Menjaga kesehatan paru-paru, terlebih di masa pandemi merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, Covid-19 merupakan virus yang menyerang organ paru-paru, hingga menyebabkan pneumonia. Selain itu, penyakit seperti kanker paru, asma, PPOK pun berbahaya. Jadi, menjaga kesehatan paru mesti dilakukan sedini mungkin.

Menjaga kesehatan paru-paru dapat dilakukan dengan beragam cara sederhana, seperti mengonsumsi makanan padat nutrisi. Nah, setidaknya ada 5 jenis asupan yang bisa membantu menjaga kesehatan paru-paru, lho.

Apa saja? Yuk, simak informasinya di bawah ini!

 

 

#1 – Wortel

Credit Image - foodandnutrition.org

Wortel merupakan salah satu makanan sehat untuk paru-paru karena mengandung karotenoid yang dapat mengurangi stres oksidatif.

Manfaat kartenoid ini dapat mencegah kanker paru-paru serta memperbaiki kapasitas paru untuk bernapas, terutama pada orang-orang yang memiliki asma. Salah satu jenis karotenoid yaitu lycopene bahkan diketahui dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan.

Selain itu, beta-karoten dalam wortel yang diubah tubuh jadi vitamin A dapat mengurangi kekambuhan asma akibat olahraga. Tak hanya wortel, tetapi karotenoid juga dapat ditemukan pada bayam, kangkung, tomat, labu kuning, dan ubi jalar.

 

#2 – Apel

Salah satu buah yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan paru-paru adalah apel. Buah ini mengandung banyak vitamin C yang erat kaitannya dengan nutrisi penangkal flu dan pilek.

Vitamin C merupakan nutrisi yang baik untuk kesehatan paru-paru karena mencegah perkembangan Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) serta mendukung penanganannya. PPOK merupakan penyakit yang mencakup berbagai gangguan paru-paru, termasuk emfisema dan bronkitis kronis.

Vitamin C juga dilaporkan dapat mencegah dan mengendalikan gejala asma. Asupan vitamin C selama kehamilan dikaitkan dengan penurunan risiko mengi – atau napas bunyi “ngik-ngik pada anak usia dini.

Selain apel, kamu juga bisa mendapatkan asupan nutrisi untuk kesehatan paru-paru ini dari buah-buahan seperti jeruk, paprika kuning, pepaya, jambu biji, kiwi, dan mangga. Lalu, vitamin C juga terdapat dalam jahe. Bahan alami ini bersifat menghangatkan sehingga bisa mengencerkan dahak. Maka dari itu, bisa digunakan untuk meredakan batuk.

 

#3 – Kacang-Kacangan

Credit Image - generasimaju.co.id

Kacang-kacangan termasuk ke dalam makanan sehat untuk paru-paru karena memiliki kandungan vitamin E yang cukup melimpah.

Vitamin E adalah sumber antioksidan yang bermanfaat untuk membantu memperlambat penuaan. Akan tetapi, nutrisi vitamin ini dipercaya berguna untuk kesehatan paru-paru karena dapat mengatasi masalah suara mengi sekaligus meningkatkan fungsi organ pernapasan ini.

Bukti dari studi observasional berjudul Nutrition and Respiratory Health juga menunjukkan bahwa meningkatkan asupan sumber makanan kaya vitamin E selama hamil dan menyusui dapat mengurangi risiko asma dan suara mengi pada anak-anak.

Selain itu, peningkatan asupan vitamin E telah terbukti dapat mengurangi frekuensi kekambuhan masalah pernapasan pada orang dewasa pengidap PPOK. Risiko perkembangan PPOK juga ditemukan menurun hingga 10% pada wanita yang mengonsumsi suplemen vitamin E 600 IU.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan paru-paru yang paling maksimal dari vitamin E, konsumsilah bersama sumber makanan sehat untuk paru-paru lainnya yang kaya akan vitamin C. Kedua vitamin ini mampu bekerja dengan efektif melawan radikal bebas dalam tubuh, lho!

 

#4 – Brokoli

Meningkatkan nutrisi dari makanan kaya asam folat – atau vitamin B9 juga dapat membantu untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Terlebih dari penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK. Brokoli merupakan makanan dengan sumber asam folat atau vitamin B terbaik.

Sebuah studi tentang orang dewasa pemilik PPOK yang diterbitkan di jurnal Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2010 menemukan bahwa gejala sesak napas akibat PPOK terkait dengan rendahnya asupan makanan kaya folat.

Selain itu, vitamin B6 dikaitkan dengan fungsi paru yang lebih baik secara keseluruhan dan perlindungan terhadap kanker paru.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada tahun 2010, risiko kanker paru ditemukan lebih rendah pada sampel darah baik milik perokok dan non-perokok yang meningkatkan asupan makanan tinggi vitamin B-6.

Sumber vitamin B lain yang dapat menjadi makanan sehat untuk paru-paru adalah salmon, brokoli, bayam, selada, ikan, telur, susu, gandum, dan kacang-kacangan.

 

#5 – Suplemen Vitamin C dan Vitamin B Kompleks Dapat Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Credit Image - hellosehat.com

Sudah diketahui bahwa fungsi vitamin C punya kaitan erat dengan nutrisi yang dapat meningkatkan sistem imun, serta dapat membantu menangkal berbagai penyakit, seperti flu maupun pilek. Kamu pun sudah tahu akan hal yang satu ini, kan? Namun, lebih dari itu, vitamin ini juga dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru, lho.

risiko pneumonia, termasuk yang disebabkan oleh Covid-19. Selain itu, fungsi vitamin C juga diyakini dapat mencegah – dan mengendalikan gejala asma. Wah, pastikan kamu sudah rutin mendapat asupan vitamin ini agar manfaatnya dapat dirasakan, ya.

Sementara itu, fungsi vitamin B kompleks juga tidak kalah pentingnya dalam menjaga kesehatan organ paru-paru, nih. Ini berkaitan dengan vitamin B9 – atau asam folat yang dapat membantu melindungi paru-paru dari berbagai penyakit, seperti emfisema, bronkitis kronis, beberapa bentuk asma, dan juga pneumonia – termasuk yang disebabkan oleh virus corona.

Lalu, ada pula fungsi vitamin B6 yang juga sering dikaitkan dengan perannya untuk membantu fungsi paru-paru menjadi lebih baik secara keseluruha, sekaligus memberikan perlindungan sehingga risiko kanker paru bisa diminimalisir.

Untuk itu, pastikan kamu sudah mendapatkan kedua asupan vitamin tersebut agar manfaatnya dapat dirasakan secara maksimal, salah satunya dengan rutin mengonsumsi suplemen yang mengandung kedua vitamin tersebut, seperti Enervon-C dan Enervon Active.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk memberikan perlindungan ekstra – terutama buatmu yang harus bekerja di luar rumah.

Bagimu yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal.

Yang pasti, fungsi vitamin dalam kedua multivitamin tersebut bakal membantu menjaga kesehatan paru-paru kamu. Jadi, tak perlu ragu untuk mengonsumsi suplemen Enervon Active, ya!

 

Itulah deretan asupan yang dapat membantu menjaga kesehatan paru-paru. Pastikan kamu sudah mengonsumsinya secara rutin, ya!

 

 

Featured Image – eatthis.com

Source – hellosehat.com