Tak bisa dipungkiri, setiap individu pasti memiliki kekurangannya masing-masing. Ini bukan berarti kamu justru merasa malu, atau rendah diri, lho. Punya kelemahan diri tak harus selalu dianggap negatif, sebab kekurangan tersebutlah yang membuatmu tidak saling melupakan manusia lainnya. Ingatlah bahwa kamu tidak dapat hidup sendirian, karena sejatinya manusia selalu ingin hidup bermasyarakat.

Apakah kelemahan diri yang kamu miliki malah menurunkan rasa kepercayaan diri? Jangan dibiarkan begitu saja, ya! Ada berbagai langkah yang perlu dilakukan untuk merubah kelemahan diri menjadi sebuah kelebihan. Pastinya, hal ini dapat membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas, apa saja cara yang dapat membantu mengatasi kelemahan diri? Berikut ini ada 5 tips yang perlu kamu ketahui.

Yuk, simak sampai habis, ya!

 

 

#1 – Meminta Bantuan Orang Lain

Credit Image - blog.wecare.id

Dalam mengatasi kelemahan diri yang dimiliki, pastinya kamu bisa meminta bantuan kepada orang lain. Ketika berbicara dengan orang yang tepat – tentunya akan ada feedback yang bisa membantumu memperbaiki diri. Untuk itu, carilah orang yang dianggap mengenal dirimu dengan baik, lalu ungkapkan ada sesuatu yang mengganjal terkait dengan kelemahan diri.

Orang yang mau mendengarkan, serta mengenali karaktermu akan memberi komentar positif yang bisa dijadikan saran dan kritik yang membangun dalam membenahi kelemahan diri. Jangan malu untuk bercerita, karena manusia membutuhkan itu.

 

#2 – Jangan Pernah Berhenti!

Setiap individu pasti memiliki sesuatu hal yang sangat disukai, bahkan diminati. Kalau kamu sudah menemukan bidang tersebut, maka lakukanlah dengan tekun, ya. Hindari membiarkan hobi – atau kesukaanmu menjadi hilang dan terpendam begitu saja. Pasalnya, setiap manusia sudah diberikan suatu kelebihannya masing-masing, nah tugasmu di sini, yaitu mencari tahu kelebihan tersebut.

Sesulit apapun kondisinya, pasti ada jalan selagi ada kemauan. Namun, hindari hanya sekedar berbicara saja tanpa ada tindakan, lho. Hasilnya pun hanya akan beralasan yang berdasar pada kesulitan-kesulitan yang kamu hadapi.

 

#3 – Melihat Kesalahan yang Pernah Dilakukan

Credit Image - alodokter.com

Memperbaiki kelemahan diri juga dapat dilakukan melalui belajar dari kesalahan. Tentunya, kesalahan pun bukan menandakan kamu seseorang yang tak mampu melakukan hal dengan baik, lho. Akan tetapi, kesalahan merupakan pengalaman terbaik untuk menjadi pribadi yang lebih berkembang.

Jadi, jangan pernah malu hanya karena berbuat kesalahan, ya. Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna, sehingga hal tersebut wajar saja dilakukan. Yang terpenting, hindari melakukan kesalahan untuk kedua kalinya, tapi benahi hal yang satu ini di masa mendatang. Dengan demikian, kelemahan diri pun bisa diatasi, atau bahkan berubah menjadi sebuah kelebihan.

 

#4 – Hindari Terus Mengeluh

Kelemahan diri tidak akan berubah begitu saja ketika kamu sering mengeluh, lho. Memang, ketika mengalami kesulitan – wajar saja seseorang mengeluh, pasti keluhan tersebut akan terlontar begitu saja. Tapi, pastikan kamu tidak melakukannya terlalu sering, sebab ini hanya akan membuat masalah semakin pelik.

Alih-alih mengeluh, ada baiknya terus belajar menutup mulut dari keluhan berkepanjangan tersebut. Jadi, dibandingkan hanya sibuk dengan hal-hal negatif, ada baiknya melakukan kegiatan yang jauh lebih berguna bagi diri sendiri. Melakukan aktivitas yang positif juga bisa bantu mengatasi kelemahan diri, lho.

 

#5 – Bisa Mengikuti Bimbingan

Credit Image - kompasiana.com

Kelemahan diri pun bisa diatasi dengan mengikuti bimbingan. Seperti diketahui, di era modern sekarang ini, sebenarnya ada banyak alternatif yang bisa kamu lakukan, jika ingin menambah skill dalam suatu bidang. Ini bergantung terhadap dirimu sendiri, apakah mau bergerak atau tidak? Ingin mencari tahu – atau tidak? Dan, apakah kamu mau belajar?

Mendalami sebuah bidang, serta meminimalisir kelemahan diri bukan hal yang mudah, namun bukan berarti mustahil. Hal tersebut bergantung pada pilihan masing-masing. Namun, ingatlah bahwa apapun yang dipilih, pasti akan ada konsekuensi yang diterima di kemudian hari.

Namun, dalam proses memperbaiki kelemahan diri, jangan sampai kamu melupakan kondisi kesehatan tubuh, misalnya dengan menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan nutrisi harian – agar kamu memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Untuk memperolehnya, kamu direkomendasikan rutin mengonsumsi multivitamin Enervon Active, nih.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu. Multivitamin tepat untuk menemani rutinitas harian – dan pastinya nyaman di lambung sensitif!

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon Active dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini bisa membuat kamu makin produktif, serta bisa mempertahankan tingkat fokus selama bekerja, ya.

Tak hanya baik untuk menjaga stamina tubuh, namun kombinasi kandungan vitamin di dalam Enervon Active juga ampuh dalam menjaga sistem kekebalan agar tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Manfaat yang satu ini bisa membuatmu tetap aktif, tanpa harus takut mudah jatuh sakit!

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon Active, pastikan kamu membelinya dari official store di Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat di daerahmu.

 

Wah, itulah kelima tips yang dapat membantu memperbaiki kelemahan diri. Lantas, apakah kamu berniat untuk mencobanya?

 

 

Featured Image - do604.com