Membangunkan anak untuk makan sahur sepertinya kerap menjadi tantangan bagi para orangtua. Apakah moms setuju? Pasalnya, Si Kecil bisa saja ngambek karena masih mengantuk. Kalau sudah begini, orangtua pun bisa menjadi repot, ya.

Jika moms termasuk yang kesulitan membangunkan anak untuk ikut sahur, tak perlu khawatir, berikut ini 6 tips sederhana yang dapat kamu terapkan mulai sekarang. Sudah penasaran, apa saja deretan tips yang dimaksud tersebut?

Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

 

 

1. Jelaskan Makna Puasa

Credit Image - health.detik.com

Sebaiknya moms ajak anak-anak untuk bersiap sejak beberapa hari sebelum Ramadan. Salah satunya dengan menjelaskan makan puasa menggunakan bahasa yang mudah dipahami anak. Sudahkah kamu melakukan hal ini sebelumnya, moms?

Namun, kalau sudah masuk bulan Ramadan seperti sekarang, tak ada salahnya untuk tetap memberi penjelasan tentang jam berapa harus bangun sahur, berapa lama menahan makan dan minum, hingga kapan waktu yang tepat untuk berbuka.

Semakin sering diingatkan, biasanya anak akan semakin mudah untuk menerima dan memahaminya, lho.

 

2. Bangunkan dengan Lembut

Meski anak sedikit sulit untuk dibangunkan, sebagai orangtua jangan sampai moms terpancing emosi dan memarahinya. Sebaiknya, bangunkan Si kecil dengan cara yang lembut seperti angkat anak perlahan sampai pada posisi duduk.

Ajak anak dengan lembut untuk membuka matanya dan setelah terbangun, tuntunlah dia sampai ke meja makan.

Biar anak tidak kekurangan waktu tidur, pastikan juga ia sudah mendapat tidur yang berkualitas, moms. Kamu bisa ajak anak untuk tidur lebih awal. Umumnya anak akan sulit dibangunkan ketika sahur karena terbiasa tidur terlalu malam. Bahkan ada beberapa anak yang sangat susah diajak tidur lebih awal.

Namun, moms bisa melakukan pendekatan lagi dan jelaskan gunanya tidur lebih awal agar Si Kecil tidak mengantuk ketika sahur, ya.

 

3. Siapkan Makanan Kesukaan

Credit Image - halodoc.com

Makan dalam keadaan mengantuk biasanya membuat anak tak semangat untuk makan. Untuk menghindarinya, moms bisa menyiapkan makanan kesukaan anak saat sahur supaya anak semakin bersemangat ketika makan.

Namun jangan lupa menyiapkan nutrisi yang baik bagi supaya memiliki stamina untuk menjalankan ibadah puasa, ya. Hindari pula memberikan makanan cepat saji, karena jenis asupan tersebut biasanya rendah akan nutrisi, sehingga tumbuh kembang anak bisa saja terganggu, lho.

 

4. Beri Anak Pujian

Tips membangunkan anak untuk sahur berikutnya adalah dengan selalu memberinya pujian, sekecil apapun pencapaian yang dia lakukan, termasuk saat mereka belajar berpuasa dan berusaha bangun sahur.

Dengan pujian yang moms lontarkan itu, akan membuat anak semakin lebih bersemangat dan termotivasi di keesokan harinya. Untuk menyenangkan hatinya, dampingi saat ia menyiapkan makan hingga ia benar-benar selesai makan.

 

5. Sahur di Ujung Waktu

Credit Image - arahkata.pikiran-rakyat.com

Salah satu trik supaya anak mau bangun sahur yakni dengan sahur di akhir waktu – atau mendekati waktu subuh. Sahur terlalu cepat bisa membuat anak mengantuk setelah makan dan akibatnya anak mudah lapar lagi di siang hari.

Oleh karena itu sebaiknya bangunkan anak sekitar setengah jam sebelum imsak atau azan subuh.

Tapi tetap, moms, sangat disarankan bagimu agar membangunkan anak dengan suara yang lembut, bagaimanapun caranya. Tak perlu dengan suara kencang apalagi sampai berteriak. Baiknya dengan sentuhan yang sangat lembut.

 

6. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Anak Selama Puasa

Yang tidak kalah pentingnya, selama berpuasa, moms mesti memastikan bahwa kebutuhan nutrisinya sudah terpenuhi dengan baik, ya. Selain menyajikan menu sahur yang sehat dan bergizi seimbang, kamu juga dapat mengoptimalkan pemenuhan nutrisi dengan memberi Si Kecil multivitamin dengan kandungan lengkap.

Kebutuhan nutrisi juga penting bagi energi tubuh anak, lho. Jika tubuhnya sudah berenergi, maka bangun saat sahur pasti lebih mudah dilakukan. Apakah moms setuju?

Seperti yang sudah disebutkan, memenuhi kebutuhan nutrisi, apalagi vitamin dan mineral juga dapat dilakukan dengan memberi anak asupan multivitamin lengkap, seperti Enervon-C Plus Sirup, lho. Mengapa demikian?

Moms, direkomendasikan untuk memberi Enervon-C Plus Sirup, karena multivitamin ini mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Vitamin C, dan Vitamin D yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain itu, sejumlah vitamin tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan Si Kecil, mengoptimalkan tumbuh kembangnya, memperkuat tulang dan gigi, sekaligus membantu penuhi kebutuhan nutrisi harian.

 

 

Wah, bagaimana, moms? Jika buah hatimu sudah mulai belajar berpuasa tahun ini, cobalah terapkan tips di atas ketika membangunkan sahur, ya. Selamat mencoba!

 

Featured Image – klikdokter.com