Terkadang, saking sibuknya beraktivitas seharian, sering membuat kamu lupa dengan hal- hal kecil yang sebenarnya penting bagi kesehatan. Misalnya, seperti olahraga atau gaya hidup sehat lainnya. Jika kamu sering melupakannya, maka akan membuatmu rentan terkena penyakit, dari infeksi bahkan kronis.

Sebenarnya, menjalankan gaya hidup sehat tidakah sulit. Bahkan, ada beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan hanya dalam 60 detik, dan tidak mengganggu aktivitas kamu. Apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Berdiri dari duduk yang panjang

Credit: Klikdokter

Bekerja di depan komputer seharian tidak hanya membuat mata lelah, tetapi juga bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit lain. Penelitian menunjukkan bahwa orang- orang yang duduk lebih lama di tempat kerja cenderung mengalami tekanan psikologis.

Tidak hanya itu, ditemukan fakta bahwa wanita yang duduk enam jam sehari, memiliki tingkat kematian 34 persen lebih tinggi daripada mereka yang duduk selama tiga jam. Sedangkan, pria yang duduk selama enam jam memiliki tingkat kematian sebanyak 17 persen lebih tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya luangkan waktu satu menit saja untuk bangun dan berjalan- jalan di sekitar mejamu dan lakukan peregangan untuk kesehatan tubuh.

2. Pakai dental floss

Credit: Businessinsider.com

Kamu pernah mendengar kalimat bahwa menyikat gigi saja tidak cukup? Sikat gigi saja terkadang tidak dapat menjangkau kotoran yang menempel di sela- sela gigi yang dapat menjadi penyebab terbentuknya plak serta karang gigi. Gaya hidup sehat yang baik utnuk membuat gigi dan mulut tetap bersih adalah dengan menggunakan dental floss. Penggunaan dental floss ini hanya membutuhkan waktu satu menit saja.

3. Menarik napas dalam- dalam

Credit: Guideposts.org

Gaya hidup sehat yang paling mudah dan murah untuk dilakukan adalah menarik napas dalam- dalam secara perlahan. Kegiatan ini bisa mengurangi kecepatan detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Cara melakukannya hanya dengan mengambil napas dari idung, tahan dan hitung sampai tiga, kemudian hembuskan melalui mulut. Ulangi hal ini sebanyak lima kali, dan kamu akan merasa jauh lebih rileks dibanding sebelumnya.

4. Melakukan plank

Credit: Best Health Magazine

Plank merupakan gerakan olahraga sederhana yang bisa kamu lakukan dalam waktu satu menit saja. Jenis olahraga ini membantu menguatkan otot perut dan punggung sehingga bisa membantumu terhindar dari cedera. Cobalah untuk memulai harimu dengan melakukan plank selama 20 detik di awal latihan dan menambah waktunya di hari berikutnya.

5. Cuci tangan dengan sabun

Credit: Healthline

Mencuci tangan merupakan kebiasaan sehat yang perlu diterapkan setiap harinya, terutama sebelum makan. Mencuci tangan dapat menurunkan risiko seseorang terkena diare hingga 31 persen serta menurunkan risiko flu dan penyakit pernapasan lainnya sebesar 21 persen.

 

Featured Image - Telegraph.co.uk