Buah merupakan salah satu jenis makanan yang tidak hanya nikmat, karena memiliki rasa manis alami, namun juga punya beragam manfaat penting untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah pun bisa membantu penuhi kebutuhan vitamin dan mineral – yang berperan penting dalam menjaga kekebalan.

Dari sekian banyaknya manfaat buah, ada salah satu manfaat penting, yaitu berperan sebagai anti-inflamasi atau peradangan. Dikutip dari Hardvard Medical School, buah-buahan yang memiliki senyawa anti-infalamasi berperan untuk mencegah diabetes, gangguan usus, dan kanker.

Lantas, apa saja buah yang punya peran sebagai anti-inflamasi tersebut? Ini informasi lengkapnya.

 

 

Apel

Credit Image - bbc.com

"An apple a day keeps the doctor away" ternyata bisa diartikan secara harfiah. Apel memang memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan tubuh. Dilansir Harvard Medical School, mengonsumi apel secara rutin dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Nah, apel memiliki kandungan vitamin C, serat, polifenol, dan pectin yang memiliki efek antiinflamasi dan meningkatkan mikroba baik dalam usus. Mulai sekarang, rutin konsumsi apel agar jadi lebih sehat, ya!

 

Delima

Selanjutnya ada pula pomegranate atau delima yang merupakan buah yang kaya manfaat. Harvard Medical School melansir, delima mengandung serat, vitamin C, vitamin K, kalium, dan fitokimia seperti anthocyanin dan resveratrol.

Mengonsumsi delima dapat memberikan manfaat bagi tubuh berupa gula darah, kolesterol, dan tekanan darah tetap pada rentang yang normal. Kualitas kesehatan meningkat sehingga kamu bisa menjalani aktivitas dengan lebih menyenangkan.

 

Anggur

Credit Image - healthline.com

Anggur dikenal sebagai sumber vitamin C, vitamin K, dan serat. Medical News Today melansir, anggur juga mengandung resveratrol, salah satu jenis polifenol yang merupakan antioksidan kuat. Resveratrol diduga mampu memperlambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Tidak hanya itu, kandungan baik dalam anggur juga dapat melindungi tubuh dari masalah mata, penyakit kardiovaskular, dan diabetes. Oleh sebab itu, mulailah rutin mengonsumsi anggur untuk mendapatkan segudang manfaat bagi kesehatan.

 

Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, blackberry, dan sejenisnya punya segudang manfaat untuk tubuh. Very Well Health melansir, buah beri mengandung polifenol dalam jumlah besar yang dapat memicu aktivitas antioksidan dan mencegah terjadinya penyakit jantung hingga kanker.

Selain itu, buah beri juga mengandung berbagai jenis fitokimia seperti anthocyanin, flavonoid, asam fenolat, dan tanin yang berperan penting untuk perbaikan sel-sel tubuh yang rusak. Sudah enak, kaya manfaat!

 

Citrus

Credit Image - alodokter.com

Yang terakhir, ada pula buah-buahan citrus yang juga punya peran sebagai anti-inflamasi. Harvard Medical School melansir, buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk limau, dan grapefruit kaya akan vitamin C, vitamin B, kalium, kalsium, dan zat antiinflamasi seperti flavonoid dan karotenoid.

Berbagai kandungan tersebut berperan penting untuk melindungi kesehatan jantung. Sebab sejumlah kandungan dalam buah citrus bisa menjaga kadar kolesterol, gula darah, dan fungsi pembuluh darah tetap normal.

Ya, bisa dikatakan bahwa sejumlah buah-buahan di atas punya kandungan vitamin C yang bisa berperan sebagai antioksidan serta anti-inflamasi untuk menghindari terjadinya peradangan di dalam tubuh. Agar kebutuhan vitamin C bisa terpenuhi secara maksimal, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap.

Rutin konsumsi Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya!

 

Jadi, itulah sejumlah jenis buah yang punya peran sebagai anti-inflamasi. Apakah kamu sudah mengonsumsinya secara rutin?

 

 

Featured Image – myrecipes.com

Source – idntimes.com