Selain orang dewasa dan lansia, kini anak-anak dengan usia mulai dari 6 tahun juga sudah boleh memperoleh vaksinasi Covid-19. Hal tersebut bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok – atau herd immunity yang dapat membantu mengatasi pandemi virus corona.

Jika anak sudah mendapatkan vaksin, pastikan orangtua terus memeriksa sertifikat secara berkala. Pasalnya, sertifikat vaksin sering dijadikan sebagai salah satu syarat untuk mengunjungi tempat umum maupun syarat bepergian.

Lantas, bagaimana cara mengecek sertifikat vaksin anak? Berikut informasi lengkapnya!

 

 

Vaksinasi Covid-19 Dilakukan Secara Bertahap

Credit Image - nasional.kompas.com

Sebelum memasuki informasi mengenai sertifikat vaksin anak, perlu diketahui dahulu syarat vaksin untuk anak-anak usia 6-11 tahun. Dikutip dari laman resmi Satgas Covid-19, pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara bertahap.

Tahapan pertama vaksin dilakukan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Untuk jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac dan sudah memiliki izin Emergency Use Authorization (EUA). Dosis vaksin yang diberikan hanya 0,5 mili dan akan dilakukan sebanyak dua kali dengan jarak penyuntikan minimal 28 hari.

Selain itu, anak-anak yang akan divaksinasi wajib membawa KK (kartu keluarga) atau dokumen yang mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) anak. Apabila sudah memenuhi kriteria tersebut, anak bisa langsung didaftarkan program vaksinasi di unit kesehatan daerah masing-masing dan nantinya akan diinput ke dalam data PeduliLindungi.
 

Cara Memeriksa Sertifikat Vaksin Anak Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Saat ini, terdapat dua langkah yang bisa dilakukan untuk mengecek dan mengunduh sertifikat vaksin Covid-19 anak. Yang pertama melalui aplikasi PeduliLindungi – dan bisa dilakukan dengan langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi PeduliLindungi di Play Store (Android) atau App Store (iOS).
  2. Masukkan nama anak dan nomor HP orang tua.
  3. Masukkan pula kode OTP yang dikirimkan via SMS. Hati-hati, pastikan tidak memberikan kode OTP ini kepada orang lain.
  4. Setelah berhasil login, klik menu "Sertifikat Vaksin".
  5. Bila sudah melakukan vaksinasi, sertifikat tahap pertama dan kedua akan otomatis muncul di tampilan halaman.
  6. Silakan unduh sertifikat vaksin yang tersedia di bagian kanan bawah.
     

Sertifikat Vaksin Juga Bisa Dicek Via Website

Credit Image - dinkes.kalbarprov.go.id

Kemudian, cara lainnya yang bisa dilakukan untuk memeriksa sertifikat vaksin anak, yaitu melalui website PeduliLindungi. Berikut ini sejumlah langkahnya.

  1. Kunjungi website https://pedulilindungi.id/.
  2. Setelah masuk, pilih opsi "Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi".
  3. Setelah diklik, akan muncul pemberitahuan untuk memasukkan nomor HP yang didaftarkan.
  4. Silakan memasukkan nomor telepon orangtua/wali yang telah didaftarkan sebelumnya.
  5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan via SMS. Hati-hati, pastikan untuk tidak memberikan kode ini kepada orang lain.
  6. Setelah berhasil, klik menu "Sertifikat Vaksin" yang berada di samping kiri.
  7. Bila sudah melakukan vaksinasi, akan muncul sertifikat tahap pertama dan kedua.
    Silakan unduh sertifikat vaksin.

 

Tetap Jalani Prokes dan Jaga Imunitas Setelah Vaksin

Meskipun anak-anak sudah bisa memperoleh vaksinasi, penerapan protokol kesehatan masih harus dilakukan. Dalam hal ini, orangtua dianjurkan mengajak anak untuk memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan.

Selain menerapkan protokol kesehatan – dan juga menjalani gaya hidup sehat, seperti memiliki pola makan bergizi seimbang, rutin berolahraga, miliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas, serta kelola stres dengan baik – usai vaksin anak juga masih harus mendapat asupan suplemen.

Adapun suplemen yang baik dikonsumsi, yaitu suplemen jenis imunomodulator. Ini merupakan jenis suplemen yang dapat membantu meningkatkan pembentukan sistem imun, atau menahan laju pembentukan sistem imun ketika tubuh merasa sudah terbentuk sistem imun dalam jumlah cukup.

Untuk anak, orangtua dianjurkan memberi asupan multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti  Enervon-C Plus Sirup. Multivitamin andalan ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D – multivitamin anak andalan ini bisa bantu penuhi nutrisi selama masa pertumbuhan anak, sekaligus jaga imunitasnya.

 

Itulah informasi mengenai cara mengecek sertifikat vaksin anak, baik dari website maupun aplikasi PeduliLindungi.

 

 

Featured Image – rukita.co

Source – detik.com