Cenderung boros di bulan Ramadan? Tak perlu khawatir, kali ini Enervon bakal ngasih kamu beragam tips untuk mengatur keuangan selama puasa biar tidak gampang bokek.

Mungkin sebelum bulan puasa tiba, sebagian darimu berpikir kalau dengan berpuasa kamu justru dapat menghemat pengeluaran selama satu bulan. Nyatanya, anggapan tersebut seringkali salah, lho. Alih-alih hemat, pengeluaran justru membludak.

Ya, ini kerap terjadi karena ada keinginan untuk membeli ini itu – dan buka puasa di luar rumah. Nah, hal tersebut sering terjadi padamu, nggak? Jika iya, berikut 5 tips mengelola keuangan di bulan Ramadan biar uang tak cepat menipis.

Simak selengkapnya sampai habis, yuk!

 

 

1. Buat Alokasi Keuangan – dan Tentukan Skala Prioritas

Credit Image - finansialku.com

Saat bulan puasa, tidak dapat di pungkiri kalau banyak keinginan-keinginan mendadak yang bermunculan seperti buka puasa bersama, bagi-bagi THR ke keluarga, beli baju lebaran, dan masih banyak lagi.

Terkadang, keinginan tersebut sudah menjadi kebiasaan tahunan yang bikin kamu salah kaprah menganggap hal tersebut adalah kebutuhan. Kamu bisa membuat daftar anggaran selama bulan puasa, seperti kebutuhan 50% untuk belanja bulanan sahur, berbuka, zakat, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

Kemudian, sisihkan 30% budget untuk memenuhi keinginan, seperti buka bersama, bagi-bagi THR, beli baju lebaran, dan membeli hampers. Dan, sisa 20% sisihkan untuk investasi seperti dana pensiun.

Jika sudah dikelompokkan, kamu jadi bisa tentukan skala prioritas kebutuhanmu dan meminimalisir keinginan-keinginan yang bisa bikin dompetmu menjerit selama bulan Ramadhan. Kalau kamu disiplin menerapkan cara mengelola keuangan dengan perencanaan keuangan di atas, dijamin keuangan tetap aman!

 

2. Belanja Kebutuhan

Sudah menjadi rahasia umum pada momen-momen besar seperti bulan Ramadhan, pusat-pusat perbelanjaan akan mengadakan sale besar-besaran, terutama pada barang kebutuhan pokok.

Nah, sebelum harga kebutuhan naik mendekati hari lebaran, baiknya kamu berbelanja sebelum bulan Ramadhan, atau pada awal bulan Ramadhan. Selain harganya belum naik, kemungkinan besar kamu bisa lebih berhemat dengan adanya promo dan diskon-diskon spesial Ramadhan di pusat perbelanjaan.

Hal tersebut bisa kamu terapkan sebagai salah satu tips mengatur keuangan di bulan Ramadhan yang cukup ampuh. Tapi, ingat, jangan sampai kalap karena harga diskonan. Beli barang-barang secukupnya dan sebutuhnya. Bisa-bisa trik berburu harga murah malah membuat keuangan kamu lebih boros kalau kebablasan.

 

3. Kurangi Bukber di Luar

Credit Image - ayosemarang.com

Sudah pasti, bukber menjadi agenda tahunan yang jarang dilewatkan oleh sebagian orang. Momen bukber bisa jadi ajang reunian untuk menjaga tali silaturahmi dengan sanak saudara mau pun teman-teman.

Namun, seiring bertambahnya umur, semakin banyak pula undangan bukber berdatangan dari circle pertemanan yang berbeda. Tanpa disadari, semakin banyak bukber yang kamu datangi, semakin kering pula keadaan dompetmu dari hari ke hari. Setuju, kan?

Kalau tidak diminimalisir, bisa-bisa uang bulananmu habis hanya untuk bukber saja. Percaya deh, membatasi buka puasa di luar rumah bisa jadi tips mengatur keuangan di bulan Ramadhan paling ampuh yang bisa kamu coba.

 

4. Berbuka dengan Menu Secukupnya

Ketika menjalani ibadah puasa, menahan lapar, haus, juga hawa nafsu, sering kali kita memikirkan berbagai menu buka puasa dalam benak. Nantinya, mendekati waktu berbuka, biasanya kamu akan sibuk berkeliling mencari takjil atau scrolling menu berbuka di aplikasi order makanan online. 

Pada momen-momen inilah, biasanya kamu sering jadi lapar mata – dan akhirnya beli berbagai jenis makanan yang belum tentu dimakan semua saat berbuka. Kebiasaan jajan banyak makanan untuk berbuka ini pun dapat menguras dompet.

Jadi, berbukalah puasa dengan menu secukupnya yang kita buat sendiri di rumah bisa jadi salah satu cara mengelola keuangan yang bijak di bulan Ramadhan. Dengan meminimalisir jajan di luar, kamu bisa lebih hemat sekaligus terhindar dari mubazir!

 

5. Konsisten dan Fokus pada Perencanaan Keuangan

Credit Image - koran-jakarta.com

Tips mengatur keuangan di bulan Ramadhan terakhir, yakni kamu harus konsisten menjalankan rencana keuangan yang telah dibuat. Jangan terlena dengan banyaknya diskon baju lebaran atau barang-barang lainnya yang kurang penting. Jangan sampai keuanganmu jadi berantakan karena pengeluaran kurang penting di bulan puasa, ya.

Dalam mengelola keuangan kamu juga disarankan untuk menjaga fokus, sehingga mampu berkonsentrasi dalam mengatur keuangan di bulan Ramadan, lho. Nah, hal ini bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi vitamin dan mineral yang diperoleh dari Enervon Active.

Enervon Active mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan pastinya produktivitas tidak akan terganggu, ya.

Konsumsi Enervon Active dua kali sehari, yaitu ketika sahur dan berbuka puasa jika diperlukan.

 

Jadi, itulah deretan tips jitu mengatur keuangan di bulan puasa biar kantong tak gampang bolong. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image – bola.com