Selain menerapkan jaga jarak fisik serta langkah pencegahan makin harus diperketat, apalagi banyaknya varian virus terbaru, termasuk Omicron.

Dengan masuknya varian Omicron ke Indonesia, hal ini juga menjadi pengingat untuk tetap waspada, segera memperoleh vaksinasi, dan mematuhi penerapan protokol kesehatan. Selain itu, yang juga tak boleh dilewatkan, yaitu menghindari menyentuh bagian-bagian tertentu sebelum mencuci tangan.

Perlu diketahui bahwa virus mampu bertahan di permukaan kulit manusia sekitar 9-11 jam, sehingga mencuci tangan menjadi hal yang esensial. Lantas, apa saja bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh sebelum membersihkan tangan?

Berikut ini 3 di antaranya.

 

 

Rambut

Credit Image - allthingshair.com

Yang pertama, rambut menjadi bagian tubuh yang sebaiknya tidak dipegang – atau disentuh sebelum kamu membersihkan tangan. Tak bisa dipungkiri, menyentuh rambut kerap menjadi kebiasaan bagi sebagian besar individu.

Tapi sayangnya, kebiasaan tersebut bisa mendatangkan dampak buruk, yakni menjadi media penyebaran virus. Untuk itu, sebisa mungkin tidak menyentuh bagian tersebut sebelum mencuci tangan – atau memakai hand sanitizer agar tidak mudah tertular penyakit.

 

Mata

Credit Image - fin.co.id

Selama pandemi Covid-19, masyarakat dianjurkan untuk tidak menyentuh bagian mata, mulut, dan hidung dengan tangan yang kotor. Bukan tanpa alasan, hal ini direkomendasikan untuk menghindari risiko terinfeksi virus. Sebab, ketika tangan yang kotor dan sudah terkontaminasi virus menyentuh mata, maka virus tersebut akan menyerang ke konjungtiva – yang akhirnya terjadi konjungtivitis.

Perlu diketahui, mata dan sistem pernapasan terhubung melalui sebuah saluran. Jadi, apapun yang masuk melalui mata – akan masuk juga ke dalam pernapasan. seperti, kalau menangis kadang menjadi ingus, hal ini disebabkan karena adanya saluran tersebut.

Jadi, bisa saja Covid-19 yang masuk melalui mata akan ikut masuk ke dalam hidung. Nantinya, jika sudah sampai hidung, bisa saja virus masuk lebih dalam lagi, bahkan kalau penularan terjadi lewat mata – ada kemungkinan pasien mengalami pneumonia.

Meski demikian, diakui bahwa penularan melalui mata relatif lebih jarang terjadi. Sementara, yang lebih sering ditemukan, yaitu seseorang yang mengalami keluhan pada bagian mata setelah terinfeksi Covid-19. Umumnya, mata pasien akan memerah, kemudian ada rasa sakit yang disertai bengkak, nyeri, dan muncul kotoran pada bagian mata.

 

Hidung dan Mulut

Credit Image - bbc.com

Seperti yang sudah disebutkan, menyentuh bagian wajah, termasuk hidung dan mulut dengan tangan kotor sangat tidak dianjurkan. Kedua area tersebut merupakan tempat paling sensitif dan bisa menjadi jalan masuknya virus ke dalam tubuh.

Untuk itu, sebelum menyentuh hidung dan mulut, mencuci tangan menjadi langkah yang sangat penting. Diketahui WHO dan CDC juga pernah mengatakan bahwa Covid-19 lebih mudah menular ketika kamu sering menyentuh wajah menggunakan tangan yang kotor.

Mencuci tangan memang penting guna menjaga kebersihan diri secara maksimal. Namun, imbangi pula dengan protokol kesehatan lainnya, seperti memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan juga ikut diterapkan.

Kemudian, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan tubuh, dengan menerapkan gaya hidup sehat – dimulai dari menjalani pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, dan istirahat cukup yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh tetap optimal.

Dan, tentunya kamu dianjurkan rutin mengonsumsi suplemen Vitamin C – yang berfungsi mempertahankan imun tubuh, sehingga risiko terserang virus corona dapat diminimalisir.

Untuk suplemen Vitamin C, kamu direkomendasikan minum Enervon-C yang punya kandungan lengkap, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg dan dapat berikan perlindungan ekstra.

Bagimu yang punya aktivitas padat, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk bantu menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah – dan tentunya, dapat bantu mengoptimalkan sistem imun.

 

Nah, itulah ketiga bagian tubuh yang sebaiknya tidak disentuh ketika tanganmu dalam keadaan kotor. Selama pandemi, pastikan sudah menerapkan beragam langkah pencegahan penularan virus, termasuk menghindari memegang wajah sebelum mencuci tangan.

 

 

Featured Image – gooddoctor.co.id

Source – cnnindonesia.com