Apakah kamu salah satu orang yang gemar mengonsumsi makanan ringan? Ya, ngemil merupakan kebiasaan makan yang pasti dimiliki setiap individu. Pola makan ini tidak salah, lho, asalkan kamu sudah mengonsumsi makanan ringan yang sehat – dan tidak membuat berat badan gampang naik.

Bahkan, camilan, apalagi camilan rendah kalori yang dibarengi dengan olahraga teratur dapat membantumu menurunkan berat badan. Sayangnya, masih banyak yang salah kaprah, sehingga malah mengonsumsi camilan yang bikin gemuk, nih.

Meski terlihat tidak berbahaya, namun mengonsumsi camilan yang bikin gemuk dapat membuat kesehatan terganggu, bukan hanya sekedar meningkatkan berat badan – tapi, menyebabkan penyakit berbahaya lainnya.

Lantas, sebenarnya apa saja camilan yang bikin gemuk dan sebisa mungkin dihindari? Ini 5 di antaranya. Yuk, simak langsung scroll ke bawah untuk mengetahui informasi lengkapnya, Enervoners!

 

 

#1 – Keripik Kentang

Credit Image - tasteofhome.com

Ada beberapa alasan mengapa keripik kentang “agak bermasalah”. Dilansir dari Eat This, rasa gurih yang ditawarkan sajian keripik kentang bisa menimbulkan ketagihan, di mana hampir tidak mungkin seseorang hanya makan satu potongan. 

Padahal, asupan garam atau natrium dari keripik kentang yang berlebih bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.  Selain itu, keripik kentang relatif tinggi lemak dan kalori yang dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan hingga obesitas

Jadi, baik digoreng maupun dipanggang, keripik kentang tetap dianggap sebagai makanan “kalori kosong”, yakni makanan yang rendah akan nutrisi.  Sebuah studi di Harvard menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi keripik kentang sebagai bagian dari makanan, mereka bertambah berat badan setiap tahun.

Nah, pastikan kamu menghindari – atau mengurangi asupan camilan yang bikin gemuk satu ini, ya!

 

#2 – Cokelat Batangan

Jangan langsung berprasangka buruk sama camilan satu ini! Memang, mengonsumsi sepotong kecil cokelat hitam baik buat kesehatan. Menurut penelitian di Heart, ditemukan bahwa makan hingga 3,5 ons cokelat sehari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan bahkan membantu menurunkan berat badan. 

Ini berarti kamu tak boleh sembarangan mengonsumsi jenis cokelat, lho. Di mana, mengonsumsi cokelat batangan yang dibuat dengan tambahan susu dan gula tinggi hanya akan membuat berat badan bertambah, karena sering kali sangat tinggi lemak dan kalori. 

Faktanya, sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa salah satu makanan yang terkait dengan kepadatan energi tertinggi dan yang paling berpengaruh dengan penambahan berat badan, adalah cokelat batangan. Jadi, batasi konsumsi camilan yang bikin gemuk satu ini!

 

#3 – Sereal Manis

Credit Image - verywellhealth.com

Siapa sangka sajian sereal manis dapat meningkatkan berat badan? Ya, sayangnya, tak sedikit orang yang masih mengonsumsi makanan ini secara berlebihan, lho.

Banyak sereal yang mengandung gula, sehingga dianggap tidak lebih baik dari memakan sebatang permen. Jadi, ada baiknya kamu mengganti menu sarapan. Kalau biasanya mengonsumsi camilan yang bikin gemuk satu ini, maka coba ganti dengan alternatif yang lebih sehat serta rendah kandungan gula.

Misalnya, kamu bisa mengganti dengan asupan oatmeal.  Menurut sebuah studi di Annals of Nutrition and Metabolism, mereka yang makan oatmeal untuk sarapan, lebih kenyang lebih lama, lebih sedikit rasa lapar, dan mengkonsumsi lebih sedikit kalori saat makan siang.

 

#4 – Kue Pretzel

Siapa sih yang tak doyan makanan ringan ini? Namun, mengonsumsi pretzel berlebihan justru hanya bisa meningkatkan berat badan saja. Mirip dengan keripik kentang, camilan yang bikin gemuk ini juga tinggi akan kandungan garam.

Makanan asin tidak hanya berkontribusi pada berat air, tetapi seperti yang diungkapkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition, yakni garam sebenarnya membingungkan proses biologis yang memberi tahumu kapan kenyang – dan kapan lapar.  Jadi, pada akhirnya kamu akan makan lebih banyak, yang jelas kemudian mengarah pada penambahan berat badan. 
 

#5 – Donat

Credit Image - tastingtable.com

Bukan rahasia lagi kalau donat termasuk dalam kategori camilan yang bikin gemuk. Merangkum Healthline, donat cenderung menjadi makanan tinggi kalori. Misalnya, dalam 1 buah donut glaze, bisa terkandung 240 kalori yang setengahnya adalah lemak. 

Tak hanya tinggi kalori, donat juga rata-rata tinggi sodium, yakni bisa mencapai 210 mg per buah. Menurut American Heart Association, makanan dapat disebut rendah sodium jika mengandung 140 mg gram sodium atau kurang dalam satu porsinya. Asupan tinggi natrium atau sodium telah dikaitkan dengan risiko terkena tekanan darah tinggi.

Selain itu, kebanyakan donat di pasaran juga terbuat dari tepung putih yang rendah serat, vitamin, dan mineral, lho.

Wah, menghindari sejumlah camilan yang bikin gemuk di atas tak hanya bisa menghindari risiko obesitas, namun juga mampu membuat kesehatan tetap terjaga, ya. Buat kamu yang sedang diet, jangan lupa tetap penuhi kebutuhan vitamin dan mineral, salah satunya dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh!

Atau, kamu juga dapat mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga tubuh bisa mengolah makanan yang dikonsumsi, kemudian diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini tentunya bisa membuat makin produktif dalam melakukan aktivitas harian.

 

Jadi, itulah kelima camilan yang bikin gemuk. Tentunya kamu tak ingin berat badan melesat naik, kan? Untuk itu, cobalah kurangi asupan atau hindari konsumsi sejumlah makanan ringan di atas!
 

 

Featured Image – us.cnn.com