Tak bisa dihindari, tumbuh gigi merupakan suatu fase yang akan dialami oleh setiap anak. Biasanya, gigi akan tumbuh untuk pertama kalinya ketika anak berusia enam bulan. Salah satu gejala tumbuh gigi yang kerap dialami, yakni Si Kecil menjadi susah makan – hingga ia kerap rewel.

Tentu saja, kondisi tersebut membuat moms menjadi pusing, kan? Nyeri gusi yang dialami anak ketika tumbuh gigi yang membuatnya menjadi sangat selektif dalam menerima makanan. Bahkan, di fase ini, anak juga bisa menolak makanan favoritnya, lho.

Anak yang susah makan, termasuk akibat tumbuh gigi bisa saja kehilangan nutrisi, moms. Nah, hal tersebut bisa membuatnya menjadi kurang gizi, ya. Untuk masalah tersebut, berikut tips yang dapat kamu terapkan biar Si Kecil tetap bisa menerima nutrisi yang baik.

Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

Perhatikan Pilihan Makanan

Credit Image - hellosehat.com

Pertama, moms perlu memerhatikan pilihan makanan. Pemberian makanan camilan seperti biskuit bayi, wortel, atau mentimun yang sudah didinginkan dapat menjadi opsi untuk meringankan nyeri gusi yang dialami anak saat tumbuh gigi.

Teksturnya yang keras dan suhu yang dingin akan membantu meredakan nyeri gusi, sekaligus sebagai pemberian analgetik atau anti-nyeri secara alami. Hindari meninggalkan anak yang sedang makan makanan padatnya sendirian untuk menghindari bahaya tersedak. 

 

Tekstur Makanan Juga Perlu Dipertimbangkan

Anak yang sedang tumbuh gigi dan susah makan bisa diberikan makanan yang sudah dihaluskan atau berbentuk puree. Makanan bayi yang dihaluskan tersebut dapat dimasukan sebelumnya ke lemari es sebelum disajikan. Ini dapat membantu meringankan nyeri pada gusi.

Ingin rekomendasi menu lain untuk anak yang sedang tumbuh gigi? Makanan lunak dan dingin, seperti yoghurt dapat menjadi pilihan yang mudah, lho, moms. Atau, kamu juga dapat memberikan bubur daging, sayuran dan buah yang sudah dihaluskan. Makanan ini akan menjadi pilihan yang baik, karena Si Kecil tidak perlu mengunyah lagi.

 

Memberi Asupan Cairan yang Cukup

Credit Image - haibunda.com

Asupan cairan memang penting untuk menjaga kondisi tubuh anak, moms. Ini juga perlu diperhatikan ketika sang buah hati sedang susah makan akibat tumbuh gigi, lho. Memberikan cairan, seperti susu dan air putih akan membantu anak tetap terhidrasi dengan baik.

Tapi, bagaimana kalau Si Kecil menolak asupan yang satu ini? Tak perlu khawatir, kamu dapat menambahkan susu maupun air ke dalam makananya, sehingga kebutuhan cairan anak pun tetap terpenuhi.

 

Memijat Gusi Secara Perlahan

Saat anak sulit makan karena mau tumbuh gigi, moms bisa memberikan pijatan pada gusinya. Ini bisa menjadi alternatif untuk menenangkan gusi bayi yang sakit. Gunakan handuk bersih yang sudah diberi air dingin. Lalu gosok secara perlahan gigi anak menggunakan kain tersebut.

Namun, jika Si Kecil sudah semakin susah makan dan lebih rewel dari biasanya, moms bisa menanyakan saran dengan dokter, ya. Biasanya, pemberian pereda nyeri oral bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di bagian gusi anak.

 

Berikan Asupan Multivitamin Untuk Bantu Penuhi Nutrisi Anak

Credit Image - klikdokter.com

Seperti yang sudah disebutkan, anak yang susah makan kerap kali punya kaitan erat dengan kekurangan gizi dan nutrisi. Guna menghindari permasalahan kurang nutrisi, pastikan moms sudah memberikan asupan vitamin tambahan, ya.

Moms direkomendasikan untuk memberi multivitamin  Enervon-C Plus Sirup yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D.

Sejumlah kandungan vitamin tersebut berperan penting untuk mendukung perkembangan anak, membantu optimalkan tumbuh kembang Si Kecil, membuatnya tetap aktif di masa pertumbuhan, meningkatkan napsu makan, membantu pembentukan tulang dan gigi, serta bantu pelihara daya tahan tubuhnya biar tidak mudah sakit.

 

Jadi, apakah Si Kecil tengah mengalami fase susah makan akibat tumbuh gigi, moms? Untuk mengatasinya, kamu bisa menerapkan deretan tips di atas, ya!

 

 

Featured Image – mooimom.id