Tak bisa dipungkiri pola makan merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan. Pasalnya, pola makan turut menjadi penyebab terjadinya penyakit kronis. Apalagi, di zaman sekarang masyarakat lebih senang dengan makanan praktis – alias fast food.

Selain dapat menjaga kesehatan, menjaga asupan makanan pun bisa dijadikan sebagai “obat”, lho. Nyatanya, hal ini sudah ada sejak berabad-abad lalu, bahkan sebelum dunia kesehatan berkembang. Berbagai nutrisi dalam makanan dinilai bisa menjadi makanan untuk mengatasi sebuah penyakit.

Berikut ini 5 alasan mengapa menjaga asupan bisa menjadi obat alami bagi tubuh.

 

 

Berperan Sebagai Pengatur Penyakit di Dalam Tubuh

Credit Image - jovee.id

Diet merupakan salah satu kegiatan untuk mengatur pola makan. Berkaitan dengan asupan apa saja bisa menjadi obat bagi tubuh. Diet juga akan berpengaruh bagi keseimbangan tubuh. Dengan mengatur beberapa jenis makanan untuk dikonsumsi, efektif membuat tubuh lebih mudah mengondisikan dari berbagai jenis penyakit yang timbul. 

Misalnya saja, dengan meningkatkan asupan berserat akan menurunkan kadar gula darah, mengurangi terjadinya kerusakan saraf dan pembuluh darah pada penderita diabetes. Menurut beberapa penelitian, diet yang sehat selama masa pengobatan pada penderita kanker payudara, berhasil mengurangi rasa mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

 

Menghemat Biaya

Di era yang semakin canggih ini. Penderita penyakit kronis sudah semakin meningkat di berbagai belahan dunia. Seiring dengan meningkatnya penyakit, meningkat pula biaya kesehatan di berbagai rumah sakit.

Jika ada pepatah,"sehat itu mahal harganya". Nyatanya, untuk dewasa ini biaya berobat ke rumah sakit memang tidaklah murah. Maka dari itu, alternatif untuk mengurangi biaya kesehatan adalah dengan obat-obatan alami atau pengobatan alternatif dan salah satunya dengan menjaga pola makan.

Menjadikan makanan sebagai obat, dinilai efektif mengurangi biaya kesehatan. Dengan mengatur pola makan dan menjadikan makanan tertentu sebagai obat, biaya untuk melakukan tes lab, membeli obat-obatan kimia dan rawat inap maupun rawat jalan akan jauh berkurang.

 

Namun Bukan Berarti Menyembuhkan Semuanya

Credit Image - nationalgeographic.grid.id

Mengatur pola makan dan menjadikan makanan tertentu sebagi obat alami bagi tubuh, bukan berarti keseluruhan menyembuhkan suatu penyakit. Pasalnya, tiap penyakit tentu memiliki pantangan jenis dan kandungan makanan sendiri. Jenis penyakit juga terus berkembang bukan berdasarkan makanan saja, melainkan bisa dari penyakit genetik, paparan lingkungan atau kondisi autoimun.

Sehingga, menjaga asupan sebagai obat hanya akan mendukung proses pola makan. Pola makan yang sehat akan memperbaiki gejala dan memperlambat perkembangan penyakit. Tentu, hal ini harus mendapatkan pendampingan dari tenaga ahli.

 

Informasi yang Relevan Juga Penting

Banjirnya ribuan informasi melalu internet dan media sosial dapat menjadi sumber informasi bagi semua kalangan, termasuk juga media promosi dan edukasi untuk para tenaga kesehatan.

Namun perlu diingat, tidak semua informasi tentang kesehatan itu benar adanya. Apalagi kalau topiknya menyangkut terapi pengobatan alternatif atau menjadikan beberapa jenis makanan tertentu sebagai obat satu-satunya.

Carilah sumber informasi yang relevan dari sumber resmi atau jurnal kesehatan. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari informasi kesehatan yang hoaks. Karena informasi yang salah mengenai asupan, justru akan memperburuk kondisi kesehatan.

 

Optimalkan Kebutuhan Nutrisi, Diperlukan Asupan Suplemen

Credit Image - eatthis.com

Selain dari asupan makanan yang tepat, menjaga kesehatan – terutama yang berkaitan dengan kekebalan, maka kamu juga memerlukan asupan vitamin dan mineral yang cukup. Asupan kedua nutrisi tersebut pun bisa diperoleh dengan mengonsumsi multivitamin, seperti Enervon-C dan Enervon Active setiap harinya.

Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuh agar tak mudah sakit.

Minum Enervon-C secara rutin, baik dalam Enervon-C Effervescent – yang satu ini punya kandungan Vitamin C lebih tinggi, yaitu 1000 mg.

Kamu punya masalah lambung sensitif? Tak masalah! Direkomendasikan untuk mengonsumsi Enervon Active yang punya kandungan non-acidic 500 mg Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc yang dapat menjaga stamina tubuhmu agar tidak mudah lelah, sekaligus menjaga daya tahan tubuhmu.

Kandungan vitamin C di dalam Enervon-C dan Enervon Active dapat membantu menjaga kesehatan, sekaligus mendukung fungsi organ tubuh. Selain itu, kandungan vitamin B kompleks di dalamnya dapat mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga makanan yang dikonsumsi bisa diubah menjadi sumber energi yang lebih tahan lama.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia, ya.

 

Jadi, itulah kelima alasan mengapa menjaga asupan bisa menjadi obat alami bagi tubuh. Memang tidak bisa menyembuhkan sepenuhnya, namun setidaknya dapat membantu mengurangi gejala – dan mempercepat proses pemulihan. Pastikan kamu sudah menjaga nutrisi dengan baik!

 

 

Featured Image – limone.id

Source – idntimes.com