Setiap orang pasti tidak suka untuk dikekang dan dipaksa, apalagi untuk melakukan hal yang tidak diinginkan, termasuk diperlakukan demikian oleh orangtua sendiri. Tapi nyatanya, masih banyak generasi muda yang mengeluh akan peraturan yang dibuat orangtua – kondisi ini juga disebut sebagai strict parents.

Biasanya, strict parents memiliki peraturan ketat serta kerap menuntut berbagai hal dengan standar tinggi kepada anak-anaknya. Bagi sebagian orang, pola asuh ini menyebabkan rasa tertekan, pasalnya harus selalu mengikuti keinginan orangtua.

Strict parent pun punya sejumlah ciri-ciri, seperti sering memberi hukuman fisik, selalu menuntut dan mengontrol anak, hingga susah mempercayai sang buah hati. Kalau terjebak dalam keadaan ini, apa yang bisa dilakukan?

Berikut ini 5 tips menghadapi strict parents yang wajib diketahui. Yuk, simak selengkapnya sampai habis!

 

 

1. Tetap Berperilaku Baik

Credit Image - klikdokter.com

Berperilaku baik memang harus dilakukan oleh siapa saja. Namun, dalam kasus ini, kamu harus menunjukkan perilaku yang baik di depan orangtuamu agar tidak semakin dikekang. Memang, hal ini susah dilakukan, mengingat kamu kerap merasa kesal akan perlakuan tersebut. Tapi, tetap usahakan menjaga perilaku, ya.

Selain itu, kamu juga dapat memberikan pandangan – maupun pikiran yang positif mengenai orangtuamu, misalnya mereka bersikap demikian demi kebaikan anaknya. Atau, kamu juga bisa memberikan masukan, karena mungkin saja orangtua berubah pikiran.

 

2. Mendekatkan Diri Dengan Orangtua

Mengambil hati strict parents terkadang cukup sulit untuk dilakukan. Mereka cenderung memiliki keteguhan yang tinggi terhadap apa yang telah diputuskan dan ditetapkan kepada anak-anaknya. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meluluhan hati mereka adalah dengan lebih mendekatkan diri.

Terbukalah pada apapun masalah yang terjadi. Ceritakan hal-hal yang menarik tentang dirimu dan keinginan-keinginan yang ingin kamu capai. Dengan pendekatan yang lembut, maka bisa saja membuka pemikiran strict parents bahwa anak juga memiliki cita-citanya sendiri.

 

3. Terima Orang Tua Apa Adanya

Credit Image - tirto.id

Tentu ada beberapa alasan yang membuat orangtua menjadi strict parents. Kamu tidak bisa mengubah prinsip atau pemikiran mereka. Semakin mencoba mengubahnya, kamu hanya akan lelah secara fisik dan emosional.

Maka dari itu, berdamailah dengan keadaan dan cobalah untuk berfikir positif bahwa pasti akan ada hal baik di baliknya. Pikiran yang positif juga dapat membantumu lebih menerima keadaan – dan tak merasa semakin tertekan.

 

4. Percaya pada Diri Sendiri

Jika pendapat orangtua dan impianmu bertentangan, maka jangan menyerah begitu saja. Keajaiban itu nyata. Kamu bisa menunjukkan hal-hal kecil yang telah kamu capai dan berkaitan dengan impianmu. Hasil dari suatu perbuatan adalah bukti nyata seseorang itu bersungguh-sungguh.

Selalu tunjukkan pada mereka dan percaya bahwa suatu saat, kamu pasti bisa mewujudkan impianmu dan keputusan itu adalah yang terbaik. Jadi, jika memiliki strict parents pastikan kamu tetap percaya terhadap dirimu sendiri.

 

5. Tetap Bersabar

Credit Image - parenting.co.id

Bersabar memang tidak bisa mengatasi masalah ini secara langsung. Namun, saat ini kamu mungkin harus bersabar terlebih dahulu untuk menunggu waktu yang tepat melepaskan secara perlahan aturan ketat yang diterapkan orangtua. Sampai pada akhirnya, kamu bisa dewasa dengan menjadi diri sendiri. 

Ingatlah, menerapkan gaya asuh strict parents hanya bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan mental anak. Untuk itu, orangtua sebaiknya hindari gaya pengasuhan yang satu ini, ya.

Untuk menjaga kesehatan sekaligus tumbuh kembang anak, kamu perlu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berikan buah dan sayuran untuk mencukupi nutrisi, termasuk vitamin.

Sebagai pelengkap, moms juga dapat berikan multivitamin dengan kandungan lengkap untuk si kecil. Kamu direkomendasikan untuk memberikan Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak, lho. Selain itu, Enervon-C Plus Sirup juga dapat bantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuat anak tetap aktif di masa pertumbuhannya, meningkatkan nafsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, itulah kelima tips menghadapi strict parents yang dapat dilakukan. Jika kamu terjebak dalam situasi ini, jangan sampai putus asa, ya! Ingatlah bahwa dirimu bisa menghadapinya – dan meraih apapun yang diinginkan.

 

 

Featured Image – parenting.co.id