Program vaksinasi Covid-19 masih terus berlangsung, kini masyarakat yang berusia di atas 18 tahun pun sudah mulai bisa mendapatkan dosis vaksin. Langkah ini merupakan salah satu cara penting – yang dilakukan sebagai upaya memutus diharapkan bisa membantu menghentikan pandemi.

Meski demikian, protokol kesehatan masih harus dijalani, meskipun nantinya sudah mendapat vaksinasi dosis lengkap. Dengan demikian, perlindungan terhadap risiko infeksi virus dapat diperoleh secara maksimal.

Mengenai vaksinasi yang sudah semakin digencarkan, ada sejumlah hal yang wajib diperhatikan – baik sebelum mendapat vaksin, maupun sesudahnya. Apa saja hal tersebut?

Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Sebelum Vaksinasi Covid-19, Lakukan Hal Ini Ya

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Adapun berbagai hal yang sebaiknya dilakukan sebelum mendapatkan vaksinasi Covid-19, yaitu:

  • Pastikan kondisi tubuh sudah dalam keadaan sehat. Jika memiliki penyakit penyerta yang terkontrol – dan, masih bisa mengikuti vaksin, sebaiknya tetap konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait.
  • Selalu informasikan kondisi kesehatan diri. Beri tahu petugas medis mengenai kondisi kesehatan saat hendak divaksin.
  • Pastikan sudah tidur yang cukup, hindari begadang, dan tidur selama 7-9 jam.
  • Hindari olahraga berlebihan, apaalgi aktivitas berat – sebab hal ini justru bisa menurunkan daya tahan tubuh. Lebih baik, lakukan olahraga yang ringan atau sedang saja.
  • Cukupi kebutuhan nutrisi yang dilakukan untuk menjaga kekuatan sistem imun. Jadi, dianjurkan makan terlebih dahulu sebelum vaksin!
  • Disarankan pula untuk mengonsumsi suplemen tambahan untuk mengoptimalkan daya tahan tubuh.

Sejumlah hal tersebut penting dilakukan, sehingga kegiatan vaksinasi dapat dilaksanakan dengan baik, dan manfaatnya pun bisa dirasakan secara maksimal.

 

Lalu, Apa Yang Perlu Dilakukan Habis Vaksinasi?

Credit Image - tribratanews.polri.go.id

Usai mendapatkan vaksinasi Covid-19, sebaiknya lanjutkan dengan langkah-langkah berikut ini.

  • Observasi tempat vaksin selama 30 menit. Mengingat adanya KIPI (Kejadian Ikutan Paska Imunisasi) yang mungkin dialami. Adapun sejumlah efek ringan yang sering ditemui, seperti nyeri dan bengkak di tempat suntikan, demam, mengigil, mengantuk, lelah, dan sakit kepala.
  • Untuk meredakan efek sampingnya, bisa dengan istirahat yang cukup, mengompres di area suntikan, dan lebih sering menggerakkan lengan yang disuntik.
  • Tetap perhatikan kondisi kesehatan usai mendapat vaksin. Jika diperlukan, boleh mengonsumsi obat.
  • Kalau mengalami efek samping yang tidak tertahankan, direkomendasikan untuk menemui dokter.
  • Terakhir, siapkan diri untuk mendapatkan vaksinasi kedua. Vaksin diberikan dalam 2 dosis agar bisa menghasilkan reaksi imunitas yang optimal terhadap Covid-19.

 

Jangan Lupa, Siapkan Suplemen yang Diperlukan Usai Vaksinasi

Credit Image - tokopedia.com

Dilansir dari CNN Indonesia – berdasarkan informasi dari Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Gatot Soegiarto mengatakan bahwa meskipun sudah menerapkan pola hidup sehat, seperti olahraga teratur dan telah divaksin, konsumsi suplemen sebaiknya masih terus dilanjutkan. Dengan demikian, perlindungan optimal pun bisa didapatkan tubuh.

Hal ini juga diperlukan karena adanya faktor usia yang bisa menurunkan sistem imun tubuh. Jadi, organ tubuh tetap membutuhkan suplemen sebagai penunjang kekebalan tubuh.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, termasuk setelah mendapat vaksin Covid-19, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk itu, direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan 1000 mg Vitamin C yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap tubuh!

Tak hanya mengonsumsi suplemen usai vaksin, sekaligus menerapkan pola hidup sehat, jangan lupa untuk terus menerapkan protokol kesehatan. Sebab, sudah peroleh vaksin belum menjamin 100 persen kebal dari virus corona. Hanya saja, dengan dapat vaksin, gejala yang mungkin dialami akan lebih ringan – dibanding yang tidak divaksinasi.

Jadi, tetap jalani protokol kesehatan 5M secara lengkap dan disiplin, yang meliputi memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

 

Itulah informasi mengenai hal yang harus dilakukan, baik sebelum dan sesudah mendapat vaksinasi. Tetap patuh terhadap protokol kesehatan yang dianjurkan, serta jaga kesehatan tubuh secara maksimal!

 

 

Featured Image - ayobekasi.net

Source - alodokter.com