Enervoners, apakah kamu termasuk pekerja kantoran yang punya segudang aktivitas? Kalau begitu, menerapkan pola makan sehat – merupakan tugas penting yang mesti kamu lakukan, agar kesehatan sekaligus energi dan stamina tubuh, sehingga kamu tak mudah lemas, lho.

Memiliki tubuh yang sehat dan hidup produktif memang menjadi impian setiap orang, termasuk para pekerja kantoran ya. Namun sayangnya, kesibukan dan rasa stres yang kian menghampiri – belum lagi, kurangnya aktivitas fisik, serta pola makan buruk membuatmu lebih rentan mengalami masalah kesehatan, bahkan di usia muda.

Adapun sejumlah masalah kesehatan yang sering dialami oleh para pekerja kantoran, yaitu seperti kegemukan, diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung. Wah, sejumlah penyakit tersebut wajib diperhatikan, karena dapat menyebabkan dampak berbahaya!

Tapi, tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik ya. Bagi pekerja kantoran, yuk ubah kebiasaan makan yang buruk – dan segera terapkan pola makan sehat. Lantas, apa saja yang perlu dilakukan?

Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Membiasakan Sarapan Setiap Pagi

Credit Image - kompas.com

Mulai sekarang, cobalah untuk mengawali hari dengan sarapan, sebelum mulai beraktivitas. Pilih sarapan dengan gizi seimbang, yaitu cukup protein, karbohidrat, serat, serta rendah lemak dan gula – misalnya, seperti sarapan roti gandum berisi telur dan selada.

Sempitnya waktu di pagi hari menyebabkan para pekerja kantoran kadang melewatkan waktu sarapan, atau mengonsumsi makanan instan dan makanan yang tidak seimbang nilai gizinya, Tapi, bagaimana kalau tidak sempat menyiapkan sarapan? Siasai dengan membeli sarapan siap santap, kemudian tambahkan protein ke dalamnya.

 

Makan Siang Teratur, Kalau Bisa Bawa Bekal Sendiri

Membawa bekal sendiri untuk makan siang memang membutuhkan usaha ekstra. Tapi dengan cara ini, para pekerja kantoran bisa mengukur jumlah makanan yang dibawa dan menentukan jenis makanannya, lho.

Tips yang satu ini juga dapat membuat jumlah makanan yang dikonsumsi – tidak dipengaruhi oleh rasa makan, atau godaan dari lingkungan sekitar. Perlu diingat pula, makanlah pada jam-jam makan yang teratur, nikmati waktu makanmu ya. Dengan mematuhi waktu makan, kamu dapat terhindar dari rasa lapar dan ngemil di luar jam makan.

 

Jangan Lupa, Bawa Camilan Sehat!

Credit Image - grid.id

Camilan sehat juga sangat diperlukan oleh pekerja kantoran, lho. Hal ini bertujuan agar kadar gula darah tetap terjaga, sehingga kamu tidak akan kelaparan dan makan berlebihan pada jam makan berikutnya. Bisa bantu menjaga berat badan tetap stabil juga, kan?

Adapun camilan sehat berupa makanan dengan kadar gula, garam, dan lemak minimal, mengandung protein. Dan, jika memungkinkan – pilih camilan yang juga mengandung serat. Contoh camilan yang bisa kamu pilih, yaitu buah-buahan, atau kacang-kacangan.

 

Membiasakan Makan Makan Juga Penting

Menutup harimu dengan makan malam – tentu termasuk dalam pola makan sehat bagi pekerja kantoran, yang mesti diterapkan. Mengapa demikian? Sebab, makan malam teratur dapat membuatmu tidur lebih nyenyak di malam hari. Sudahkah kamu mengetahui hal yang satu ini?

Meski demikian, jika kamu dalam program penurunan berat badan – alias sedang diet, cobalah untuk makan malam secukupnya, dan pilihlah menu bergizi seimbang. Jadi, jangan sampai tidak makan malam sama sekali ya!

 

Kurangi Minuman Manis

Credit Image - kumparan.com

Siapa di sini yang gemar mengonsumsi minuman manis? Memang, jenis minuman satu ini sangat menggiurkan, terutama ketika cuaca sedang panas ya. Namun, asupan gula berlebih tidak baik untuk tubuh, dan berisiko menimbulkan diabetes.

Asupan gula yang dianjurkan per harinya adalah 5% dari kebutuhan kalori harian – atau  20 gram yang setara dengan 4 sendok teh. Ini sudah termasuk gula yang ditambahkan ke dalam makanan dan minuman ya.

Lalu, bagaimana cara mudah mengurangi asupan makanan dan minuman manis? Yaitu, dengan batasi jenis makanan maupun minuman yang mengandung gula tambahan. Jika ingin menambahkan rasa manis – sebaiknya, gunakan pemanis buatan rendah kalori, tetapi tetap dalam jumlah sewajarnya.

 

Lengkapi Pola Makan Sehat dengan Konsumsi Multivitamin

Pekerja kantoran juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin – yang dapat bantu lengkapi pola hidup sehat, sekaligus berperan untuk menjaga stamina tubuh agar tetap prima. Untuk jenis multivitamin yang direkomendasikan, kamu dapat konsumsi Enervon Active setiap hari ya.

Enervon Active mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk menjaga daya tahan tubuhmu tetap kuat, sehingga tak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Selain itu, sudah pasti kandungan Vitamin B Kompleks di dalamnya dapat membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini dapat bantu kamu semakin aktif dan produktif selama beraktivitas!

 

Itulah, keenam tips pola makan sehat yang dapat diterapkan oleh para pekerja kantoran. Yuk, segera terapkan sejumlah kiat tersebut – agar kesehatan tubuh tetap terjaga, dan kamu semakin aktif sepanjang hari!

 

 

Featured Image - klikdokter.com