Kanker merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang. Dan sampai saat ini pun belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Jika sudah terkena kanker, satu- satunya cara yang dilakukan adalah melakukan operasi, radioterapi, dan kemoterapi untuk memperlambat proses penyebaran sel kanker tersebut.

Sebelum terserang penyakit mematikan ini, ada baiknya kamu segera memperhatikan konsumsi makananmu dan mengatur pola makan sehari- hari. Berikut ini adalah 7 makanan yang mampu mencegah terserang penyakit kanker.

1. Bawang putih

Credit: Diamma.com

Bawang putih mengandung antioksidan yang bersifat antikanker dan akan menghambat pertumbuhan kanker dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi bawang putih setiap hari dengan cara langsung dimakan atau dicampu dengan bumbu masakan. Akan tetapi, bawang putih paling baik nutrisinya ketika masih dalam keadaan mentah.

2. Brokoli, kol, dan kembang kol

Credit: superhealthykids.com

Untuk mencegah kanker aktif dalam tubuhmu, kamu perlu mengonsumsi sayur- sayuran. Terutama sayuran yang mengandung fitonutrien, seperti brokoli, kol, dan kembang kol. Ketiga sayur ini mampu mencegah semua jenis kanker.

3. Cabai

Credit: topmedia.co.id

Cabai mengandung senyawa capsaicin yang dapat menetralisir pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Tetapi, jika kamu memiliki penyakit maag, sebaiknya tetap perhatikan dalam mengonsumsi cabai, ya!

4. Ubi jalar

Credit: jawapos.com

Selain mengandung karbohidrat, ubi jalar juga kaya akan antioksidan yang berperan untuk mencegah sel kanker. Kamu bisa coba untuk memasukkan ubi jalar ke dalam pola makanmu sebagai pengganti nasi.

5. Kedelai

Credit: hellosehat.com

Kedelai mengandung beberapa tipe phytoesterogen yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Terutama untuk menghambat kanker payudara dan kanker prostat. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu, sari kedelai, dan juga edamame (kedelai hijau).

6. Tomat

Credit: thevintagenews.com

Tomat merupakan salah satu jenis sayuran yang penting untuk kesehatan tubuh manusia. Tomat memiliki beberapa kandungan yang mampu mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Dan tomat sangat efektif untuk mencegah kanker prostat.

7. Alpukat

Credit: wsbtv.com

Selain beberapa sayuran di atas, buah juga penting lho dalam mencegah penyakit kanker. Salah satunya adalah buah alpukat. Alpukat memiliki antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Setelah mengetahui sayuran dan buah yang dapat mencegah kanker, yuk coba untuk atur pola makan harianmu. Dan agar lebih efektif, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dari Enervon secara rutin, agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan tubuh pun terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tidak perlu khawatir, Enervon tidak menyebabkan ketergantungan atau menimbulkan efek samping. Karena, Enervon mengandung vitamin dasar yang dibutuhkan tubuh, yaitu vitamin C dan vitamin B Kompleks.

 

Featured Image - thespruceeats.com