Merasa kesulitan tidur di malam hari tidak hanya disebabkan oleh faktor seperti tidur siang terlalu lama maupun makan yang terlalu dekat dengan jam tidur saja, namun kamu juga bisa susah terlelap akibat memiliki kondisi kesehatan tertentu, lho.

Kesulitan tidur bisa menjadi salah satu gejala penyakit tertentu – dan gangguan tidur yang disebabkan masalah medis pun membutuhkan penanganan yang berbeda dengan masalah tidur yang diakibatkan oleh kebiasaan.

Lantas, apa saja masalah kesehatan yang menyebabkan sulit tidur? Berikut 5 di antaranya. Simak informasinya di bawah ini, ya!

 

 

1. Heartburn

Credit Image - ayurhealing.net

Heartburn adalah sensasi terbakar dan nyeri di dada hingga ke tenggorokan. Dilansir Cleveland Clinicheartburn bisa menjadi gejala dari berbagai kondisi, paling umum adalah refluks asam dan terkadang kehamilan. 

Heartburn dapat berlangsung dari hitungan menit hingga beberapa jam. Berbaring bisa memperburuk kondisi ini karena menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Solusi untuk masalah ini adalah menghindari makan makanan berat, berlemak, kopi, dan alkohol pada malam hari. Selain itu, minum obat bebas dan resep yang menekan sekresi asam lambung juga dapat membantu.

 

2. Kondisi Mental

Diterangkan dalam laman Sleep Foundation, tidur dan kesehatan mental memiliki hubungan dua arah. Gangguan kesehatan mental cenderung menyebabkan seseorang lebih sulit tidur. Kurang tidur juga menjadi faktor pemicu dan memburuknya masalah kesehatan mental.

Gangguan tidur banyak terlihat pada pasien dengan masalah mental, seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar, dan kondisi lainnya. Tidur dan kesehatan mental adalah masalah kompleks yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Namun, memperbaiki tidur dapat berdampak positif pada kesehatan mental.

 

3. Gagal Jantung

Credit Image - herminahospitals.com

Gagal jantung ditandai dengan penurunan kemampuan jantung untuk mengedarkan darah sebagaimana mestinya.

Dilansir WebMD, pada siang hari, kamu lebih banyak berdiri dan duduk sehingga cairan ekstra biasanya akan mengendap di kaki. Namun, saat kamu berbaring pada malam hari, cairan akan naik ke dada yang dapat menutup paru-paru dan saluran udara sehingga lebih sulit untuk bernapas.

Komplikasi gagal jantung dapat menyebabkan masalah tidur, seperti:

  • Nyeri dada dan ketidaknyamanan sehingga kamu sulit untuk rileks dan tertidur.
  • Berbaring di tempat tidur bisa membuat kamu merasa sesak napas.
  • Kamu mungkin terus bangun di malam hari untuk buang air kecil.
  • Mengalami penghentian pernapasan singkat saat tidur.

Menggunakan beberapa bantal untuk menaikkan tubuh bagian atas mungkin dapat membantu meringankan ketidaknyamanan pada malam hari.

 

4. Hipertiroidisme

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidisme dapat menyebabkan masalah tidur. Dijelaskan dalam laman HelpGuide, gangguan ini merangsang sistem saraf secara berlebihan, yang menyebabkan keringat malam, meningkatnya energi pada malam hari, dan sulit tidur.

Karena fungsi tiroid memengaruhi setiap organ tubuh, gejala yang ditimbulkan bisa sangat luas. Jadi, jika kamu melihat  berbagai gejala yang tidak dapat dijelaskan, mintalah kepada dokter untuk tes tiroid. Memeriksa tiroid hanya memerlukan tes darah sederhana.

 

5. Demensia

Credit Image - yesdok.com

Tidak hanya masalah ingatan, demensia juga dapat mengganggu ketenangan dan memicu perasaan gelisah. Orang dengan demensia dapat mengalami apa yang disebut sebagai "sindrom matahari terbenam".

Orang dengan sindrom ini mungkin akan menjadi bingung, cemas, gelisah, atau agresif menjelang waktu tidur, dan mulai mondar-mandir, bergoyang, dan ke sana ke mari yang membuat mereka terjaga sepanjang malam. Terkadang, perilaku ini memudar, tetapi bukan berarti tidak akan terulang lagi.

Tidur memang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, termasuk imunitas, namun agar daya tahan semakin maksimal, kamu juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, salah satunya dengan mengonsumsi suplemen multivitamin, seperti Enervon Active – yang punya kandungan lengkap, sekaligus bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Multivitamin Enervon-C mengandung Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat  yang berperan menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Minum Enervon-C Effervescent – dengan kandungan Vitamin C yang lebih tinggi, serta mampu memberikan perlidungan ekstra terhadap tubuh, sekaligus membuat tubuh terasa segar sepanjang hari!

Untuk kamu yang memiliki masalah lambung sensitif, direkomendasikan untuk minum Enervon Active yang mengandung non-acidic Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12), Niacinamide, Kalsium Pantotenat, dan Zinc – untuk bantu menjaga stamina agar tak mudah lelah, sekaligus optimalkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, multivitamin Enervon-C dan Enervon Active juga dapat menjaga metabolisme, sehingga tubuh dapat memperoleh sumber energi yang lebih tahan lama. Manfaat yang satu ini berkat kandungan vitamin B kompleks di dalamnya. Dengan manfaat ini, tubuh pun bisa lebih produktif dalam menjalani rutinitas harian.

Untuk mendapatkan produk Enervon kamu bisa membelinya di official store di Tokopedia.

 

Apakah kamu kerap mengalami susah tidur padahal sudah merasa lelah? Deretan masalah kesehatan di atas wajib diwaspadai, lho. Jika masalah tidur semakin berlarut, segera periksakan dirimu, ya!

 

 

Featured Image – jovee.id

Source – idntimes.com