Kamu lagi kebingungan bagaimana cara menurunkan berat badan? Sudah pernah coba diet keto? Diet keto sempat jadi perbincangan di banyak kanal media terkait gaya hidup. Hal itu disebabkan oleh akibat-akibat dari diet keto yang cukup memperburuk kondisi kesehatan, lho.

Diet keto, secara sederhana adalah mengurangi atau membatasi konsumsi karbohidrat, dan mengganti porsinya dengan lebih banyak mengkonsumsi protein, serat dan banyak vitamin. Oleh karena itu, awalnya diet ini cukup terkenal untuk mereka yang mengidap diabetes.

Saat menjalani diet keto, mereka mengonsumsi karbohidrat tidak lebih dari 30 gram dalam sehari, sehingga mereka disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi protein dan lemak. Akan tetapi, beberapa dari mereka juga pernah melakukan kesalahan yang fatal, lho.

Berikut lima kesalahan dalam melakukan diet keto:

Kekurangan Mineral: Jarang Minum Air Putih

Diet Keto: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Oleh Mereka yang Menjalani! credit: idntimes.com

Kekurangan konsumsi air mineral bisa mengakibatkan masalah baru, yaitu penyakit ginjal. Oleh karena itu, walau tengah menjalani diet keto, minum air putih adalah sebuah keharusan.

Saat membatasi karbohidrat dalam tubuh, ada beberapa penyesuaian yang akan terjadi. Salah satunya adalah kadar gula darah, dan insulin yang menurun. Nah jika kadar insulin menurun, ginjal akan melepaskan cairan, dari sinilah ada resiko besar untuk menyebabkan dehidrasi.

Kurang Mengonsumsi Lemak

Diet Keto: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Oleh Mereka yang Menjalani! credit: health.detik.com

Metabolisme tubuh sederhananya adalah membakar karbohidrat yang ada untuk dijadikan glukosa dan energi. Nah, saat diet keto – jika kamu tidak mengonsumsi lemak yang cukup, metabolisme akan terganggu karena tubuh bingung untuk membakar apa lagi selain karbohidrat.

Oleh karena itu, pastikan kamu mengonsumsi lemak alami dan sehat seperti susu, yogurt, ikan, daging, kacang dan lemak nabati.

Waktu Tidur yang Berantakan

Banyak yang tidak mengindahkan waktu istirahat. Padahal, saat diet keto – untuk mencapai hasil maksimal, waktu tidur adalah salah satu hal yang penting. Saat metabolime tengah berjalan, akan lebih mudah menjalaninya jika lo juga bisa beristirahat.

Mengurangi Konsumsi Garam Terlalu Ketat

Diet Keto: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Oleh Mereka yang Menjalani! credit: food.detik.com

Konsumsi garam yang masuk ke dalam tubuh haruslah tepat. Saat awal mulai diet keto, tubuh akan kehilangan sodium dalam jumlah yang cukup besar. Oleh karena itu, kamu mesti menyeimbangkan konsumsi sodium dari garam yang ada di makanan kamu.

Konsumsi Lemak Terlalu Banyak

Diet Keto: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Oleh Mereka yang Menjalani! credit: indiefood.id

Nah, jika tadi kamu tidak boleh lupa konsumsi lemak, tapi kali ini – kamu juga mesti memerhatikan porsinya karena jika terlalu banyak – diet keto mu akan sia-sia. Jika terlalu banyak konsumsi lemak, metabolisme tubuh juga tidak akan berimbang.

Nah, dari lima kesalahan yang paling sering dilakukan oleh mereka yang tengah diet keto, tentu kamu sudah paham jika diet keto perlu perhitungan yang pas.

 

Source – lifestyle.kompas.com

Feature Image - hellosehat.com