Saat ini, Indonesia tengah memasuki musim pancaroba – tak bisa dipungkiri, kondisi tersebut seringkali memengaruhi daya tahan tubuh terhadap berbagai macam penyakit yang mengintai. Belum lagi, pandemi Covid-19 – yang sedang mengalami lonjakan, wah hal ini memang menjadi kekhawatiran tersendiri ya.

Di peralihan musim, virus dan bakteri pun mudah berkembang biak lho, sehingga dapat DBD.

Untuk itu, kamu memerlukan perlindungan ekstra untuk menjaga kekebalan tubuh agar tak mudah terserang berbagai macam penyakit, termasuk virus corona. Lantas, hal apa saja sih yang bisa dilakukan?

Tanpa perlu berlama-lama, berikut ini ulasan lengkapnya. Simak sampai habis ya!

 

 

Jangan Lupa, Tetap Aktif Bergerak

Credit Image - republika.co.id

Perlu diketahui, olahraga rutin dapat membantu mencegah serangan penyakit, lho. Dari penelitian yang tercantum dalam jurnal Exercise and Sport Sciences Reviews menunjukkan bahwa sistem kekebalan individu yang rutin melakukan olahraga ringan 45 menit selama 3 sampai 5 hari per minggu lebih mampu melawan penyakit pernapasan bagian atas.

Selain itu, ada pula penelitian lain dalam The American Journal of Medicine yang menunjukkan bahwa individu yang rutin berjalan kaki 5 kali dalam seminggu – dengan durasi 35-45 menit mengalami kemungkinan sakit dua kali lebih rendah, dibandingkan orang yang jarang bergerak.

 

Perbanyak Konsumsi Makanan dan Minuman Hangat

Ketika memasuki musim peralihan, di mana lebih sering turun curah hujan, kamu perlu meningkatkan konsumsi makanan dan minuman hangat, lho. Seperti, susu, sup, atau air hangat sebelum pergi tidur dapat membantu melegakan tenggorokan.

Walaupun disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan panas, tapi kamu sendiri tidak harus selalu mengonsumsi makanan atau minuman bersuhu panas yang membakar lidah. Makanan atau minuman yang hangat dan nyaman saja sudah cukup membantu menenangkan tenggorokan dan mencegah pilek.

 

Pastikan Sudah Cukup Tidur

Credit Image - halodoc.com

Ketika suhu udara turun dan hari cenderung lebih dingin, pastikan kamu sudah menjaga jadwal tidur yang teratur agar tidak mudah jatuh sakit. karena, durasi dan pola tidur juga dapat memiliki pengaruh langsung terhadap kesehatan fisik.

Sebuah penelitian dalam JAMA Internal Medicine menunjukkan bahwa individu yang memiliki waktu tidur kurang dari 7 jam per malam memiliki kemungkinan hingga 3 kali lebih rentan terkena flu dibandingkan mereka yang tidur lebih sedikit, lho. Jadi, cobalah untuk membuat jadwal tidur yang teratur dan jalankan secara rutin.

 

Rajin Mencuci Tangan Juga Penting

Kamu pasti tahu bahwa tangan rentan terhadap kuman, karena seringkali menyentuh berbagai benda sepanjang hari. Jika kamu meletakkan tangan kotor di bagian wajah, seperti mulut, mata, dan hidung – maka akan semakin mudah pula bagi kuman, virus, dan bakteri masuk ke dalam tubuh.

Hal tersebut tentu saja akan memicu berbagai macam penyakit, terlebih imunitas yang lebih mudah melemah selama musim panrcoba. Jadi, pastikan kamu juga sudah rutin mencuci tangan, terutama sebelum makan, karena ini adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah sakit. 

 

Penuhi Pula Kebutuhan Vitamin C Harian

Credit Image - research.rabobank.com

Yang tak kalah penting, kamu juga mesti memenuhi kebutuhan Vitamin C setiap harinya – apalagi, vitamin yang satu ini tak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga memperoleh asupannya dari makanan maupun suplemen, sangat penting dilakukan untuk menjaga imunitas.

Selain mampu mendukung daya tahan tubuh, Vitamin C juga baik untuk menangkal penyakit, sekaligus membantu proses penyembuhan. Bahkan, asupan Vitamin C tinggi dapat membantu penyerapan Zinc – yang juga berperan penting dalam menjaga imun tubuh.

Tak hanya dari sumber makanan, asupan Vitamin C sangat dianjurkan diperoleh dengan rutin mengonsumsi suplemen, sehingga kebutuhannya dapat dipenuhi secara maksimal. Direkomendasikan untuk minum Enervon-C yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan, lho!

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, dapat untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Untuk Si Kecil, moms dianjurkan untuk memberikan multivitamin Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Deretan vitamin dalam Enervon-C Plus Sirup tersebut tak hanya dapat menjaga daya tahan tubuh anak saja, tetapi bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya, bantu memenuhi kebutuhan nutrisi, meningkatkan napsu makan, serta memelihara kesehatan tulang dan gigi.

 

Nah, itulah kelima tips penting yang bisa kamu terapkan untuk menjaga daya tahan tubuh di musim pancaroba dan pandemi Covid-19. Yuk, ikuti sejumlah hal di atas agar kesehatan terjaga ya!

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - idntimes.com