Sariawan merupakan salah satu permasalahan pada mulut yang awam dialami banyak orang. Hal ini biasanya ditandai dengan munculnya lesi di bagian dalam mulut – dan terasa nyeri. Umumnya, sariawan bertahan selama sekitar satu minggu. Atau, pada kasus yang lebih parah, sariawan bisa bertahan hingga satu bulan lamanya.

Ada beragam faktor yang menyebabkan sariawan, salah satu yang kerap diselepekan, yaitu kekurangan asupan vitamin C. Mungkin, kamu sering mendengar nasehat untuk memperbanyak konsumsi vitamin C, karena kekurangan nutrisi ini bisa menyebabkan sariawan. Tapi, benarkah hal tersebut?

Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini!

 

 

Kurang Asupan Vitamin C Dapat Sebabkan Sariawan

Credit Image - cnnindonesia.com

Vitamin C atau sering disebut sebagai asam askorbat merupakan zat yang penting bagi tubuh. Kebutuhan vitamin ini wajib dipenuhi setiap hari, karena tubuh tidak dapat memproduksi vitamin C secara alami.

Penyebab sariawan yang diakibatkan kekurangan vitamin C – termasuk salah satu tanda imunitas tubuh kamu sedang lemah. Kondisi ini bisa saja diawali dengan tubuh yang kekurangan vitamin C, kemudian imunitas melemah – dan sariawan pun timbul.

Tak hanya dapat mencegah timbulnya sariawan, tetapi vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen – zat yang juga penting untuk mendukung kesehatan gusi. Jika gusi sedang bermasalah, ini artinya produksi kolagen kurang maksimal. Dan, biasanya disebabkan tubuh yang kekurangan vitamin C.

 

Penyebab Sariawan Lainnya

Credit Image - sehatq.com

Selain kekurangan vitamin C – ada penyebab sariawan lainnya yang perlu kamu perhatikan, seperti adanya cedera atau kerusakan pada lapisan mulut. Nah, hal ini dapat terjadi akibat lidah maupun bibir yang tergigit ketika makan, gigi yang terlalu tajam, penggunaan kawat gigi, atau mengunyah makanan yang terlalu keras.

Lalu, sariawan juga dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis tertentu, mulai dari seperti kekurangan zat besi, sedang pilek, atau memiliki masalah kesehatan terkait mulut. Atau, bisa juga disebabkan oleh efek samping obat dan metode pengobatan tertentu.

Terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, atau minuman tinggi kafein juga bisa menyebabkan sariawan, lho. Dan adanya perubahan hormon, termasuk ketika sedang gelisah serta stres juga bisa membuat sariawan mudah timbul.

 

Tips Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

Credit Image - healthline.com

Nah, kekurangan kebutuhan vitamin C memang bisa menyebabkan sariawan, ya. Jadi, pastikan kamu mendapat asupannya secara cukup setiap hari.

Beberapa sayur dan buah yang kaya akan vitamin C memang perlu dikonsumsi secara rutin guna memenuhi asupan vitamin yang satu ini. Adapun sejumlah sayur yang mengandung vitamin C, yaitu brokoli, kubis, cabai, paprika merah dan hijau, serta bayam. Sementara, untuk buah kamu dapat memilih jeruk, jambu biji, stroberi, mangga, dan nanas.

Apakah mengonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C sudah cukup untuk penuhi kebutuhan vitamin harian? Dikhawatirkan belum. Terutama, bagi sayur yang telah melewati proses masak – hal ini dapat mengurangi kandungan vitamin di dalamnya.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C – agar perlindungan terhadap tubuh pun semakin maksimal. Untuk suplemen, kamu direkomendasikan minum Enervon-C dan Enervon Active secara rutin.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat membantu jaga daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat minum Enervon-C Effervescent dengan kandungan 1000 mg Vitamin C!

Namun, jika kamu memiliki masalah lambung yang cukup sensitif, maka direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active – dengan kandungan non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc dapat menjaga stamina tubuh, sekalius mengoptimalkan kinerja sistem imun.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme. Sehingga, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi untuk beraktivitas seharian.

 

Itulah penjelasan mengenai kekurangan vitamin C yang menjadi salah satu faktor penyebab sering timbulnya sariawan. Lantas, sudahkah kamu penuhi kebutuhan vitamin ini setiap harinya?

 

 

Featured Image – klikdokter.com