Tahukah kamu bahwa memiliki hobi punya manfaat yang besar? Ya, hal yang satu ini ternyata bisa membantumu memiliki kesehatan yang baik secara keseluruhan, lho. Hobi sendiri bisa berupa bercocok tanam, atau apapun kegiatan lainnya yang kamu sukai.

Tentu saja, memiliki hobi terasa menyenangkan, ya. Padahal lebih dari itu, hobi dapat mendatangkan efek positif terhadap kesehatan fisik dan mental. Seperti yang sudah disebut, dalam jangka panjang, hobi bisa membuat kamu memiliki kualitas hidup yang lebih baik, termasuk mencegah kepikunan di masa mendatang.

Lantas, apa saja sih manfaat baik dari memiliki hobi? Berikut ini ulasannya!

 

 

Memperbaiki Suasana Hati

Credit Image - lifehack.org

Melakukan kegiatan yang kamu suka tentunya dapat membuat bahagia, apalagi jika kegiatannya melibatkan fisik, seperti berolahraga. Dilansir Healthline, aktivitas fisik dapat memicu produksi hormon dopamine, norepinefrin, dan serotonin yang dapat meningkatkan mood.

Hormon-hormon ini juga sangat penting untuk mencegah kecenderungan depresi pada seseorang. Selain itu, aktivitas fisik dapat menyeimbangkan kadar hormon adrenalin yang muncul sebagai respon flight-or-fight saat seseorang merasa stres. Sebab, kelebihan hormon ini berdampak negatif bagi kesehatan.

 

Menjaga Kesehatan Fisik

Berkaitan dengan poin sebelumnya, hobi yang melibatkan aktivitas fisik juga dapat membawa dampak positif terhadap kesehatan. Melalui berbagai penelitian, olahraga terbukti dapat menurunkan kadar lemak darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan memperbaiki metabolisme tubuh.

Kemudian, dalam jangka panjang, menjadikan aktivitas olahraga sebagai hobi juga dapat meningkatkan usia harapan hidup, lho. Selain itu, hobi yang satu ini juga bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang. Jadi, apakah kamu punya hobi berolahraga?

 

Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

Credit Image - elearningindustry.com

Tanpa disadari, beberapa hobi mampu mendorong kamu memecahkan masalah dengan berbagai tingkat kesulitan, lho. Jika dilakukan secara konsisten, maka kamu bisa memiliki kemampuan pemecahan masalah yang jauh lebih baik.

Faktanya, kemampuan ini menjadi salah satu yang paling dibutuhkan di tahun 2025 menurut World Economic Forum. Untuk mengasah kemampuan ini, kamu bisa mencoba permainan-permainan seperti puzzle memerlukan strategi untuk menyelesaikannya, seperti puzzle dan video game.

 

Membantu Mencegah Perkembangan Demensia

Seiring meningkatnya usia, fungsi tubuh pun mulai menurun. Berbagai sel di dalam tubuh mulai mengalami penuaan, tak terkecuali sel otak. Penurunan fungsi sel otak dapat memicu berbagai kondisi, salah satu yang umum terjadi ialah demensia. 

Sebuah penelitian yang terbit dalam Craft Research pada tahun 2018 menunjukkan bahwa seseorang yang rutin membaca setidaknya satu jam setiap hari memiliki risiko demensia yang lebih rendah dibandingkan mereka yang hanya membaca selama 30 menit.

 

Meningkatkan Kreativitas

Credit Image - crafters.getcraft.com

Hobi seperti melukis, membaca, mendengarkan lagu, dan kegiatan lain yang berkaitan erat dengan seni telah diketahui dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Kreativitas sangat dibutuhkan dalam segala aspek kehidupan.

Individu yang kreatif biasanya mampu menciptakan ide out of the box untuk memecahkan suatu masalah. Mereka juga mampu melihat masalah dari berbagai angle sehingga memiliki gambaran yang jelas mengenai hal tersebut.

 

Selain Memiliki Hobi, Konsumsi Vitamin Ini Juga Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Memang, memiliki hobi bisa membantu menguatkan daya ingat, sehingga proses demensia pun dapat diperlambat. Namun, untuk memperoleh manfaat yang satu ini – kamu juga dianjurkan mengonsumsi beberapa vitamin tertentu, lho. Apa saja?

Dimulai dari vitamin C yang elah lama dikenal dengan sifat antioksidannya. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan otak, termasuk meningkatkan daya ingat. Sebuah studi menyebut, vitamin C memiliki sifat protektif yang bisa melindungi otak dari risiko kerusakan dan hilangnya daya ingat.

Selain itu, manfaat vitamin C untuk otak juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif seseorang, ya.

Kemudian, ada juga vitamin B1 yang bisa mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan daya ignat. Kekurangan vitamin 1 dapat menyebabkan gangguan otak yang disebut Sindrom Wernicke-Korsakoff. Kondisi ini bisa membuat penderitanya mengalami kebingungan, amnesia atau hilang ingatan, sulit memahami informasi yang diterima, hingga gejala yang lebih berat, seperti gangguan koordinasi gerakan tubuh dan berhalusinasi.

Vitamin B6 juga bisa memberikan manfaat yang sama, lho. Pasalnya, vitamin ini berperan menjaga otak agar bisa berfungsi dengan baik, serta membantu proses produksi serotonin dan norepinephrine yang berfungsi untuk menjaga suasana hati dan membantu otak mengendalikan stres.

Dan, ada pula vitamin B12 berperan dalam pembentukan mielin, yaitu lapisan pelindung saraf otak. Vitamin ini berguna untuk melindungi otak dari kerusakan saraf, mencegah hilang ingatan, serta menjaga kestabilan suasana hati dan daya konsentrasi.

Nah sejumlah vitamin di atas bisa kamu peroleh dari sumber makanan tertentu, kok. Namun biar pemenuhan nutrisinya makin maksimal, disarankan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Kamu dapat mengonsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Konsumsi Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg – yang satu ini dapat berikan perlindungan ekstra, serta dapat memberikan rasa segar sepanjang hari, lho.

Dan, untuk kamu yang punya lambung sensitif, sangat direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Pastinya, kandungan vitamin C dan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu mengoptimalkan fungsi otakmu, ya. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks pada membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Hal ini tentu dapat membuat kamu semakin produktif.

 

Wah, gimana? Sekarang kamu sudah tahu ya beragam manfaat baik dari memiliki hobi. Jadi, apa nih hobi yang kamu miliki?

 

 

Featured Image – kepo.co

Source – idntimes.com