Setiap orang pasti memiliki definisi sehat yang berbeda. Ada yang mengatakan bahwa selama bisa tidur nyenyak, berarti dirinya dalam keadaan sehat. Atau, ada juga yang mengatakan bahwa selama dirinya masih bisa beraktivitas seperti biasa, dia dalam keadaan sehat.

Apapun definisi sehat, pada intinya adalah semua orang selalu mendambakan hidup yang sehat dan jauh dari penyakit. Alhasil, banyak orang yang berupaya untuk mengubah kebiasaan yang tidak sehat menjadi sehat. Namun, tidak selamanya hal ini mudah untuk dilakukan, termasuk menjalani pola hidup sehat di saat kita terbiasa tidak terlalu memikirkan pola hidup yang dijalani.

Untuk menjadikan pola hidup sehat menjadi sebuah kebiasaan, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan.

1. Mulai dari hal kecil

Credit: Forbes

Membuat resolusi sehat yang besar bukanlah hal yang salah. Hanya saja, resolusi sehat yang terlalu besar hanya akan memotivasi dirimu di awal saat kamu membuatnya.

Oleh karena itu, jika kamu ingin berubah menjadi lebih sehat, buatlah resolusi yang sederhana dan mudah dilakukan terlebih dahulu. Misalnya, jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka kamu bisa mulai dari mengubah kebiasaan makanmu menjadi lebih sehat dan berolahraga secara rutin.

2. Jangan terburu- buru

Credit: Lifestyle Kompas

Jika kamu ingin memiliki pola hidup yang sehat, maka harus bersabar. Karena mengubah kebiasaan yang kurang sehat menjadi lebih sehat memang membutuhkan waktu. Menurut sebuah penelitian, ditemukan bahwa mengubah kebiasaan memerlukan waktu setidaknya sampai dua bulan atau lebih. Sehingga kamu tidak perlu berkecil hati saat perubahan belum terjadi dalam waktu yang singkat. Dan ketika kamu tergoda untuk kembali pada kebiasaan yang dulu, jangan menyerah. Kamu tidak gagal karena ini adalah bagian dari proses. Cobalah untuk memaafkan dan kembali pada tujuanmu.

3. Jangan berjuang sendirian

Credit: active.com

Mungkin kamu termasuk orang yang malu untuk mengungkapkan resolusi sehat, karena takut dianggap remeh oleh orang yang mendengarnya. Namun, jika kamu benar- benar ingin mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, kamu harus mengatakannya kepada orang lain, agar kamu memiliki teman yang dapat mendukung dan meningatkan jika kamu mulai menyerah.

4. Beri hadiah untuk diri sendiri

Credit: Leafly.com

Hal yang seringkali kamu lupakan adalah untuk memberikan hadiah kepada diri sendiri saat kamu berhasil membuat kemajuan dalam mencapai resolusi sehatmu, sekecil apapun itu. Bentuk imbalan yang dapat diberikan seperti pergi ke bioskop, membeli makanan favorit, dan lain sebagainya.

5. Pengulangan

Credit: Liputan6

Salah satu cara untuk tetap bisa konsisten hidup sehat adalah dengan melakukan pengulangan agar perubahan gaya hidup tersebut bisa menjadi kebiasaan.

Meskipun mengubah pola hidup menjadi lebih sehat itu sulit dilakukan, namun kamu harus yakin bahwa kamu bisa melakukannya. Di saat kamu mulai menyerah, kamu hanya harus berpikir kembali tentang banyaknya manfaat baik bagi kesehatan ketika melakukan perubahan tersebut.

 

Featured Image - beritagar.id