktu masuk kerja dapat bantu meningkatkan etos kerja. Selain itu, pihak perusahaan juga perlu memotivasi karyawan agar datang lebih awal ke kantor. Misalnya, dengan menghindari adanya lembur.

Jika perusahaan sudah memiliki karyawan yang selalu datang tepat waktu, dijamin etos kerja pun dapat semakin meningkat!

 

Miliki Sifat Profesional Di Mana Saja

Nah, poin yang satu ini ditujukan oleh siapa saja lho – termasuk atasan sekalipun. Jadilah seseorang yang rendah hati, dan mampu bersahabat dengan rekan kerja, atasan, maupun bawahan sekalipun. Fokuskan pada pekerjaan – lalu, hindari menjadi pribadi yang terlalu ambisius, serta tidak memikirkan orang lain di sekitarmu.

Tetap pertahankan sikap profesional di mana saja. Ini menjadi hal penting yang perlu diterapkan – terlebih ketika berada di lingkungan kerja. Dengan demikian, kamu dapat dianggap sebagai seseorang yang memiliki etos kerja.

 

Tetap Bersikap Positif Dalam Segala Situasi

Credit Image - hot.liputan6.com

Memiliki sikap positif tentu perlu diterapkan di mana saja – salah satunya, ketika berada di lingkungan kerja. Setiap karyawan mesti bersikap positif, meskipun sedang berada di situasi yang negatif. Hal ini dapat membantu membentuk lingkungan kerja yang sehat dan terbuka.

Poin ini juga berlaku pada atasan lho. Sebagai seorang atasan – kamu harus menerima ketika ada karyawan yang memberikan kritik atau saran untuk sifat kepemimpinanmu. Selain itu, atasan juga harus berani mengakui jika melakukan kesalahan – inilah yang disebut sebagai pemimpin sejati!

Begitu juga sebaliknya, karyawan juga harus menerima kritis dan saran yang diberikan atasan. Jadikan hal tersebut sebagai masukan yang bisa membuat makin maju ke depannya.

 

Motivasi Karyawan Untuk Miliki Inisiatif Tinggi

Poin yang satu ini juga penting – bahkan memengaruhi hasil kerja karyawan. Untuk meningkatkan etosi kerja, perusahaan juga harus mampu menstimulasi karyawan agar memiliki inisiatif tinggi, terutama ketika menyelesaikan pekerjaan atau proyek baru.

Meski tidak mudah, tetapi atasan harus bisa memberikan kepercayaan penuh. Begitu pula dengan karyawan yang perlu memahami tugasnya masing-masing. Intinya, perusahaan perlu menanamkan rasa percaya diri – agar karyawan punya sifat optimis dalam mengerjakan tugas.

 

Berikan Apresiasi Pada Karyawan

Credit Image - virtualofficeku.co.id

Poin yang satu ini terkadang sering disepelekan lho – padahal memberikan apresiasi kepada karyawan juga dapat bantu meningkatkan etos kerja. Atasan mesti rajin memberi apresiasi dan menghormati partisipasi karyawan dalam mengerjakan sebuah proyek atau pekerjaan.

Walaupun hanya berbentuk hal kecil, tetapi karyawan pasti akan tetap senang dan merasa kerjanya dihargai oleh pihak perusahaan. Akhirnya, pekerja pun punya semangat dan komitmen – untuk bekerja lebih keras.

 

Nah, itulah lima tips yang bisa diterapkan untuk meningkatkan etos kerja. Berbicara soal sikap tersebut – apakah kamu sudah memilikinya?

 

 

Featured Image - blog.hacktiv8.com