Sebagian besar orang mengira bahwa virus corona lebih terasa “menyiksa” ketika sedang terinfeksi saja. Tapi jangan salah! Usai sembuh pun efek Covid-19 masih tetap bisa dirasakan, lho. Meski ada juga yang tak merasakan dampak negatif setelah sembuh, namun tidak sedikit pula yang merasakan dampak jangka panjang setelah sakit.

Dilansir dari phsa.ca, ada beberapa keluhan yang sering dirasakan, seperti telinga berdengung, sakit kepala, tidak enak badan, sulit untuk fokus, tubuh yang lebih mudah merasa lelah. Memang, dalam penyakit apa pun kamu tidak bisa memaksakan langsung pulih dalam waktu yang singkat. Tentunya, diperlukan waktu agar kondisi kesehatan bisa kembali seperti semula.

Lantas, apakah kamu – atau orang terdekat tengah memulihkan kondisi kesehatan setelah terinfeksi virus corona? Tak perlu khawatir, kamu dapat melakukannya dengan 5 tips yang sederhana, lho. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Pastikan Asupan Makan Sudah Sehat dan Seimbang

Credit Image - timesindonesia.co.id

Tak hanya ketika terinfeksi Covid-19, namun setelah dinyatakan negatif pun kamu masih disarankan untuk tetap menjaga metabolisme, serta kekebalan tubuh tetap bekerja secara maksimal.

Apalagi, selama terinfeksi virus – ada berbagai efek atau gejala yang dirasakan. Untuk itu, usahakan memilih makanan yang utuh dan minim proses ya. Kamu dapat memilih sayur segar untuk diolah menjadi salad, atau sayur bening – yang hanya memerlukan proses masak sederhana.

Cara memasak yang sederhana dan tak memerlukan waktu yang lama dapat membantu menjaga kandungan nutrisi di dalam sayuran, sehingga tubuh dapat menyerap lebih banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

 

Yuk, Mulai Kembali Berolahraga!

Pada beberapa kasus, terlebih kasus infeksi yang cukup berat, memang diperlukan waktu yang lama agar pasien dapat berkegiatan seperti sedia kala. Namun, bagi kamu yang mengalami gejala ringan – atau tanpa gejala, setelah sembuh sebaiknya segera mulai kembali berolahraga ya.

Meskipun awalnya terasa berat, atau bahkan terasa melelahkan, tetapi usahakan untuk tetap aktif bergerak. Tapi ingat, hindari memforsir – dan memaksa, cukup lakukan sesuai kemampuan kamu saja. Jika dilakukan secara rutin, maka tubuh dapat kembali segar seperti sebelumnya, lho.

 

Lakukan Secara Perlahan Saja Ya

Credit Image - ajisth.id

Setelah dinyatakan negatif Covid-19, tak sedikit orang yang tidak sabar ingin kembali ke rutinitas hariannya – tanpa memikirkan kapasitas tubuh yang baru saja sembuh. Alhasil, tubuh pun akan mudah merasa lelah, napas pendek, hingga merasa pusing dalam menjalani aktivitas.

Untuk itu, cobalah mengetahui kemampuan tubuhmu saat ini, dan pastikan memulai segalanya secara perlahan saja. Hindari memaksakan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti sebelumnya. Ingat, kamu harus bisa bersabar, lho – sebab, tubuh baru saja sembuh dari infeksi virus dan memerlukan waktu untuk pulih seutuhnya.

 

Coba Lakukan Permainan Ingatan

Seperti diketahui, tak sedikit kasus Covid-19 yang menyebutkan bahwa virus corona dapat memengaruhi kondisi otak. Ya, biasanya pasien cenderung sulit untuk berkonsentrasi, bahkan lebih mudah lupa. Sayangnya, kondisi ini masih bisa bertahan hingga dinyatakan negatif Covid-19, lho.

Ketika mengalami hal tersebut, cobalah untuk tidak memaksakan diri, atau panik secara berlebihan. Tenang, ini merupakan kondisi yang wajar – dan kamu perlu latihan untuk kembali menyalahan semua fungsi di otak. Alih-alih panik, ada baiknya kamu lakukan permainan ingatan, serta perhatikan pula kondisi suasana hati dan kualitas tidurmu di dalam hari.

 

Tetap Jaga Diri Dari Risiko Reinfeksi Virus

Credit Image - gaya.tempo.co

Memang, menurut berbagai penelitian disebutkan bahwa tubuh akan memiliki antibodi setelah terinfeksi. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kalau kamu dapat terinfeksi kembali – alias mengalami reinfeksi virus! Untuk itu, setelah sembuh, pastikan tetap menjaga diri, termasuk dengan menjalani protokol kesehatan.

Tubuh masih terus berjuang untuk mengembalikan kesehatan secara maksimal. Jadi, cobalah untuk membatasi diri dari berbagai macam kegiatan – terutama yang harus dilakukan di luar rumah. Dan yang tak kalah penting, maksimalkan imunitas tubuh agar penyakit tak lagi mudah menyerang tubuh.

Menjaga imunitas tubuh dapat dilakukan dengan  menerapkan pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, dan beristirahat yang cukup. Selain itu, rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C juga tak kalah pentingnya, lho.

Di masa pandemi, mendapat asupan Vitamin C memang penting, apalagi kalau bukan untuk memaksimalkan imunitas tubuh. Ini bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi suplemen yang punya kandungan lengkap.

Dalam hal ini, kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Konsumsi minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah, dan dapat memberi rasa segar sepanjang hari!

Untuk yang memiliki masalah lambung sensitif, tak perlu khawatir, karena kamu dapat untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active pun dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini akan membuatmu semakin produktif!

 

Wah, itulah kelima tips mengembalikan kondisi kesehatan tubuh usai terinfeksi virus corons. Yuk, lakukan sejumlah langkah di atas agar tubuh kembali pulih – dan tetap patuhi prokes agar risiko reinfeksi bisa dihindari.

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - popmama.com