Memperhatikan makanan sehari- hari adalah salah satu kunci utama bagi penderita diabetes untuk mengendalikan gula darahnya. Selama ini banyak orang menganggap makanan yang paling sehat untuk penderita diabetes adalah nasi merah. Padahal, masih banyak makanan lain yang juga sehat, enak, dan mengenyangkan.

Apa saja makanan sehat yang baik dikonsumsi penderita diabetes? Berikut ini daftarnya!

1. Jagung

Credit: forkoverknives.com

Jagung memiliki nilai glikemik rendah sehingga bisa dijadikan makanan pokok pengganti nasi yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu, jagung juga mengandung serat pati resisten yang lebih sulit dicerna oleh tubuh, yang mampu membantu diabetes mengendalikan gula darahnya. Dan jagung merupakan makanan berserat yang membuat kamu kenyang lebih lama.

2. Gandum utuh

Credit: blog.bcbsnc.com

Whole grain atau biji- bijian utuh merupakan makanan sehat rendah glikemik dan tinggi akan serat.  Gandum utuh dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah. Selain itu, gandum utuh juga mengandung vitamin serta mineral yang baik untuk tubuh.

3. Sayuran berdaun hijau

Credit: chatelaine.com

Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi esensial lainnya. Sayuran hijau juga cenderung rendah kalori dan karbohidrat, sehingga baik untuk mengendalikan gula darah. Beberapa jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes adalah brokoli, bayam, sawi, bok choy, dan kubis.

4. Kacang- kacangan

Credit: mnn.com

Kacang merupakan pilihan makanan sehat untuk penderita diabetes yang aman dikonsumsi. kacang kaya akan serat, protein, magnesium, dan karbohidrat kompleks yang berperan menjaga kadar gula darah tetap stabil

Kacang lebih lama diubah menjadi glukosa, sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula secara dratis. Beberapa pilihan kacang yang baik dikonsumsi penderita diabetes adalah kacang almond, kenari, mete, pistachio, kacang tanah, dan kacang merah.

5. Biji chia

Credit: doktersehat.com

Biji chia atau chia seed merupakan makanan tinggi serat tapi rendah karbohidrat dan kalori yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Biji chia juga bisa membantu menurunkan gula darah dengan memperlambat proses penyerapan nutrisi di dalam usus.

Kamu bisa mengonsumsi biji chia secara langsung, dicampurkan ke dalam makanan. Atau kamu bisa menaburkan biji chia pada salad, sereal, yogurt, smoothies, maupun pudding.

6. Mie shirataki

Credit: healthline.com

Mie shirataki yang sedang tren sebagai superfood ini terbuat dari akar tanaman konjak yang rendah karbohidrat dan tinggi akan serat. Banyak yang mengatakan bahwa mie shirataki merupakan makanan penyelamat untuk menurunkan berat badan dan menjaga gula darah bagi penderita diabetes.

Serat glucomannan yang ada dalam mie shirataki dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin bagi penderita diabetes.

 

Nah, itu dia 6 makanan sehat yang baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. Untuk tetap menjaga kesehatan tubuhmu, konsumsi juga vitamin C dari Enervon yang baik untuk menjaga daya tahan tubuhmu.

Enervon menganung vitamin dasar yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu vitamin C dan vitamin B kompleks. Jadi, suplemen dari Enervon aman dikonsumsi dan tidak menyebabkan ketergantungan.

 

Featured Image - foodrevolution.org