Olahraga berlari adalah salah satu cara jitu untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran terlebih dahulu, berlari bisa dilakukan di mana saja. Dengan modal sepasang sepatu lari dan keinginan kuat untuk keluar dari kamar kamu yang nyaman, kamu sudah bisa berlari dengan bebas.

Biasanya, untuk memulai memang cukup berat. Tapi, perlu kamu ketahui kalau berlari itu candu, lho. Sekali lari, dan sudah menemukan ritme yang tepat, kamu bisa jadi tidak bisa berhenti! Namun, bukan berarti kamu mesti memaksakan kondisi untuk terus berlari, ya.

Di bahasan kali ini, kamu akan diberitahukan soal lima kesalahan sepele para pelari, yang bisa berakibat fatal. Dilansir dari situs CNN Indonesia, berikut lima kesalahan sepele para pelari tersebut.

Porsi Latihan Lari yang Terlalu Banyak

5 Kesalahan Sepele Para Pelari yang Bisa Berakibat Fatal! credit: 3elementslifestyle.com

Pastikan tidak lebih dari tiga kali dalam seminggu dulu, ya. Tiga kali dalam seminggu pun sebenarnya sudah bisa membuat kamu keletihan, kalau tidak dibantu dengan suplemen atau multivitamin yang mengandung vitamin c yang cukup utnuk tubuh.

Oleh karena itu, pastikan jangan terlalu banyak porsi latihan kamu, ya. Cukup tiga kali seminggu, atau dua kali dalam seminggu. Terlalu bernafsu terkadang akan menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan seperti cidera lutut atau cidera bagian tubuh yang lainnya.

Tidak Adanya Waktu Untuk Beristirahat

5 Kesalahan Sepele Para Pelari yang Bisa Berakibat Fatal! credit: runningmagazine.ca

Terkait dengan jadwal pekerjaan atau rutinitas yang padat – pastikan kamu juga mempunyai waktu untuk beristirahat dari jadwal olahraganya. Biasanya, orang yang latihan lari karena ingin menurunkan berat badannya berpikiran bahwa ia mesti berlari terus untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Sayangnya hal tersebut tidak tepat. Walau berolahraga adalah hal baik, namun beristirahat dari aktivitas tersebut juga diperlukan tubuh lho. Apalagi, waktu yang kamu gunakan untuk beraktivitas itu tidak didukung dengan makanan bernutrisi dan multivitamin atau suplemen vitamin c. Tentu tubuh kamu akan mengalami gangguan.

Tidak Menggunakan Peralatan yang Semestinya

5 Kesalahan Sepele Para Pelari yang Bisa Berakibat Fatal! credit: videoblocks.com

Cidera lutut atau cidera angkle adalah dua cidera yang biasanya mengantui para pelari jika tidak menggunakan sepatu yang seharusnya. Sepatu untuk lari biasanya dikhususkan karena mempunyai teknologinya sendiri.

Jadi, jika sepatu untuk bekerja atau menjalani rutinitas lain malah kamu gunakan untuk latihan lari, wah siap-siap cidera lho!

Tidak Merasakan Sakit

5 Kesalahan Sepele Para Pelari yang Bisa Berakibat Fatal! credit: self.com

Ini sepele, namun tentu akan fatal jika sudah parah. Biasanya, para pelari menghiraukan rasa sakit di kaki, pergelangan kaki, paha, pangkal paha, pinggul, pinggang bahkan punggung. Mungkin salah satu dari mereka ada yang merasakan sakit tersebut tapi memang tidak ada indikasi apa-apa.

Padahal rasa sakit sehabis berlolahraga, apalagi lari – tentunya mengarah ke hal-hal yang salah atau kurang tepat saat kamu latihan lari sebelumnya. Oleh karena itu, jika kamu merasakan ada hal yang salah sehabis berlari, pastikan cek ke dokter, ya!

Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

5 Kesalahan Sepele Para Pelari yang Bisa Berakibat Fatal! credit: ap10.com.au

Pelari pemula tentu akan membandingkan dirinya dengan mereka sudah terlebih dahulu berlari. Sayangnya hal ini adalah sebuah kesalahan yang fatal. Dari hal ini, kamu bisa mengalami empat kesalahan di atas, lho.

Sudah cukup jelas lima kesalahan sepele yang bisa berakibat fatal untuk pelari? Kalau kamu mengalami salah satunya, cepat-cepat lakukan tindakan preventif ya. Agar tujuan kamu dalam berolahraga, khususnya berlari, bisa jadi kenyataan!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image - runtastic.com