Apakah kamu seseorang yang memilih untuk kerja kantoran? Pilihan ini tentu dapat memberikan banyak keuntungan. Misalnya, mendapatkan penghasilan tetap setiap bulannya serta jam kerja yang lebih teratur. Sayangnya, kerja kantoran pun cenderung memiliki aktivitas yang lebih padat, lho.

Sebagian karyawan yang kerja kantoran biasanya menghabiskan waktu lama untuk duduk menatap komputer. Terlihat sederhana, kan? Namun kebiasaan ini bisa memengaruhi kondisi kesehatan, apalagi kalau tidak diimbangi dengan pola hidup sehat.

Bagimu para pekerja kantoran, berikut ini tips menjaga kesehatan yang perlu diterapkan.

 

 

Tetap Aktif Bergerak

Credit Image - ekrut.com

Minimal waktu kerja yang dihabiskan para karyawan kerja kantoran adalah 8 jam setiap harinya. Itu berarti, selama itu pula mata harus terus menatap komputer. Durasinya bisa semakin bertambah apalagi bila ada pekerjaan tambahan yang harus diselesaikan.

Rasa pegal sering sekali menyerang para pekerja kantoran dan dapat mengganggu konsentrasi ketika kerja. Karena itu, tetaplah aktif meskipun sementara berada di kantor. Kamu bisa memulai pagi dengan menambah jarak berjalan kaki.

Parkir kendaraan pribadi di tempat yang lebih jauh dari pintu masuk agar kamu dapat bergerak lebih lama. Alangkah baiknya memilih fasilitas tangga ketika hendak menuju tempat lain dari pada menggunakan lift.

Di sela-sela waktu kosong, kamu dapat melakukan gerakan stretching ringan untuk melemaskan otot-otot yang kaku. Misalnya menggerakan kepala ke kiri dan kanan atau meregangkan kaki selama beberapa saat. Tubuh pun akan kembali segar seketika.

 

Minum Air Putih

Air putih merupakan minuman yang wajib dikonsumsi setiap orang. Dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup, bisa menghindarkanmu dari gangguan dehidrasi serta kehilangan konsentrasi selama bekerja.

Kadang ketika berada di dalam ruangan yang memiliki AC, kamu jarang merasa kehausan. Padahal tubuh terus menerus membutuhkan air untuk memperlancar metabolisme. Karena itu, sebaiknya minumlah air putih maksimal 8 gelas sehari untuk memelihara kesehatan.

 

Menjaga Pola Makan

Credit Image - health.detik.com

Cara yang ampuh untuk mewujudkan kesehatan bagi karyawan kerja kantoran adalah menjaga pola makan. Tak bisa dimungkiri, di sekitar lingkungan kantor tersedia banyak menu makanan yang enak juga murah. Apalagi sekarang layanan pesan antar makanan sudah menjamur.

Namun sebelum memesan, pastikan makanan tersebut sehat bagi tubuh. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi junk food. Sekarang banyak restoran cepat saji yang juga menyediakan menu makanan sehat.

Jangan lupa untuk mengontrol asupan gula yang masuk ke dalam tubuh. Lebih baik memilih kopi atau teh tanpa gula dari pada memesan milk shake. Kemudian ganti camilan seperti donat atau gorengan dengan potongan buah atau cokelat hitam. Membawa bekal dari rumah pun bisa menjadi alternatif bila ingin memiliki pola makan yang sehat.

 

Menjaga Kebersihan

Siapa sangka ternyata meja kerja di kantor memiliki kandungan bakteri seratus kali lebih banyak daripada yang ada di dudukan toilet. Karena itu, aturlah area kerja kamu agar selalu rapi.

Bersihkan debu yang menempel setiap hari, sebelum mulai atau seusai kerja. Meskipun di kantor ada cleaning service, namun tak menjamin bila mereka telah membersihkan area duduk Anda dengan maksimal.

Sementara untuk menjaga kebersihan pribadi, pastikan kamu mencuci tangan bila hendak makan atau melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang sakit. Meskipun sering dianggap sepele, namun mencuci tangan dapat membantu Anda terhindar dari banyak penyakit serius.

Atau, kamu bisa menggunakan sabun cuci tangan yang tersedia di kamar mandi kantor atau bawalah hand sanitizer agar lebih praktis.

 

Lengkapi Kebutuhan Vitamin dengan Konsumsi Multivitamin

Credit Image - jovee.id

Suplemen multivitamin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menjaga kesehatan bagi para karyawan kerja kantoran, lho. Hal ini menjadi penting, apabila kamu memiliki kegiatan harian yang cukup padat. Dengan rutin mengonsumsinya, tubuh dapat terhindar dari penyakit, tubuh menjadi lebih segar, dan mampu beraktivitas dengan baik.

Tapi, apa multivitamin yang sebaiknya dikonsumsi?

Kamu disarankan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat membantu optimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang kamu konsumsi bisa diubah menjadi sumber energi – yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuatmu makin aktif dan produktif sepanjang hari, lho.

Dan yang sudah pasti, vitamin C di dalam multivitamin Enervon Active dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga kamu tidak mudah sakit – dan bisa semakin produktif dalam menjalani aktivitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Jadi, itulah tips yang dapat kamu terapkan untuk menjaga kesehatan bagi para karyawan kerja kantoran. Yuk, dijadikan sebagai kebiasaan agar tubuh tetap sehat!

 

 

Featured Image – cermati.com