Selain makanan berat, setiap orang pasti membutuhkan makanan selingan atau yang biasa disebut snack. Jenis snack yang kita pilih akan menentukan apakah kegiatan ngemil tersebut akan menjadi baik atau buruk untuk tubuh.

Jenis makanan ringan juga bisa disesuaikan dengan iklim dimana kita berada. Misalnya, seperti di Indonesia yang beriklim tropis, sebaiknya kamu mengonsumsi snack sehat yang tinggi kadar airnya, agar kamu terhindar dari risiko dehidrasi. Dan hindari snack yang digoreng.

Apa saja sejumlah snack sehat yang bisa jadi pilihanmu untuk selingan waktu makan? Berikut ini ulasannya.

1. Semangka

Credit: healthline.com

Sering terkena terik sinar matahari membuatmu membutuhkan asupan cairan agar tidak dehidrasi. Semanga cocok untuk memenuhi kebutuhan cairan karena 95 persen dari semangka merupakan air.  Kandungan air dalam semangka dapat mengisi tenaga untuk tubuhmu tanpa harus takut mengonsumsi kalori yang berlebihan.

2. Green juice

Credit: foodnetwork.com

Green juice mengandung sayur yang merupakan golongan raw material yang rendah gula dan kaya nutrisi. Kamu bisa membuat green juice dari sayur yang kaya akan nutrisi seperti bayam, brokoli, seledri, sawi, pakcoy, dan lain sebagainya. Untuk perasa, hindari menggunakan gula. Dan gunakan buah dalam racikan jus kamu.

3. Kacang

Credit: healthline.com

Kacang merupakan snack yang digemari, apalagi dikonsumsi ketika sedang menonton TV atau sambil ngobrol dengan keluarga atau sahabat.

Kacang merupakan snack sehat yang kaya akan lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Selain itu, nutrisi dalam kacang baik untuk menjaga kesehatan kulitmu yang sering terpapar sinar matahari. Namun, hindari memproses kacang dengan memanggang atau menambahkan garam.

4. Air kelapa

Credit: cnn.com

Selain air mineral, air kelapa juga merupakan pilihan tepat untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuhmu. kandungan kalium dan potassium yang ada dalam kelapa baik untuk tubuhmu dan dapat mencegah kembung pada perut.

5. Pisang

Credit: medicalnewstoday.com

Pisang mengandung nutrisi yang baik untuk iklim tropis di Indonesia. Buah ini dapat mencegah kembung pada perutmu dan menjadi snack sehat yang ampuh untuk menunda rasa lapar.

6. Nanas

Credit: medicalnewstoday.com

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan C. Selain itu, nanas mengandung enzim bromelain yang baik untuk pencernaan tubuh. enzim tersebut akan mencegah agar perutmu tidak kembung dan terhindar dari gangguan pencernaan lainnya.

Nanas juga merupakan buah yang kaya akan air dan tentunya dapat memberikan kesegaran tersendiri, apalagi jika dikonsumsi setelah kamu terkena panas di siang hari.

 

Itu dia 6 buah yang cocok dikonsumsi terutama untuk iklim di Indonesia. Keenam buah ini dapat membantu tubuhmu agar tetap sehat dan segar, meskipun sering terpapar panasnya sinar matahari. Selain mengonsumsi keenam buah tersebut, minum vitamin C dari Enervon untuk bantu jaga daya tahan tubuhmu.

 

Featured Image - wellandgood.com