Sayur dan buah merupakan asupan sehat yang memang patut untuk selalu kamu konsumsi setiap harinya, karena memang dengan hidup yang sehat maka segala sesuatu di dalam hirup kamu juga akan berdampak positif. Namun apakah kamu sudah tahu bagaimana cara untuk menyimpan kedua bahan tersebut dengan benar? Sebab kalau tidak kualitasnya bisa turun loh.

Perlu untuk kamu ketahui juga kalau mengkonsumsi makanan sayur dan buah dapat menurunkan risiko berbagai macam penyakit seperti tekanan tinggi, penyakit jantung, stroke dan kanker. Kembali lagi, sayur dan buah bisa rusak apabila cara penyimpanan tidak benar.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui cara menyimpan sayur dan buah yang benar agar tetap segar dan terhindar dari bakteri berbahaya. Daripada kamu semakin penasaran bagaimana cara untuk menyimpan sayur atau buah, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa!

Jangan Mencampur Sayur dan Buah

4 Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tetap Segar! Credit: sharetipsdancara.blogspot.com

Cara paling utama untuk terus menjaga kualitas sayur dan buah ialah dengan cara ini, jangan pernah mencampur sayur dengan buah secara bersamaan, karena bisa mempercepat pembusukan. Hal ini dikarenakan buah biasanya memproduksi gas etilen yang dapat bereaksi sebagai hormone pematang dan mempercepat kelayuan.

Etilen ialah hormon alami tumbuhan dalam bentuk gas yang dapat memicu proses pematangan pada buah. Beberapa sayur dan buah ialah penghasil etilen tinggi dan beberapa lainnya sensitif terhadap etilen.

Apel, alpukat, pisang, blueberry, brokoli, kubis, kol, wortel adalah beberapa pilihan sayur dan buah yang memproduksi serta sensitif terhadap etilen, sehingga jangan pernah menyatukan mereka yaa. Karena akan sangat disayangkan apabila kamu kehilangan kualitasnya padahal sudah kamu beli.

Jangan Mencuci Sayur dan Buah Saat akan Menyimpannya

4 Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tetap Segar! Credit: hellosehat.com

Hal berikutnya yang perlul untuk kamu ketahui untuk bisa membantu menjaga kualitas dari sayur atau buah ialah dengan tidak mencucinya ketika ingin disimpan.Apabila kamu cuci terlebih dahulu akan menyebabkan proses pembusukan menjadi lebih cepat.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi, karena jika sayur atau buah dicuci terlebih dahulu akan menyebabkan tumbuhnya bakteri jahat, sehigga kamu akan cepat sekali untuk kehilangan sayur atau buah yang sudah kamu simpan. Enggak mau kan hal ini terjadi?

Kebersihan Kulkas

4 Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tetap Segar! Credit: allmomdoes.com

Ini merupakan faktor penting yang harus kamu lakukan untuk selalu menjaga kualitas dari sayur atau buah yang akan disimpan. Sehingga jangan menunggu hingga kotor baru kamu bersihkan yaa. Jangan sampai bahan makanan yang telah membusuk tercampur dengan bahan makanan lainnya.

Segera buang makanan yang telah busuk dan selalu memastikan tidak ada cairan menggenang di dalam kulkas agar sayur dan buah tidak cepat membusuk. Dengan melakukan hal ini tentunya sayur dan buah kamu akan selalu terjaga kualitasnya.

Simpan di Tempat Sejuk dan Kering

4 Cara Menyimpan Sayur dan Buah Agar Tetap Segar! Credit: hellosehat.com

Untuk pilihan sayur atau buah seperti tomat, pisang, kentang, lemon dan jeruk nipis sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas yaa. Melainkan di tempat yang sejuk dan kering. Karena tidak semua sayur dan buah membutuhkan kulkas untuk proses penyimpanannya.

Hal terpenting yang harus kamu lakukan ialah jangan lupa mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi yaa. Untuk mencegah kontaminasi bakteri berbahaya. Nikmati selalu sayu dan buah setiap harinya yaa, agar kamu memiliki hidup yang lebih sehat.

**

Jadi bagaimana dengan informasi seputar cara penyimpanan sayur atau buah? Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Prioritaskan hidup sehat dan jangan lupa untuk menkonsumsi Enervon setiap hari yaa!

Source: lagizi.com

 

Featured Image: sharp-indonesia.com