Salah satu menjaga kesehatan, yaitu dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Cara menaikkan imunitas tubuh pun bisa dilakukan dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan tertentu. Namun agar maksimal, pastikan kamu sudah menjalani pola hidup sehat lainnya, seperti rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

Lewat asupan makanan, imunitas dapat ditingkatkan, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, asupan makanan yang sehat pun juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh lainnya, lho. Lantas, jenis makanan apa saja yang baiknya dikonsumsi?

Berikut ini informasinya.

 

 

Buah Jeruk

Credit Image - riordanclinic.org

Buah jeruk menjadi salah satu makanan penambah imun tubuh yang bisa rutin dikonsumsi setiap harinya.

Dalam buah jeruk terdapat kandungan vitamin C yang mampu melindungi tubuh kita dari beragam jenis penyakit, seperti flu. Vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan virus dan bakteri yang masuk ke dalam tubuh.

Jeruk ini ada banyak jenisnya sehingga kamu bisa bergantian menyantapnya sehari-harinya. Beberapa jenis jeruk yang bisa dikonsumsi adalah jeruk bali, jeruk keprok, jeruk sunkist, jeruk mandarin, hingga jeruk medan. Jeruk-jeruk ini bisa langsung dikonsumsi.

Sementara untuk jeruk lemon dan jeruk nipis, kamu bisa menjadikannya campuran dalam minuman seperti dijadikan infused water atau campuran dalam minuman teh.

 

Blueberry

Blueberry dikenal sangat bagus dikonsumsi untuk kesehatan sebagai makanan penambah imun tubuh. Di dalam blueberry terdapat kandungan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

Menurut jurnal Effect of Flavonoids on Upper Respiratory Tract Infections and Immune Function yang diterbitkan pada tahun 2016, flavonoid juga bisa membantu menyehatkan aliran darah, pernafasan, dan mencegah penyakit flu.

Konsumsi buah blueberry sekitar 50-100 gram per harinya secara rutin – dan kamu bisa merasakan manfaatnya.

 

Sayuran Hijau

Credit Image - scientificamerican.com

Sayuran hijau sangat bagus dikonsumsi sehari-hari sebagai tambahan makanan penambah imun tubuh. Sayuran hijau memiliki kandungan vitamin A, E, C, antioksidan, beta karoten, dan flavonoid. Jenis sayuran hijau yang bagus dikonsumsi untuk makanan penambah imun tubuh adalah brokoli.

Menurut jurnal Effects of Different Cooking Methods on Health-promoting Compounds of Broccoli, sayuran hijau ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Setiap 100 gram brokoli mengandung setidaknya 89 mg vitamin C di dalamnya.

Selain brokoli, sayuran hijau yang juga bagus dikonsumsi sebagai makanan penambah imun adalah bayam. Tak jauh berbeda dengan brokoli, bayam juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram bayam terdapat 80 mg vitamin C.

Untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap dari kedua sayuran hijau ini, kamu harus mematangkannya sebentar saja. Jika dikukus atau direbus, usahakan jangan memasaknya terlalu lama karena semakin lama sayuran hijau ini dimasak, maka semakin hilang kandungan vitamin yang ada di dalamnya.

Disarankan untuk hanya memasak brokoli atau bayam selama kurang lebih 2-3 menit saja supaya kandungan vitamin yang ada di dalamnya tidak terbuang.

 

Kacang Almond

Kacang almond juga bagus dikonsumsi sebagai makanan penambah imun tubuh.

Menurut jurnal A Nutrition and Health Perspective on Almonds, kacang almond mengandung banyak sekali vitamin E di dalamnya. Vitamin E sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga Moms tidak mudah sakit.

Selain itu, kacang almond juga mengandung magnesium, fosfor, vitamin C, serta antioksidan yang bagus untuk kesehatan daya tahan tubuh. Konsumsi kacang almond sekitar 15 mg per hari supaya bisa mendapatkan kandungan vitamin E yang cukup per harinya.

Selain kacang almond, jenis kacang-kacangan lain sebenarnya juga bagus dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti kacang walnut, kenari, hingga edamame. Hanya saja, kandungan pada kacang almond jauh lebih besar dibandingkan jenis kacang-kacangan lainnya.

 

Yogurt

Credit Image - kompas.com

Makanan penambah imun tubuh selanjutnya adalah yoghurt. Yoghurt adalah makanan hasil fermentasi dari susu yang memiliki ciri khas rasanya yang agak asam. Yoghurt mengandung vitamin D yang tinggi sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh Moms.

Moms bisa mengonsumsi yoghurt dalam bentuk minuman atau frozen alias dijadikan froyo (frozen yoghurt) yang nantinya bisa ditambahkan dengan potongan buah-buahan segar sehingga dapat menambah kandungan nilai gizi di dalamnya.

Buah-buahan yang bisa dijadikan campuran dalam froyo adalah strawberry, kiwi, jeruk, mangga, peach, hingga leci. Jika ingin memilih yoghurt, lebih baik pilih yang plain karena kandungan gula di dalamnya rendah sehingga lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

Bisa dikatakan bahwa sejumlah makanan di atas memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi – dan dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, ya. Biar lebih maksimal, kamu bisa mengonsumsi multivitamin dengan kandungan lengkap untuk mencukupi kebutuhan vitamin C.

Pastikan kamu sudah rutin minum Enervon-C yang mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat – yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Multivitamin Enervon-C Effervescent dengan kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg untuk perlindungan ekstra, sekaligus memberikan sensasi segar sepanjang hari.

Untuk yang punya masalah lambung sensitif, direkomendasikan mengonsumsi Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuh agar tak mudah lelah – dan pastinya menjaga imunitas tubuh tetap optimal, berkat kandungan vitamin C dan zinc-nya.

Kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C dan Enervon Active juga dapat membantu proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat ini bisa membuat tubuh makin produktif selama beraktivitas.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah kelima jenis makanan yang dapat membantu menaikkan imunitas tubuh. Yuk, dikonsumsi secara rutin!

 

 

Featured Image – bola.com