Bagi orang yang sibuk bekerja seharian, menyediakan waktu untuk berolahraga bukanlah hal yang mudah. Untungnya, ada beberapa gerakan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan sebelum pergi bekerja di pagi hari. Gerakan sederhana ini tidak memakan banyak waktu, sehingga kamu bisa menjadikannya sebagai rutinitas tanpa harus cemas akan terlambat ke kantor.

Manfaat olahraga ringan sebelum bekerja

Credit: Halodoc

Olahraga di pagi hari memiliki sejumlah manfaat. Selain meningkatkan mood  selama seharian, aktivitas ini juga dapat meningkatkan kemampuan otak dan menjaga produktivitas kamu saat bekerja. Rutin berolahraga di pagi hari dapat menurunkan tekanan dasar dan dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Kedua factor ini penting agar kamu dapat menjalani rutinitas dengan baik keesokan harinya.

Selain itu, kualitas tidur yang baik juga dapat membantu tubuhmu mengendalikan hormon yang mengatur rasa lapar. Hormon ini berperan dalam kenaikan berat badan. Karena itu, rutinitas olahraga pagi akan sangat bermanfaat untuk kamu yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan.

Berbagai macam olahraga ringan yang bisa dilakukan sebelum bekerja

Kamu dapat berolahraga dengan atau tanpa alat khusus, baik di dalam maupun di luar rumah. Kamu hanya perlu menyesuaikannya dengan alat yang tersedia di rumah dan seberapa banyak waktu yang kamu miliki sebelum berangkat kerja.

Berikut adalah olahraga ringan yang bisa kamu lakukan:

1. Berjalan kaki atau jogging

Credit: Kompas Lifestyle

Jika kamu memiliki waktu yang lebih luang sebelum berangkat kerja, maka kamu bisa coba melakukan olahraga di luar rumah seperti berjalan atau jogging. Awali olahraga ini dengan berjalan cepat, lalu lanjutkan dengan berlari selama 30 menit dan berikan jeda setiap 10 menit. Latihan ini dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, tubuhmu juga dapat membakar 140-295 kalori.

2. Latihan menggunakan barbel

Credit: Hello Sehat

Latihan menggunakan barbel adalah jenis olahraga fleksibel yang dapat dikombinasikan dengan berbagai variasi gerakan. Misalnya squat, lunge depan dan samping, lunge bicep curl, deadlift, dan lain sebagainya. Gerakan ini dapat memperkuat jaringan otot, menjaga kesehatan sistem peredaran darah, serta dapat membakar hingga 110 kalori.

3. Gerakan peregangan ‘cat camel stretch’

Credit: Yoga Journal

Awali gerakan ini dengan bertumpu pada kedua telapak tangan dan lutut. Kemudian, lekukkan punggung hingga kamu dapat melihat area perut. Luruskan kembali punggungmu dan dongakkan kepala hingga punggung melengkung. Lakukan gerakan olahraga ringan ini sebanyak 4-5 kali sebelum berangkat kerja.

4. Jumping jacks

Credit: Yahoo.com

Mulailah dengan berdiri dalam posisi tegap dan kedua kaki rapat. Kemudian, melompatlah sembari melebarkan tangan dan kaki. Kemudian, kembali ke posisi awal dan ulangi gerakan tersebut. Lakukan olahraga ini selama satu menit, lalu tambahkan durasinya sedikit demi sedikit.

5. Gerakan yoga dasar

Credit: Alodokter

Ada berbagai macam gerakan yoga dasar yang bisa kamu lakukan dan salah satunya adalah pose pohon, yang paling sederhana dan tidak membutuhkan banyak ruang. Untuk melakukannya, kamu cukup berdiri dengan satu kaki sambal mengangkat kaki yang lain. Posisikan kedua tanganmu di dada. Dan tahan posisi ini selama 1-2 menit, lalu ulangi dengan bertumpu pada kaki yang satunya.

6. Hip abductor side lifts

Credit: Pop Sugar

Berbaringlah menghadap ke samping kanan dengan tangan kanan terlipat menumpu kepala dan tangan kirimu di pinggang. Kemudian, angkat perlahan kaki kirimu, lalu turunkan. Ulangi gerakan ini sebanyak 10-15 kali, lalu lakukan kembali pada sisi tubuh sebelah kiri. Selama mengangkat kaki, jagalah agar pinggul tidak ikut bergerak.

Berbagai macam gerakan olahraga ringan yang kamu lakukan sebelum bekerja bermanfaat bagi kesehatanmu di masa yang akan datang. Gerakan- gerakan ini tidak hanya menyehatkan sistem peredaran darah, tetapi juga dapat memperbaiki postur tubuh yang tervganggu akibat terlalu lama duduk di kursi.

 

Featured Image - Hello Sehat