Setelah kehadiran varian delta, saat ini muncul kembali mutasi lain yang dianggap lebih membahayakan – yaitu penyebaran varian Omicron. Meskipun varian ini belum masuk ke Indonesia, sebagai ibu – moms harus tetap waspada agar virus ini tidak menyerang anak-anak nantinya.

WHO – atau world health organization mengatakan bahwa gelaja Omicron telah ditemukan pada anak usia 6 tahun di Afrika dengan menjaga kesehatannya.

Di bawah ini telah dirangkumkan beberapa cara yang bisa dilakukan oleh moms agar anak dapat terjaga kesehatannya dan terbebas dari varian Omicron. Yuk, simak tips selengkapnya di bawah ini!

 

 

Menjaga Protokol Kesehatan dengan Ketat

Credit Image - okezone.com

Setelah hampir dua tahun menjalani pandemi, tentunya anak sudah mulai terasa bosan dan suntuk karena terus berada di rumah. Namun di sisi lain, berpergian keluar rumah juga tetap berisiko untuk tertular varian Omicron.

Agar kesehatan anak tetap terjaga, penting untuk moms selalu memastikan si kecil untuk menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan, serta membersihkan diri setelah keluar rumah.

Selain itu, agar anak juga tetap dapat merasa aman di rumah, pastikan kepada seluruh anggota keluarga yang berada di rumah untuk selalu mandi setelah keluar rumah. Hal ini dilakukan agar virus serta bakteri yang menempel pada tubuh tidak menempel di badan dan berisiko untuk menularkan pada si kecil.

 

Pastikan Orang Tua untuk Mendapatkan Vaksinasi Segera

Mengingat penyebaran varian Omicron lebih cepat dari varian Delta, Menteri Sri Mulyani berharap vaksinasi dapat segera menjadi bekal bagi seluruh masyarakat untuk menghadapi varian Omicron. Bagi para orangtua, maka segerakanlah untuk melakukan vaksinasi.

Vaksinasi tidak hanya untuk melindungi dirimu untuk terhindar dari virus corona dengan mutasi variannya, namun juga dapat melindungi orang-orang yang ada di sekitar – termasuk si kecil. Jika kamu belum melakukan vaksinasi, segeralah mengambil tindakan untuk bisa melindungi diri dengan melakukan vaksinasi.

 

Membatasi Pergaulan Anak

Credit Image - klikdokter.com

Membatasi pergaulan anak dapat dilakukan agar si kecil lebih terhindar dari varian Omicron. Hal ini memang sulit untuk dilakukan, namun hal ini juga dapat dilakukan agar anak dapat sadar dengan keadaan yang juga mengancam.

Agar anak tidak memberontak karena pembatasan ini, maka lakukanlah komunikasi secara jelas terlebih dahulu agar anak mengerti tujuan orang tua untuk membatasi pergaulan sementara waktu. Untuk pengalihannya, moms dapat mengajak si kecil untuk lebih sering melakukan aktivitas yang menarik di rumah.

 

Peka Terhadap Kondisi Anak

Varian Omicron yang terpapar pada si kecil akan cenderung lebih ringan dibandingkan varian-varian virus Corona yang lain. Hal ini disampaikan sendiri oleh Ketua UKK Infeksi & Penyakit Tropis Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Dr dr Anggraini Alam, SpA(K). Gejala Omicron pada anak hanya sebatas anak terlihat kelelahan dan flu biasa. Untuk itu, moms harus lebih peka terhadap kondisi si kecil.

Moms tentunya harus meningkatkan tingkat kewaspadaan pada anak terhadap gejala-gejala yang dihadapinya. Berikanlah perhatian khusus pada anak dan perhatikan selalu apa yang sedang dirasakan oleh anak. Jika sudah muncul gejalanya, jangan lupa untuk segera melakukan tes ke laboratorium terdekat dan jangan menundanya, ya!

 

Menjaga Asupan Gizi Anak

Credit Image - id.theasianparent.com

Selama pandemi, semua masyarakat – tanpa terkecuali, diminta untuk lebih menjaga kesehatan dari sebelumnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memerangi virus, karena hal yang dikonsumsi anak juga memiliki pengaruh terhadap ketahanan daya tahan tubuhnya. 

Tidak hanya itu, sebisa mungkin orangtua menuntun anak untuk tidak jajan sembarangan sebagai upaya menghindari adanya varian Omicron. Kondisi tubuh anak memang dianggap lebih rentan dan memiliki peluang yang cukup tinggi untuk terkena virus. Agar tetap terhindarnya dari varian Omicron, pastikan moms tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi makanan yang dikonsumsinya. 

Menjaga asupan gizi anak bisa membantu menjaga kesehatan kekebalan tubuh. Namun, agar imunitas makin maksimal, berikan asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup.

Multivitamin andalanmu ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Vitamin yang terkandung dalam Enervon-C Plus Sirup bisa membantu menjaga imun tubuh anak, membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya, serta memelihara kesehatan anak selama masa pertumbuhan. Pastikan moms selama pandemi memberinya asupan vitamin yang cukup agar kekebalan imun tubuhnya tetap terjaga, ya!

 

Jadi, itulah kelima tips menghindari Si Kecil dari paparan virus corona varian Omicron. Diterapkan, yuk, moms!

 

 

Featured Image – bobobox.co.id

Source – popmama.com