Pancaroba merupakan masa peralihan antara musim hujan dan musim kemarau yang seringkali membuat kondisi tubuh kita menjadi rawan terhadap penyakit. Pada musim peralihan ini, biasanya banyak orang yang terserang flu dan batuk. Karena, tubuh kita perlu beradaptasi saat musim peralihan.

Nah, tidak ingin kan terserang penyakit saat musim pancaroba? Sebaiknya, kamu konsumsi beberapa makanan di bawah ini, agar tubuhmu tetap sehat selama musim pancaroba!

1. Jahe

Credit: jawapos.com

Mengonsumsi air jahe terutama saat musim hujan, bisa membantu menghangatkan tubuhmu. Selain itu, jahe juga dapat membantu tubuh agar lebih banyak berkeringat.

Jahe dapat menurunkan demam dan menghilangkan racun yang ada dalam tubuhmu. Setelah mengonsumsi jahe, tubuhmu akan terhindari dari berbagai macam penyakit!

2. Madu

Credit: Hipwee

Madu mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin C,D,E, enzim, dan propolis yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu, dapat melawan virus, dan juga bakteri yang menyerang tubuh. Kalau kamu terserang batuk saat musim pancaroba, sebaiknya segera konsumsi madu, ya! Dan nanti batukmu perlahan- lahan akan hilang.

3. Jeruk nipis

Credit: topmedia.co.id

Saat kamu sedang sakit tenggorokan, flu, atau sakit kepala, coba deh untung mengonsumsi jeruk nipis. Karena kandungan yang ada di dalamnya mampu meredakan gejala flu ringan, lho! Dan untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mengonsumsi jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat. Dan hasilnya, tubuhmu akan terasa hangat serta tenggorokan pun jadi lega.

4. Cabai

Credit: australiascience.tv

Kalau kamu penggemar makanan pedas, kamu bisa nih mengonsumsi cabai untuk mengatasi dan mencegah penyakit seperti flu. Cabai mengandung vitamin C dan A yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk pencernaan kamu!

Tapi bagi kamu yang tidak tahan pedas atau memiliki penyakit maag, sebaiknya jangan paksakan dirimu untuk memakan cabai ya!

5. Bayam

Credit: theoliveblogger.com

Bayam mengandung zinc yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu menjaga kestabilan suhu tubuh, lho! Selain itu, bayam juga bisa mencegah penyakit anemia. Dengan rutin mengonsumsi bayam, tubuhmu akan lebih kuat dan tentunya jauh dari berbagai macam penyakit, terutama di musim pancaroba.

6. Telur

Credit: yummpy.ph

Makanan sehat berikutnya adalah telur. Makanan ini mengandung protein, magnesium, fosfor, dan tembaga yang  dapat meningkatkan daya tahan tubuhmu. Setelah mengonsumsi telur, dijamin tubuhmu akan mampu melawan segala virus atau bakteri penyakit yang ingin menyerang!

7. Yoghurt

Credit: womenshealthmag.com

Yogurt mengandung berbagai mineral penting yang baik untuk proses metabolism, sistem pencernaan, dan pembentukan energi dalam tubuh. Hal ini akan mempengaruhi sistem imun tubuhmu agar lebih kuat!

Sebelum kamu terserang penyakit saat musim pancaroba, ada baiknya kamu lakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan sehat yang disebutkan di atas. Selain itu, konsumsi vitamin C dari Enervon secara rutin, untuk membantu menjaga daya tahan tubuh, sehingga kamu pun terhindar dari berbagai macam penyakit!

 

Featured Image - bcbstwelltuned.com