Di masa pandemi, menjaga kekebalan tubuh merupakan tugas utama yang tidak boleh dilupakan. Hal ini pun wajib diterapkan bahkan sesudah vaksinasi sekalipun. Sudah satu tahun belakangan pemerintah tengah menggencarkan program vaksin Covid-19. Langkah tersebut dilakukan demi membentuk kekebalan kelompok – yang bisa membantu menghentikan pandemi.

Memang, sebelum mendapat vaksin, menjaga imunitas harus dilakukan untuk mempersiapkan diri sekaligus mengurangi kemungkinan munculnya efek samping dari vaksin yang diberikan. Tapi, hal tersebut juga harus diterapkan setelah mendapat vaksin.

Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas setelah vaksin? Berikut ini ulasan lengkapnya.

 

 

Tetap Menjalani Prokes

Credit Image - sehatq.com

Tetap taat protokol kesehatan saat di luar rumah untuk meminimalkan risiko penularan. Kementerian Kesehatan RI mengimbau masyarakat untuk menerapkan protokol kesesehatan 5M, yaitu:

  • Memakai masker
  • Menjaga jarak
  • Mencuci tangan
  • Menghindari kerumunan
  • Mengurangi mobilitas

Lima langkah pencegahan ini menjadi salah satu cara utama perlindungan dari luar tubuh terhadap penularan Covid-19. Sebisa mungkin tetap berada di rumah, untuk menghindari mobilitas. Bila memang pekerjaan mengharuskan kamu ke luar rumah, jangan lupa untuk mengenakan masker ganda, terutama ketika berada di dalam ruangan tertutup.

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat sebagai cara menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19. UNICEF merekomendasikan, tidur berkualitas tujuh sampai delapan jam setiap malamnya membantu respons imun tubuh membangun perlindungan dan mekanisme pertahanan tubuh.

 

Konsumsi Makanan Bergizi

Sesuai dengan saran UNICEF, selalu mengonsumsi makanan bernutrisi dalam menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19. Usahakan memasak makanan yang higienis dan sehat di rumah, seperti beragam sayuran, lengkap dengan protein nabati dan hewani, serta konsumsi aneka buah-buahan.

Dengan mengonsumsi beragam nutrisi, imun mendapatkan kekuatan untuk membangun benteng dan membentuk perlindungan tubuh terhadap penyakit. Jadi, tetaplah menjalankan diet sehat seperti biasanya dengan menu-menu yang beragam, ya!

 

Istirahat yang Cukup

Credit Image - klikdokter.com

Kurang tidur terus-menerus dapat menyebabkan penurunan imun tubuh, sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi penyakit. Karena tak ada waktu yang cukup bagi imun untuk membentuk garda pertahanan tubuh.

 Meskipun kamu bekerja dari rumah, beri jeda tubuh untuk istirahat. Ingatlah untuk jangan terlalu lelah bekerja, karena hanya kamu masih harus diri sendiri dan keluarga dari penyakit di tengah pandemi ini. Jadi, tidurlah yang cukup untuk mencegah penularan Covid-19.

 

Rutin Berolahraga

Bukan rahasia lagi bahwa olahraga dapat menyehatkan, sekaligus menjaga daya tahan tubuh setelah vaksin Covid 19. Menurut Medline Plus, olahraga teratur membantu sel darah putih untuk melawan infeksi penyakit, sebagai salah satu bentuk pertahanan tubuh.

Di samping menyehatkan tubuh secara fisik, olahraga menjaga kesehatan mental karena membantu mengurangi hormon stres dan mendukung suasana hati. Cukup berolahraga setidaknya 30 menit dalam satu hari. Lakukan olahraga yang kamu sukai, misalnya jalan pagi, yoga, bersepeda, zumba di rumah, atau lainnya.

 

Minum Suplemen Penguat Imunitas Tubuh

Credit Image - timesindonesia.co.id

Konsumsi suplemen daya tahan tubuh setiap hari, salah satu upaya untuk menjaga daya tahan tubuh setelah memperoleh vaksin Covid-19. Beberapa vitamin yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin B kompleks, C, dan Zinc.

Menurut penelitian dalam Frontiers in Nutrition Journal, mengatakan bahwa multivitamin dapat menurunkan risiko pengembangan gejala yang parah akibat infeksi virus, lho. Lantas, apa multivitamin yang direkomendasikan untuk dikonsumsi? Kamu bisa mengonsumsi multivitamin Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya, ya.

Multivitamin Enervon-C memiliki berbagai kandungan, yaitu Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat ini dapat membantumu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Nah, kamu bisa minum Enervon-C Effervescent — dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk berikan perlindungan ekstra dan sensasi rasa segar sepanjang hari.

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Untuk mendapatkan produk multivitamin Enervon yang asli, pastikan untuk membelinya dari official store yang terdapat di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan BukaLapak. Atau kunjungi drug store dan apotek terdekat.

 

Jadi, sekarang kamu sudah mengetahui beragam tips untuk menjaga imunitas setelah vaksinasi Covid-19. Pastikan kamu menerapkannya secara disiplin, ya!

 

 

Featured Image – cisdi.org

Source – naturalfarm.id