Pada masa sekolah, anak- anak pasti sering disibukkan dalam menghadapi ulangan. Sebagai orang tua, kamu pasti menginginkan anak memperoleh hasil yang membanggakan, dan kamu pasti ingin mengetahui tips belajar efektif untuk membantu anak mencapai hasil yang baik.

Beberapa tips belajar efektif sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dilakukan. Semuanya tergantung pada komitmenmu sebagai orang tua agar proses belajar bisa benar- benar bermanfaat. Berikut ini tips belajar efektif untuk anak yang bisa kamu terapkan:

1. Teratur

Credit: Kumparan

Kamu pasti ingat ketika masih duduk di bangku sekolah harus belajar hingga larut malam dan menahan rasa ngantuk untuk mempelajari bahan ulangan yang banyak. Jangan biarkan anakmu menanggung beban berat dengan menganjurkan beberapa tips belajar efektif untuk mereka. Selalu ingatkan anak, untuk belajar secara teratur setiap hari beberapa saat sebelum ulangan tiba.

Salah satu alasan mengapa keteraturan merupakan bagian dari tips belajar efektif, karena sesuatu yang dilakukan secara teratur akan menjadi sebuah kebiasaan. Jadi, anak pun tidak akan merasa berat untuk belajar.

2. Hindari menghafal

Credit: Kompasiana

Beberapa metode belajar yang dulu kamu gunakan saat sekolah belum tentu cocok untuk anak- anakmu. Contohnya, seperti menghafal. Kamu tentunya masih ingat ketika ditugaskan untuk menghafalkan perkalian dalam matematika.

Hindari anak untuk menghafal karena mereka belum tentu mengerti tentang materi yang mereka hafalkan, dan akibatnya anak akan mudah melupakan apa yang telah dipelajari. Sebaiknya, dorong anak untuk memahami apa yang sedang mereka baca dan mintalah anak untuk bercerita, atau kamu bisa menggunakan metode tanya jawab.

3. Disiplin

Credit: goodhousekeeping.com

Disiplin merupakan salah satu tips belajar efektif yang paling penting. Disiplin dalam belajar bukan hanya mengenai jam belajar yang tepat waktu, namun juga ketersediaan sarana pendukung seperti buku- buku, meja belajar, alat tulis, dan lain sebagainya.

Selalu periksa dan tanyakan pada anak apakah mereka sudah membawa buku pelajaran sesuai jadwal dan mengerjakan pekerjaan rumah. Dengan begini, kamu telah menunjukkan dukungan pada anak untuk bersikap disiplin dan anak juga tidak akan ragu untuk selalu mengingat serta meniru kamu.

4. Istirahat

Credit: Lifestyle Okezone

Tips belajar efektif selanjutnya adalah beristirahat. Buatlah jadwal bersama anak yang mengatur jam belajar serta waktu beristirahatnya. Biarkan anak melakukan apa yang dia sukai ketika sudah selesai belajar untuk melepas rasa lelah dan mengistirahatkan fisik serta psikisnya selama beberapa saat.

 

Featured Image - goodtoknow.co.uk