Untukmu yang sudah berkecimpung di dunia kerja, kata PIC – alias person in charge pasti sudah tidak lagi asing terdengar. Jangan salah, istilah yang satu ini wajib diketahui setiap pekerjan, lho. Pasalnya, PIC punya peranan penting dalam tim, sehingga mampu menjalankan suatu kegiaan tertentu.

PIC pun memiliki tanggung jawab serta diharuskan diandalkan dalam sebuah tim?

Tanpa perlu berlama-lama, yuk, cari tahu jawaban lengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa Itu PIC?

Credit Image - elearn.id

Apakah kamu masih suka bingung dengan apa itu PIC? Dilansir dari Law Insider, PIC adalah seseorang yang bertanggung jawab atas jalannya suatu event, proyek, atau tugas tertentu dalam kantor. Biasanya, seorang manajer – atau kepala divisi bakal menunjuk salah satu anggota timnya untuk menjalani tugas tersebut.

Nantinya, tugas yang diberikan pun bermacam-macam, tergantung kebutuhan dari masing-masing tim. Seorang PIC ada yang diberikan tanggung jawab untuk mengatasi tugas yang bersifat jangka panjang dan juga jangka pendek.

Selama menjadi seorang PIC, maka ia harus membuat laporan yang akan diberikan kepada manajer dalam kurun waktu tertentu. Namun, PIC pun tetap dapat berkoordinasi dengan manajer jika ada hal-hal yang tidak terlalu dipahami.

Contoh sederhananya, tim marketing sedang ada dua event dan masing-masing harus ditangani oleh satu orang. Kepala divide marketing dapat menunjuk dua orang dari timnya untuk menjadi PIC dari masing-masing event tersebut. Dan, orang yang ditunjuk PIC sepenuhnya bertanggung jawab atas berjalannya kegiatan ini.

 

Tugas dan Tanggung Jawab PIC

Credit Image - blog.ekrutes.id

Kalau kamu sudah mengetahui apa itu PIC, kini, kamu harus mengetahui tugas dan juga hal-hal lainnya yang menjadi tanggung jawabnya.

Secara umum, tugas dari seorang PIC adalah bertanggung jawab secara keseluruhan atas event atau tugas yang telah disebutkan oleh seorang manajer atau kepala divisi. Ia harus memantau perkembangan tugas tersebut, memberikan laporan kepada kepala divisi, serta menanggapi pertanyaan-pertanyaan yang datang terkait tugas tersebut.

Sudah pasti, seorang PIC harus menjadi seseorang yang bertanggung atas suatu tugas sampai tuntas. Jadi, selama ia masih ditunjuk sebagai PIC dalam satu tugas, ia harus menjalankannya dengan maksimal.

Berkaitan dengan kinerja selama menjadi PIC – yang disebut akan memengaruhi performa kerja secara umum, secara tak langsung, atasan memang akan melihat performa kamu dalam menangani suatu tugas tertentu.

Jika bagus, otomatis kamu akan mendapatkan nilai tambah di mata manajer. Kendati demikian, apabila kamu tidak maksimal dalam menjalankannya, otomatis rasa kepercayaan manajer terhadap dirimu akan berkurang. Sebab, sebelumnya ia percaya bahwa kamu bisa menangani suatu tugas tertentu.

Ini tentu akan berbahaya untuk kariermu ke depannya. Untuk itu, jangan menganggap remeh apabila kamu ditunjuk sebagai PIC, ya!

 

Apa Saja Kemampuan yang Perlu Dimiliki Sosok PIC?

Credit Image - kanya.id

Mengingat tugas dan tanggung jawab dari seorang PIC cukup berat, tentunya kamu harus mempunyai beberapa skill yang hampir mirip dengan seorang manajer. Pasalnya, PIC adalah seseorang yang bertanggung jawab atas suatu tugas dan juga bertanggung jawab atas rekan kerja yang terlibat dalam tugas tersebut.

Adapun beberapa kemampuan yang dibutuhkan seorang PIC, yaitu:

1. Komunikasi

Salah satu skill yang penting untuk dimiliki seorang PIC adalah komunikasi.  Sebab, dilansir dari Corporate Finance Institute, seseorang dengan skill komunikasi yang bagus dapat menyampaikan informasi dengan jelas kepada orang lain.

PIC akan terus melakukan komunikasi dengan orang lain, baik rekan kerja, atau bahkan orang di luar kantor ketika menangani suatu pekerjaan. Untuk itu, jika kemampuan komunikasinya buruk, otomatis ia tidak dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal.

 

2. Problem solving

Dalam menjalankan tugas, PIC sudah pasti akan dihadapkan berbagai masalah di dalamnya. Oleh karena itu, penting untuk memiliki skill problem solving yang tinggi supaya dapat menangani masalah dengan baik.

 

3. Interpersonal

Saat berinteraksi dengan rekan kerja yang lain, PIC harus mempunyai hubungan yang baik ke semua orang di dalamnya. Nah, kemampuan interpersonal adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang PIC, lho.

Dengan begitu, hal ini akan memudahkannya dalam berinteraksi dengan mudah dan orang lain akan merasa nyaman.

Nah, selain memiliki sejumlah kemampuan tertentu, seorang PIC juga harus menjaga stamina – dan energinya ketika sedang melakukan tugas tersebut, lho. Kalau energi sudah terjaga, maka seluruh pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik, kan?

Biar stamina dan energi terjaga, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Sekarang kamu sudah tak lagi bingung dengan apa itu PIC – serta tugas yang dilakukannya, kan? Jika kamu berkesempatan mengemban tugas tersebut, pastikan dilakukan secara maksimal, ya!

 

 

Featured Image – ilmusisteminfo.com