Momen menunggu kelahiran sang buah hati di tengah pandemi tentunya menjadi hal yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Pasalnya, menjalani proses bersalin di saat pandemi membutuhkan persiapan yang cukup rumit.

Namun, di awal bulan Agustus lalu – Kementrian Kesehatan menerbitkan surat edaran yang menganjurkan ibu hamil untuk mengikuti program vaksinasi. Tentunya, berita ini menjadi hal yang membahagiakan – karena akan mengurangi rasa khawatir selama pandemi ini.

Agar vaksinasi yang akan dilakukan berjalan dengan baik serta bekerja secara maksimal dalam tubuh, ada baiknya untuk moms menyimak 7 informasi mengenai vaksinasi untuk ibu hamil di bawah ini. Pastikan membacanya sampai habis, ya!

 

 

Pastikan Tubuh dalam Keadaan Prima

Credit Image - alodokter.com

Sebelum memulai vaksinasi, baiknya moms memastikan kondisi tubuh sedang berada dalam keadaan prima. Hal ini bisa dipastikan dengan minum air yang cukup untuk menjaga hidrasi dalam tubuh, tidur nyenyak selama delapan jam, serta makan dalam porsi ringan sebelum divaksin.

Kondisi tubuh yang prima ini dapat meminimalkan efek samping yang akan muncul setelah vaksinasi. Meskipun efek di setiap tubuh berbeda, ada baiknya untuk tetap menjaga kondisi tubuh sebelum memulai vaksinasi ya, moms.

 

Menggunakan Pakaian yang Tepat

Moms, ketika ingin melakukan vaksinasi, disarankan untuk menggunakan pakaian nyaman yang longgar, serta berbahan sejuk, dan juga mudah untuk dilipat atau dibuka ketika akan disuntik. Moms bisa menggunakan baju lengan pendek atau baju lengan mengatung yang dibalut dalam jaket atau outer.

Moms disarankan untuk mengindari pakaian terlalu ketat atau tebal yang dapat membuat gerah, ataupun sesak – karena nantinya akan membuat sulit tenaga kesehatan yang akan menyuntikmu.

 

Komunikatif dengan Kondisi Tubuh

Credit Image - halodoc.com

Sebelum memulai vaksinasi, ada baiknya moms lebih komunikatif terhadap kondisi tubuh. Hal ini sering terlewati untuk dilakukan karena moms merasa tidak enak hati, malu, atau bingung untuk mengungkapkannya.

Menjadi komunikatif sebelum memulai vaksinasi merupakan hal yang penting, karena mengomunikasikan kondisi kesehatan seperti alergi terhadap obat-obatan atau vaksinasi tertentu akan vaksin yang diberikan terasa lebih aman dan juga yakin.

 

Waspada terhadap Reaksi Tubuh

Setelah yang sudah diutarakan di atas – bahwa reaksi tubuh terhadap vaksin berbeda-beda. Maka dari itu, moms harus peka terhadap kondisi tubuh selama 30 menit pasca vaksinasi untuk mengantisipasi reaksi negatif yang mungkin muncul. Reaksi tersebut dapat berupa kesulitan bernapas, nyeri dada, pembengkakan atau rasa sakit di anggota badan tertentu, sakit kepala berlebih, pendarahan, mual dan muntah, hingga kaburnya penglihatan.

Untuk moms yang sudah menginjak trimester ketiga, tetap peka juga terhadap gerakan janin dalam kandungan ya. Jika janin berhenti bergerak atau reaksi negatif di atas terjadi, segeralah periksakan diri ke rumah sakit.

 

Menjaga Protokol Kesehatan

Credit Image - health.kompas.com

Mengingatk vaksinasi dilakukan secara bergilir, mungkin moms akan berada di tengah keramaian. Meski sebentar, tetap jaga protokol kesehatan dengan ketat ya, moms. Seperti rajin mencuci tangan – baik menggunakan sabun ataupun hand sanitizer.

 

Mengatasi Efek Samping dengan Baik

Setelah vaksinasi dilakukan, normal untuk moms mengalami efek samping ringan seperti pegal-pegal atau sakit kepala. Untuk mengatasi rasa pegal di tempat suntik, moms bisa menaruh kantung penghangat di area yang terasa pegal untuk mengurangi rasa tersebut.

Sedangkan untuk meredakan sakit kepala, moms bisa mengonsumsi parasetamol yang aman bagi ibu hamil dan sudah disetujui oleh dokter. Akan lebih baik lagi untuk moms berkonsultasi dengan dokter yang biasa menanganimu – agar jika dirasa terdapat efek samping yang mengkhawatirkan, dapat ditangani dengan baik.

 

Mengonsumsi Makanan Sehat

Credit Image - ruangmom.com

Mengonsumsi makanan sehat merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan oleh semua orang – bukan hanya untuk moms yang baru saja melakukan vaksinasi. Namun yang harus ditekankan, ada baiknya setelah vaksinasi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Nutrisi tersebut bisa berupa makanan yang mengandung zat besi, kalsium, vitamin E, D, dan B12 yang baik untuk membantu tubuh lebih cepat untuk pulih pasca vaksinasi. Jangan lupa untuk istirahat cukup dan menjaga kadar konsumsi air agar tubuh terhidrasi dengan baik.

 

Itulah 7 hal yang harus diperhatikan oleh moms sebelum, saat, dan juga setelah vaksinasi Covid-19. Vaksinasi ini dilakukan demi menjaga kesehatan moms dan juga janin. Untuk itu, pastikan moms untuk segera mendapatkan vaksin ya!

 

 

Featured Image - kesehatan-ibuanak.net

Source - popmama.com