Menghabiskan sebagian besar waktu duduk di depan komputer memang bukan kebiasaan yang sehat. Jika hal ini terus terjadi, dampaknya bisa membuat tubuh jadi mudah sakit bahkan rentan terkena berbagai macam penyakit. Untuk itu penting sekali memiliki pola hidup yang lebih sehat agar stamina tubuh tetap terjaga, terutama untuk kamu yang kerja kantoran.

Berikut lima tips sederhana dan mudah untuk kamu yang kerja kantoran biar ngga mudah jatuh sakit:

1. Optimalkan waktu makan siang untuk beristirahat

Credit: Top Media

Saat makan siang, optimalkan waktu tersebut dengan baik. Gunakan waktu makan siang untuk mencari angin segar atau keluar sebentar dari kantor agar pikiran kembali jernih. Akan lebih baik jika waktu tersebut kamu gunakan untuk berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik agar otot- otot tubuh tidak kaku.

2. Gunakan tangga

Credit: Klik Dokter

Menggunakan tangga di Gedung kantor, perbanyak jalan kaki dan buat tubuh sedikit berkeringat. Hal ini bermanfaat untuk mengimbangi rutinitasmu di kantor yang sebagian besar dihabiskan untuk duduk.

3. Selalu cukupi kebutuhan cairan tubuh harian

Credit: Hipwee

Hal penting lainnya agar kamu tidak mudah jatuh sakit adalah selalu sediakan gelas atau botol minum di meja kerjamu. Tujuannya agar kamu selalu ingat untuk minum air putih sepanjang hari. Selain itu, kamu perlu menghindari minuman manis, camilan yang terlalu banyak mengandung garam atau bahan pengawet.

Imbangi kesibukanmu di kantor dengan minum air putih agar terhindar dari dehidrasi, dan setidaknya kamu perlu minum 8-10 gelas air putih setiap harinya.

4. Manfaatkan waktu cuti untuk beristirahat dan mengatasi stress

Credit: IDN Times

Jatah cuti yang kamu miliki bisa digunakan dan dimanfaatkan. Gunakan waktu cuti tersebut untuk pergi liburan dan melakukan kegiatan yang kamu sukai dan bisa membuat pikiran lebih fresh. Karena biasanya ketika kamu sudah terlalu lelah atau jenuh bekerja, penyakit bisa datang dan kamu juga bisa mengalami stress.

Dengan begitu, hatimu bisa lebih bahagia, pikiran menjadi jernih, kerja lebih semangat dan kesehatan tubuhpun jadi lebih terjaga.

Featured Image - Tribunnews