Diketahui, pemerintah mewajibkan vaksin booster sebagai salah satu syarat perjalanan mudik lebaran. Ini dapat kamu lakukan jika ingin dikecualikan dari tes Covid-19. Aturan tersebut pun sudah tertuang dalam Surat Edaran No. 16 Tahun 2022 – tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease Tahun 2019.

Namun, jika ingin booster sebelum mudik lebaran, kapan waktu tepat untuk melakukannya agar antibodi dapat terbentuk secara maksimal? Berikut ini waktu yang disarankan. Yuk, simak informasi lengkapnya sampai habis!

 

 

Waktu Tepat Vaksin Booster Sebelum Mudik

Credit Image - health.detik.com

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan lebih lanjut, bahwa penyesuaian kebijakan dalam Surat Edaran tersebut salah satunya memperkirakan aktivitas mudik akan meningkatkan tren mobilitas antar daerah. Survei Kemenhub memprediksi ada 79 juta orang yang akan melakukan mudik lebaran.

Ada waktu terbaik untuk melakukan vaksin booster sebelum mudik lebaran. Pasalnya, dalam komorbid – atau penyakit penyerta.

Masyarakat diimbau untuk segera memenuhi dosis vaksinasi lengkap maupun booster sekurang-kurangnya 2 minggu, khususnya sebelum menjalani kegiatan sosial berskala besar, seperti mudik lebaran.

 

Ketentuan Vaksin Booster

Credit Image - sudutpandang.id

Vaksinasi booster hanya dapat diberikan kepada masyarakat berusia di atas 18 tahun dan telah menerima vaksinasi dosis primer sebelumnya.

Setiap vaksinasi booster memiliki ketentuan masing-masing dalam penetapannya. Jika vaksin primer Sinovac, maka vaksin booster bisa menggunakan empat jenis vaksin, antara lain AstraZeneca separuh dosis, Pfizer separuh dosis, Moderna dosis penuh, dan Sinopharm dosis penuh.

Bila vaksin primernya AstraZeneca maka dosis booster bisa menggunakan vaksin Moderna separuh dosis, vaksin Pfizer separuh dosis, dan vaksin AstraZeneca dosis penuh.

Untuk booster vaksin primer Pfizer, bisa menggunakan Moderna separuh dosis, Pfizer dosis penuh, dan AstraZeneca dosis penuh. Kemudian vaksin primer Moderna, booster dapat menggunakan vaksin yang sama dengan ketentuan separuh dosis.

Jika memperoleh vaksin primer Janssen (J&J), maka untuk booster dapat menggunakan Moderna separuh dosis. Bagi vaksin primer Sinopharm, booster-nya bisa dengan vaksin jenis yang sama berdosis penuh.

Pada umumnya, semua jenis vaksin yang digunakan dalam program vaksinasi nasional memiliki khasiat yang sama, yaitu bertujuan meningkatkan kekebalan tubuh demi mencegah risiko terburuk virus corona penyebab Covid-19.

Sehingga masyarakat dianjurkan untuk tidak pilih-pilih jenis vaksin. Gunakan jenis vaksin yang tersedia di daerah tempat tinggal masing-masing.

 

Masyarakat Diperbolehkan Mudik, Tapi Langkah Pencegahan Tetap Harus Dilakukan!

Credit Image - healthline.com

Kegiatan mudik sudah boleh dilakukan di tengah pandemi. Namun, agar mudik tetap aman dan nyaman, pastikan tetap menjalani protokol kesehatan, sehingga tingkat penularan tetap bisa ditekan – dan tak terjadi lonjakan kasus positif lagi.

Tetap patuhi protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hingga menghindari kerumunan. Kalau pun harus berada di ruang publik, pilihlah lokasi terbuka dan memiliki ventilasi udara yang baik.

Dan kamu pun dianjurkan tetap menjaga kesehatan fisik, seperti istirahat yang cukup, sebisa mungkin tetap berolahraga, serta mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat memaksimalkan perlindungan tubuh.

Namun, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi? Kamu direkomendasikan untuk mengonsumsi multivitamin dari Enervon secara rutin.

Konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Kamu dapat meminum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Untukmu yang memiliki masalah lambung sensitif – direkomendasikan minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus mengoptimalkan imunitas tubuhmu.

Dan kedua multivitamin ini pun dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga asupan makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

 

Itulah penjelasan mengenai waktu tepat melakukan vaksinasi booster sebelum mudik lebaran. Jika sudah vaksin, pastikan kamu tetap menjalani prokes – dan jaga kekebalan tubuh agar tak mudah sakit!

 

 

Featured Image – tirto.id

Source – detik.com