Sebagian orang gemar menghabiskan waktu liburan dengan berwisata kuliner ke sejumlah tempat wisata. Saat menyantap makan secara berlebihan, perut kamu mungkin mengalami kembung dan begah. Nah, untuk mengantisipasi hal ini, kamu bisa mencoba beberapa langkah mudah jika hendak makan banyak. Berikut adalah 4 cara mengatasi perut kembung dan begah ketika makan banyak.

1. Berolahraga secara Ringan

Untuk menghindari perut kembung dan begah usai makan, kamu bisa melakukan olahraga ringan secara rutin. Mengapa demikian? Kontraksi core muscle atau otot inti kabarnya mampu menghasilkan tekanan di bagian perut. Dengan begitu, gas yang ada di dalam perut akan terdorong keluar.

Hal ini tentu berdampak terhadap kenyamanan perut kamu usai makan. Kamu pun bisa mengurangi begah usai menyantap aneka makanan lezat selama liburan. Jadi, biasakan diri untuk melakukan olahraga ringan setiap hari ya.

2. Mengatur Asupan Serat

Kamu juga dapat mengurangi begah usai makan dengan mengelola asupan serat. Mengantur asupan serat secara cukup bisa menjadi solusi atas beragam permasalahan yang menimpa sistem perncernaan. Dengan menjaga serat, kamu bisa memperkecil kemungkinan perut kembung dan begah setelah makan secara drastis.

Selain dapat mengurangi begah, mengatur asupan serat juga memberikan dampak positif lain terhadap tubuh. Kamu bisa buang air besar lebih lancar serta membersihkan racun yang terkandung dalam usus. Oleh sebab itu, jangan lupa mengatur asupan serat selama liburan ya!

3. Mengonsumsi Air Hangat

Sistem metabolisme tubuh dapat bekerja lebih baik ketika kamu menjaga asupan cairan secara cukup. Di samping itu, keadaan air yang diminum pun berpengaruh terhadap keadaan perut. Air hangat direkomendasikan buat kamu yang begah usai makan beragam jenis kuliner.

Mulailah membiasakan diri untuk meminum segelas air hangat agar perut terasa lebih nyaman. Dengan begitu, kamu dapat mengurangi risiko terjadinya perut kembung atau begah saat makan berlebihan. Silakan dicoba ya!

4. Menjauhi Santapan Olahan Susu

Sebagian orang diketahui kerap merasa kembung usai mengonsumsi produk olahan susu. Hal tersebut menandakan gejala seseorang telah mengalami intoleransi laktosa. Dampak lain intoleransi laktosa adalah diare.

Apabila terkena masalah pencernaan ini, kamu dianjurkan menjauhi segala macam produk olahan susu. Cara ini juga dikatakan efektif untuk mengurangi kerap begah ketika makan. Meski begitu, kamu perlu memastikan secara benar bahwa perut begah yang dialami berkaitan dengan susu. Oke?

Demikian 4 cara mudah untuk mengatasi perut kembung atau begah usai makan banyak. Semoga tips ini bermanfaat bagi kamu yang hobi berwisata kuliner pada masa liburan. Selamat mencoba 4 tips di atas ya!

Source

Feature Image -