Diketahui, senam lantai atau yang juga sering disebut sebagai gimnastik merupakan jenis olahraga yang biasanya sudah diperkenalkan sejak sekolah dasar – bahkan, masih dilakukan sampai sekolah menengah ke atas. Tentunya, kamu pernah melakukan aktivitas fisik yang satu ini, kan?

Dalam melakukan senam lantai diperlukan banyak kekuatan, keseimbangan, koordinasi, kelincahan, dan juga kesadaran tubuh untuk mengikuti berbagai gerakan. Dengan rajin senam lantai, setidaknya ada 5 manfaat baik yang bisa diperoleh.

Apa saja manfaat dari senam lantai tersebut? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

#1 – Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Credit Image - fungsi.co.id

Manfaat pertama dari senam lantai, yakni dapat membantu meningkatkan kelenturan tubuhmu, lho. Apabila tubuh sudah lentur – dan juga mudah bergerak mengikuti senam tersebut, maka tubuh juga akan jauh dari risiko cedera.

Mempelajari gerakan senam dengan benar – dan berlatih rutin membuat tubuhm lebih lentur. Selain itu, hal tersebut juga akan membuat tubuh lebih fleksibel, sehingga terhindar dari risiko cedera, nyeri, atau gampang kelelahan.

 

#2 – Mengurangi Risiko Penyakit Tertentu

Senam lantai membakar kalori dan menjaga kesehatan jantung serta paru. Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar dengan berolahraga dapat membantu kamu menurunkan risiko terkena penyakit serius seperti asma, kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

Lalu, secara tidak langsung, senam lantai akan membantumu dalam menerapkan gaya hidup sehat. Karena, untuk meraih manfaat olahraga secara maksimal, setiap individu memang disarankan mengimbanginya dengan asupan makanan bergizi juga secara teratur.

 

#3 – Membuat Tulang Kuat dan Sehat

Credit Image - liputan6.com

Berikutnya, senam lantai juga dapat melatih kekuatan otot inti tubuh untuk menahan tubuhmu sendiri. Jenis latihan tersebut termasuk baik untuk menjaga kesehatan, sekaligus kekuatan tulang. Kalau ingin memperoleh manfaat yang satu ini, sebaiknya segera mulai rutin senam lantai sedini mungkin, ya.

Misalnya, bisa dimulai sejak remaja, karena di masa tersebut kepadatan tulang seseorang sedang terbentuk hingga kapasitas maksimalnya. Dengan membangun tulang yang kuat dan sehat sejak usia muda, maka hal ini bisa membantu mengurangi risiko osteoporosis di hari tua.

 

#4 – Otot Semakin Kuat

Manfaat selanjutnya yang bisa kamu peroleh dari rutin melakukan senam lantai, yaitu otot tubuh pun akan semakin kuat. Diketahui, gerakan senam ini melibatkan hampir seluruh otot tubuh, mulai dari kaki, lengan, otot dada, sampai tulang belakang. Intinya, hampir seluruh bagian tubuh akan ikut bergerak. Benar, kan?

Selain itu, berbagai gerakan senam lantai pun akan turut melatih otot bagian belakang, seperti betis. Namun, manfaat yang satu ini bakal semakin terasa selama kamu menahan beban tubuh di satu posisi dalam waktu yang cukup lama.

 

#5 – Mencukupi Kebutuhan Olahraga Harian

Credit Image - orami.co.id

The American Heart Association merekomendasikan anak-anak untuk olahraga atau beraktivitas fisik selama 60 menit per hari. Sedangkan orang dewasa atau yang berusia 18 tahun ke atas harus berolahraga selama 30 menit sehari, dan sebanyak 5 hari dalam satu minggu.

Melakukan olahraga memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh jangka panjang. Selain itu, cara ini pun bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, lho. Untuk itu, disarankan melakukan olahraga dengan durasi yang direkomendasikan di atas.

Namun, kalau kamu tidak suka keringatan dan lebih memilih untuk menghabiskan waktu di rumah sendiri, rutin senam lantai bisa jadi alternatif yang baik untuk tetap mencukupi kebutuhan aktivitas fisik harian.

Senam lantai bisa menjadi salah satu alternatif olahraga yang memiliki banyak manfaat baik. Pastinya, kamu ingin kondisi tubuh tetap prima hingga tua nanti, kan? Nah, biar makin maksimal, pastikan juga kamu sudah memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Kebutuhan kedua nutrisi tersebut bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon Active, lho.

Multivitamin Enervon-C memiliki kandungan lengkap, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat, ya!

 

Nah, itulah kelima manfaat baik dari rutin melakukan senam lantai. Apakah kamu tertarik untuk melakukan olahraga yang satu ini?

 

 

Featured Image – gramedia.com