Aktivitas pendakian gunung beberapa tahun ini menjadi ramai dipenuhi semua kalangan, terutama gunung- gunung dengan jalur yang landai dan bersahabat, pasti ngga pernah sepi pendaki!

Namun, kalau kamu merasa bosan dengan jalur gunung yang selalu bisa kamu taklukkan, kamu bisa coba daki 5 gunung berikut ini dengan jalur pendakian yang esktrem!

1. Gunung Binaiya

Credit: superadventure.co.id

Gunung tertinggi di Maluku ini masih sangat asri dan sepi dari pendaki, karena ikenal sebagai track yang sulit. Medan menuju satu pos saja sudah dipenuhi tumbuhan berduri dan hutan yang rapat.

Selain itu, Gunung Binaiya memiliki tanjakan yang terjal dengan kemiringan 90 derajat, naik dan turun lembak yang penuh dengan bebatuan tajam. Tapi, semua ini akan terbayarkan ketika kamu tiba dipuncak gunung dengan view Pulau Seram.

2. Gunung Raung

Credit: tribunnews.com

Gunung Raung menjadi ikon gunung paling eksrem di Pulau Jawa. Disini kamu tidak akan menemukan sumber mata air. Puncak Gunung Raung bisa dilalui dengan peralatan panjat tebing yang memadai karena sepanjang jalur menuju puncak dikelilingi oleh tebing curam sekitar 75 derajat dan kanan kiri jurang dengan kedalaman puluhan meter.

3. Gunung Latimojong

Credit: phinemo.com

Menaklukan Gunung Latimojong merupakan impian bagi para pendaki. Trek awal pendakian memang bersahabat, tapi dari pos enam sampai puncak, kamu akan menemui tanjakan curam, trek berliku, dan bebatuan tajam yang menguras tenaga. Kamu perlu stamina ekstra!

4. Gunung Leuser

Credit: superadventure.co.id

Taman Nasional Gunung Leuser memang jarang di daki karena banyaknya binatang buas, serta pendakian menuju puncaknya bisa memakan waktu sampai 7 hari, belum termasuk waktu untuk turunnya. Hutan yang lebat dan track yang panjang akan disering ditemui ketika kamu mendaki gunung ini. Kalau kamu tertarik, disarankan untuk memakai jasa guide untuk keselamatan dan keamanan.

5. Puncak Jaya atau Carstensz

Credit: kumparan.com

Gungung Carstensz yang berada di Papua merupakan gunung paling ekstrim di Indonesia. Gunung ini memiliki jalur pendakian dengan batuan tebing yang terjal serta cuaca ekstrim karena adanya salju abadi, hujan badai, dan panas terik.

Gunung ini diperuntukkan hanya untuk pendaki handal dengan mental yang kuat, karena pendakian dapat diselesaikan paling cepat dalam 14 hari.

Nah, setelah tahu 5 gunung dengan jalur pendakian ekstrim, kamu tertantang mencoba yang mana nih?

 

Featured Image - pesonaindo.com