Ketika bangun di pagi hari, kamu pasti punya ekspektasi kalau tubuh bakal terasa lebih segar, baik dari segi fisik maupun mental. Tetapi, ada kalanya kamu justru bangun dalam keadaan rasa sakit di seluruh tubuh. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Ada berbagai kemungkinan tubuh menjadi nyeri setelah bangun tidur, meski terlihat sederhana tapi hal ini juga bisa menjadi masalah medis yang serius, lho. Jadi, penting bagimu untuk mengenali berbagai penyebabnya.

Berikut ini berbagai alasan mengapa badan sakit saat bangun tidur.

 

 

Peradangan

Credit Image - yesdok.com

Peradangan disebabkan oleh banyak hal, dan banyak di antaranya yang dapat membuat kamu merasa sakit badan pada pagi hari.

 Mengutip WebMD, peradangan lebih umum terjadi pada individu lanjut usia (lansia) dan kerap dianggap sebagai gejala dari kondisi kesehatan yang lebih besar. Penting untuk mengidentifikasi peradangan kronis sejak dini guna mencegah kerusakan jangka panjang pada tubuh.

Menerapkan gaya hidup sehat bisa sangat membantu mencegah dan mengelola peradangan terkait usia. Diet kaya makanan antiinflamasi yang dikombinasikan dengan olahraga teratur juga dapat membantu mengurangi peradangan ringan tanpa obat-obatan.

 

Tidur di Kasur dengan Kualitas Buruk

Ternyata, kasur yang kamu gunakan untuk tidur bisa memengaruhi perasaanmu saat bangun di pagi hari. Dan, jika kamu menggunakan kasur berkualitas buruk, ini bisa menyebabkan kamu bangun pagi dengan rasa nyeri di seluruh tubuh.

Dijelaskan dalam laman SELF, kasur yang tidak memberikan cukup dukungan dapat menyebabkan sakit punggung. Sementara itu, kasur yang kendur bisa menjadi faktor penyebab nyeri leher. Dan, kasur yang sangat keras bisa memicu nyeri sendi.

 

Posisi Tidur yang Salah

Credit Image - klikdokter.com

Posisi tidur memberikan dampak yang bermacam-macam bagi tubuh. Menurut laman Sleep Foundation, tidur menyamping atau terlentang dianggap lebih bermanfaat daripada tidur tengkurap. Ini karena kedua posisi ini lebih memberikan dukungan dan keseimbangan pada tulang belakang, yang mengurangi tekanan pada jaringan tulang belakang dan memungkinkan otot untuk rileks dan pulih.

Sebaliknya, tidur tengkurap memicu sakit punggung dan leher, jadi sebaiknya hindari, seperti dilansir Healthline. Jika kamu tidur selama 12 jam, kamu mungkin akan bangun dengan nyeri tubuh yang disebabkan oleh tidur dalam posisi salah untuk waktu yang terlalu lama.

 

Kurang Tidur

Jika kamu begadang dan esoknya kamu bangun dengan tubuh yang terasa sakit, ini mungkin disebabkan karena kamu kurang tidur – dan hal inilah yang membuat perubahan pada otak yang membuat tubuh mengalami nyeri dalam tingkat yang lebih besar.

Aktivitas di korteks somatosensori, yang dikaitkan dengan lokasi dan intensitas nyeri, meningkat setelah kurang tidur. Kurang tidur juga mengurangi aktivitas di striatum dan insula, wilayah otak yang mengontrol pelepas dopamin atau hormon perasaan baik.

 

Pilihan Makanan

Credit Image - jovee.id

Makanan yang kamu makan pada siang hari dapat memengaruhi perasaanmu keesokan harinya, lho. Misalnya, pilihan pola makan ala diet Mediterania dapat membantu kamu merasa lebih baik pada pagi hari daripada makan makanan yang mengandung pengawet dan bahan tidak sehat karena dapat menyebabkan peradangan.

Selain itu, mendapatkan asupan vitamin B kompleks, terutama vitamin B6 pun bisa membantu mengurangi risiko sulit tidur. Jenis vitamin yang satu ini dapat membantu mengurangi stres yang kamu rasakan – dengan membuat saraf-saraf tubuh lebih rileks. Artinya, rutin mengonsumsi asupan vitamin B6, maka kualitas tidur kamu pun bisa semakin baik.

Nah, cobalah rutin mengonsumsi makanan kaya vitamin B6, seperti pisang, yogurt, atau oat – kamu bisa konsumsinya sebelum tidur, lho. Sejumlah makanan ini diyakini membantu meningkatkan kualitas tidur, sehingga lebih segar keesokan harinya.

Nah, tak hanya dari sumber makanan saja – namun, sejumlah vitamin di atas bisa kamu penuhi, hanya dengan rutin mengonsumsi multivitamin saja! Tak perlu repot lagi, kan? Cocok untukmu yang punya aktivitas padat, lho.

Kamu direkomendasikan minum multivitamin Enervon-C dalam bentuk tablet – yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Bagaimana kalau ingin perlindungan lebih ekstra? Bisa konsumsi Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg yang bisa memberikan perlindungan ekstra, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari.

Dan untukmu yang punya masalah lambung sensitif bisa minum Enervon Active yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc untuk menjaga stamina biar tidak mudah lelah, sekaligus pertahankan imunitas tubuh.

Untuk mendapatkan produk Enervon yang tepat, kamu bisa mendapatkannya di official store di e-commerce, seperti Tokopedia, ya!

 

Kalau kamu sering mengalami tubuh terasa sakit ketika bangun tidur, cobalah perhatikan sejumlah penyebab di atas.

 

 

Featured Image – honestdocs.id

Source – idntimes.com