Dalam lingkungan kerja, setiap individu pasti memiliki karakteristik dan kepribadian yang berbeda-beda, termasuk dengan atasan. Setiap pekerja mungkin pernah merasakan punya atasan yang baik hati, namun ada juga atasan yang membuatmu tidak betah bekerja di kantor tersebut. Benar, kan?

Seharusnya, sebagai seorang atasan perlu memiliki ciri-ciri profesional tertentu yang bisa membuat karyawannya betah. Selain itu, ciri-ciri profesional juga bisa membantu melewati berbagai tantangan di kantor, hingga bisa bertanggung jawab atas apa yang dikerjakan.

Lantas, apa saja ciri-ciri profesional yang sebaiknya dimiliki para atasan? Berikut ini 5 di antaranya yang dapat membuat para karyawan betah – dan nggak mau resign. Yuk, simak ulasannya sampai habis, ya!

 

 

1. Tak Pilih Kasih

Credit Image - cermati.com

Ciri-ciri profesional yang baiknya dimiliki oleh para atasan, yaitu tidak bersikap pilih kasih. Tentu saja, setiap karyawan ingin mendapatkan perlakuan yang adil, ya? Tapi terkadang ketika berada di posisi atasan, ada perasaan ingin lebih sayang dan memberi perhatian lebih terhadap karyawan yang selalu berprestasi. Ini sebenarnya wajar saja, kok.

Yang tidak wajar adalah ketika pilih kasih sudah kelewatan, bahkan sampai tidak bisa berpikir secara objektif. Ingat, karyawan lainnya tidak kalah baiknya, lho. Jangan sampai penilaian menjadi bias akibat satu karyawan kesayangan saja!

 

2. Bersikap Manusiawi

Setiap individu dituntut untuk bisa bersikap manusiawi, apalagi atasan yang punya power lebih besar dari karyawan. Sikap manusiawi di sini punya konteks yang luas – dan tidak hanya berkaitan dengan gaji yang diberikan, ya.

Selain memberikan gaji yang sesuai, atasan yang punya ciri-ciri profesional pun perlu memiliki sikap peduli terhadap kondisi karyawan. Tidak hanya menuntut pekerjaan, tapi atasan harus memerhatikan faktor kesehatan fisik dan mental.

Nah, jika kamu termasuk seorang atasan, sudahkah kamu menerapkan hal ini? Atau, apakah atasanmu di kantor sudah bersikap manusiawi?

 

3. Memberikan Apresiasi

Credit Image - kesslerrecruitment.com

Bagi karyawan yang punya prestasi baik – dan mampu memberikan hasil kerja yang maksimal, tentu perlu diberikan apresiasi, ya. Sayangnya, terkadang hal ini kerap dilupakan oleh para atasan. Padahal, memberi apresiasi juga termasuk ciri-ciri profesional yang perlu dimiliki oleh bos di kantor, lho.

Atasan teladan tak pernah pelit akan pujian. Mampu untuk memerhatikan kinerja karyawan dengan baik dan memberi apresiasi menjadi hal penting. Dengan ini, pekerja akan semakin termotivasi – dan mampu mempertahankan kinerja terbaik mereka.

 

4. Memberi Teladan yang Baik

Tahukah kamu bahwa kebiasaan karyawan di kantor juga terkadang meniru perilaku dari atasan? Ya, untuk itu, ciri-ciri profesional lainnya yang perlu dimiliki atasan, yaitu mampu memberikan teladan yang baik.

Misalnya, pastikan kamu sudah datang tepat waktu, sehingga karyawan juga mengikuti kebiasaan ini. Jangan sampai menuntut karyawan untuk tepat waktu, tapi diri sendiri masih datang telat. Kalau bersikap begini, karyawan mana yang bakal betah. Setuju, kan?

 

5. Menghargai Proses

Credit Image - femina.co.id

Seringkali karyawan merasa tidak betah – dan akhirnya memilih untuk resign, karena adanya tuntutan dari atasan yang tidak masuk akal. Seperti, ingin hasil yang insant padahal prosesnya membutuhkan waktu yang lama.

Nah, ciri-ciri profesional yang satu ini pun wajib dimiliki. Pastikan kamu sudah mampu menghargai proses bekerja para karyawan, sehingga mereka terus meningkatkan kinerja dan betah bekerja bersamamu, ya.

Jangan lupa, agar seluruh ciri-ciri profesional di atas bisa kamu miliki, pastikan sudah menjaga energi dan stamina dengan baik. Jika sudah, pastinya produktivitas tak akan terganggu, apalagi akibat tubuh yang mudah lelah, kan?

Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap, seperti Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya kegiatan harian tak bakal terganggu, ya.

 

Apakah kamu termasuk atasan di kantor? Kalau iya, pastikan sudah memiliki ciri-ciri profesional di atas, ya. Dijamin, para karyawan pun bisa lebih betah, lho!

 

 

Featured Image – daya.id