Sepertinya sudah bukan rahasia lagi kalau mempertahankan sistem kekebalan, serta menjaga kesehatan metal, dan mengurangi stres. Tentunya, kamu juga sudah mengetahui sejumlah dampak baik olahraga ini, kan?

Dilansir dari Anxiety and Depression Association of America, olahraga terbukti efektif untuk meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, konsentrasi, serta fungsi kognitif secara keseluruhan, lho. Untuk itu, tak heran kalau banyak yang menyebut kalau olahraga merupakan salah satu cara sederhana guna mengurangi rasa stres.

Lebih jauh, ternyata ada beberapa gerakan olahraga yang secara spesifik bisa menguangi rasa stres. Tenang, gerakan ini termasuk olahraga yang ringan, kok. Penasaran, apa saja sih gerakan tersebut?

Berikut ini 5 di antaranya!

 

 

#1 – Pose Yoga Downward Facing Dog

Credit Image - yoursightmatters.com

Gerakan olahraga yang pertama, yaitu pose yoga downward facing dog. Kamu bisa melakukan gerakan yang satu ini secara rutin, ya. Mengutip Everyday Health, yoga adalah latihan kekuatan yang membuat tubuh lebih fleksibel dan tangguh.

Selain itu, yoga memicu respons relaksasi tubuh karena menggunakan pernapasan dalam. Manfaat terbesarnya dapat kamu rasakan terhadap kesehatan mental, termasuk untuk manajemen stres.

Salah satu gerakan yoga yang paling basic dan mudah dilakukan oleh pemula adalah downward facing dog atau adho mukha svanasana dalam bahasa Sansekerta. Dilansir Healthline, pose yoga ini meregangkan otot-otot kaki belakang, memanjangkan tulang belakang, menenangkan sistem saraf, mengatasi sakit kepala, serta melepaskan stres.

Untuk melakukannya, kamu hanya perlu melakukan plank, lalu dorong tangan ke depan sembari mengangkat pinggul ke atas dan regangkan kaki ke belakang. Pastikan kaki lurus dan tumit mengarah ke lantai. Tahan hingga 30 detik.

 

#2 – Peregangan Kucing-Unta

Apakah kamu pernah mendengar gerakan yang satu ini? Ya, peregangan kucing-unta – atau disebut sebagai cat camel stretch juga termasuk salah satu aktivitas fisik yang bisa membantu mengurangi stres, nih. Meski punya nama yang unik, namun pemanasan ini baik untuk membuat tulang belakang semakin fleksibel, lho.

Selain itu, peregangan ini dapat meredakan ketegangan otot, melepaskan stres, membantu tubuh rileks, dan membuat tidur lebih nyenyak, dilansir Wellness Corporate Solutions. Tapi, bagaimana sih cara melakukannya?

Caranya, posisikan tubuh seperti merangkak. Lalu, dorong punggung ke atas menyerupai punuk unta. Kemudian, turunkan punggung ke bawah hingga punggung atas melengkung dan perut maju ke depan. Lakukan ini berulang-ulang secara perlahan, setidaknya hingga 4-5 kali.

 

#3 – Jumping Jacks

Credit Image - lifestyle.kompas.com

Untukmu yang ingin melakukan gerakan lebih energik, cobalah melakukan jumping jacks, ya. Seperti diketahui, gerakan ini dapat membantu menyeimbangkan detak jantung, mengontrol dan menjaga tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, serta mencegah stroke atau serangan jantung. Intinya, jumping jacks baik untuk kardiovaskular.

Selain bermanfaat untuk fisik, jumping jacks baik bagi psikologis, lho. Gerakan ini mendorong pelepasan endorfin, yaitu hormon yang mencegah stres dan depresi serta mengatasi masalah sulit tidur.

Untuk melakukannya, kamu perlu berdiri tegak lalu kedua kaki melompat keluar secara bersamaan dan kemudian kembali ke posisi semula. Mengutip PopSugar, lakukan gerakan ini terus-menerus selama 45 detik lalu istirahat selama 15 detik untuk mengambil napas dan lanjutkan lagi.

 

#4 – Gerakan Yoga Balasana

Bukan hal yang baru lagi kalau pose yoga memang dikenal dapat memberikan ketenangan hati, serta membantu mengurangi stres. Salah satunya, seperti gerakan balasana – atau disebut juga sebagai pose anak. Mengutip Ayurveda Magazine, gerakan ini bisa menghempaskan stres dan kelelahan serta meningkatkan sirkulasi darah.

Cara melakukannya juga sangat mudah, lho. Pertama, kamu perlu duduk di atas lantai dengan menekuk kaki ke belakang – tapi, pastikan jari-jari kaki sudah rapat, ya. Kemudian, sembari menghembuskan napas, turunkan tubuh dan rentangkan kedua tangan ke depan.

Bisa dikatakan, kurang lebih gerakan balasana mirip seperti sedang menyembah sesuatu. Setidaknya, tahan pose ini minimal 30 detik sambil mengatur pernapasan. Jika mulai mahir, kamu dapat tingkatkan menjadi 45-60 detik.

 

#5 – Gerakan Taichi

Credit Image - kumparan.com

Yang terakhir, ada pula gerakan taichi yang juga punya banyak manfaat, nih. Olahraga yang satu ini merupakan jenis seni bela diri China kuno yang memadukan gerakan fisik dengan seni mengatur napas. Taici disebut-sebut dapat mengurangi stres, kekhawatiran, meningkatkan fleksibilitas dan energi, serta membuat tidurmu lebih nyenyak.

Taici memiliki 13 postur utama yang saling berkelanjutan. Mengutip Tai Chi and Qigong, postur yang dimaksud ialah peng (menangkal), lu (memutar kembali), chi (menekan), an (mendorong), tsai (tarik ke bawah), lieh (terpisah), chou (serangan siku), kao (pukulan bahu), chin (maju), tui (mundur), ku (lihat ke kiri), pan (lihat ke kanan), dan ting (tengah).

Kalau kamu tertarik melakukan gerakan ini, cobalah untuk mencari gambar sejumlah gerakan tersebut di internet, kemudian pastikan sudah ada panduannya juga, ya. Atau, bisa juga dengan menonton video di YouTube atau platform lain. Lebih baik lagi, kalau kamu dipandu langsung instruktur yang kompeten.

Wah, apakah kamu jadi tertarik untuk melakukan sejumlah gerakan olahraga di atas? Tapi, agar kegiatan olahraga semakin maksimal, pastinya kamu mesti menjaga stamina dan energi tubuh – sehingga, aktivitas fisik bisa dilakukan dengan baik. Hal ini bisa dilakukan dengan memenuhi kebutuhan vitamin harian, lho.

Tak hanya dari sumber makanan, vitamin juga dapat diperoleh dengan rutin mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu ya!

Dan, kandungan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active – dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Jadi, tak perlu khawatir mudah lemas ketika beraktivitas ya!

Untuk mendapatkan sejumlah produk multivitamin Enervon, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Jadi, kalau kamu tengah merasa stres, bisa lho diatasi dengan menerapkan kelima gerakan olahraga tersebut. Selamat mencoba, Enervoners!

 

 

Featured Image - holisticwellnesspractice.com